Sport

Begini Keseharian Pelatih Persebaya Selama Ramadan

Shava

Posted on April 29th 2020


Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso punya segenap kegiatan rutin selama Ramadan. Legenda hidup Persebaya tersebut tetap berolahraga meski menjalani puasa. Aji juga membeberkan menu makanan favoritnya yang biasa disantap saat berbuka.

Selain sepak bola, tenis lapangan merupakan olahraga yang digemari pelatih asal Kepanjen tersebut. Hanya saja, intensitas bermainnya mulai berkurang selama pandemi coronavirus. "Biasanya seminggu lima kali. Sekarang seminggu sekali. Sebab tak banyak lapangan tenis yang masih buka," ujarnya.

Selain tenis lapangan, Aji Santoso juga hobi mengoleksi burung. Ada banyak burung yang dimiliki. Mulai burung lokal, hingga burung peranakan atau yang didatangkan dari luar negeri. Bahkan, kecintaannya terhadap burung membuat eks pelatih Persela Lamongan dan Persik Kediri itu sering lupa waktu.

"Pandemi coronavirus ini juga ada manfaatnya. Saya jadi lebih sering di rumah. Mulai pagi sehabis sahur saya langsung merawat burung sampai buka puasa. Duduk-duduk di rumah sambil mendengarkan kicauan burun," imbuh mantan fullback terbaik di Indonesia tersebut.

Pemilik Aji Santoso International Football Academy (ASIFA) punya makanan favorit untuk dikonsumsi saat berbuka. Menu pertama yang harus terhidangkan di meja makannya adalah es blewah. Minuman yang satu ini memuncaki daftar teratas selama Ramadan.

"Kalau untuk makanan, yang penting harus ada sambal bawang. Untuk sayur, saya paling suka sawi. Jadi, sawi rebus dipadukan dengan sambal bawang. Ditambah empal atau ikan goreng. Itu yang paling saya suka. Dipastikan lahap itu," beber eks pelatih tim sepak bola Jawa Timur (Jatim) di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2008 itu.

Setelah berbuka, Aji mengajak keluarganya untuk beribadah bersama. Pandemi coronavirus membuat mereka menjalani ibadah di rumah. "Nah, sebelum tidur saya membuka laptop untuk mengikuti perkembangan sepak bola. Baik itu update sepak bola Indonesia maupun luar negeri," tutur pelatih 50 tahun ini.

Sementara itu, skuad Persebaya masih menjalani latihan selama Ramadan. Bedanya, latihan dilakukan secara online sehingga pemain bisa menjalaninya di rumah. Aji mengatakan, sesi latihan online ditiadakan selama pekan pertama Ramadhan.

"Latihan akan kami lanjutkan mulai pekan kedua puasa. Biasanya kan dilakukan pagi. Sekarang kami ubah jadwalnya menjadi sore hari. Menunya dari coach Gaselly (Jun Panam), dan tentunya sudah berkoordinasi dengan saya terlebih dahulu. Jadi saya tinggal memantau saja," terang eks pelatih tim nasional Indonesia U-23 tersebut.(*)

Related Articles
Sport
Eks Kapten Persebaya Lelang Jersey untuk Tenaga Medis di Papua Barat

Sport
1 Ton 'Beras Bajol' untuk PKL di GBT

Sport
Tunggu Pemain Lengkap, Persebaya Baru Uji Coba