Tech

Makin Mudah, Kini Pengguna Instagram Bisa Kumpulkan Donasi Saat Siaran Live

Dwiwa

Posted on April 29th 2020

Kebijakan agar orang-orang tetap di rumah aja selama pandemi Covid-19 membuat penggunaan media sosial mengalami peningkatan yang drastis. Salah satunya adalah pengguna Instagram live yang meningkat hingga 70% pada bulan lalu, khususnya di Amerika Serikat.

Instagram pun memanfaatkan hal ini untuk membuat para penggunanya dapat lebih mudah menggalang donasi saat live. Sebuah fitur bernama 'Live Donations' pun baru-baru ini diluncurkan.

Fitur baru ini diluncurkan sehari setelah TikTok merilis fitur donasi yang hanya bisa digunakan beberapa organisasi nirlaba tertentu saja. Sementara menurut Facebook, fitur Live Donations milik instagram ini bisa digunakan untuk menggalang dana bagi lebih dari satu juta organisasi non profit.

Semua hasil yang dikumpulkan dari Live Donations akan langsung masuk ke organisasi non profit yang dituju. Artinya, Instagram sama sekali tidak mengambil sedikitpun dari total donasi yang didapat selama melakukan Live Donations.

Fitur ini mudah digunakan. Sama seperti saat membuat story, kalian cukup mengetuk gambar kamera di pojok kiri atas atau dengan menggeser ke kanan di halaman utama. Kemudian ketuk 'Langsung' yang ada di bagian layar bawah. Selanjutnya, pilih 'Penggalangan' dan tentukan organisasi nirlaba mana yang ingin kalian dukung.

Saat siaran dimulai, kalian akan bisa melihat berapa banyak orang yang mendukung penggalangan dana, termasuk jumlah uang yang dikumpulkan secara real-time. Kalian juga bisa mengetuk 'View' untuk mengetahui rincian lebih lanjut tentang pemberi donor, termasuk kontribusi individu.

Siapa tahu kalian ingin memberikan ucapan terima kasih dengan menyebutkan namanya. Atau bisa juga dengan mengetuk 'Wave'.

Bagi kalian yang menggalang dana, pemberi sumbangan atau menggunakan stiker donasi di story juga akan membuka stiker eksklusif 'I donated!' yang dibuat oleh komunitas ilustrator @leonatsume.

Live Instagram memang menjadi salah satu fitur populer yang semakin banyak digunakan orang-orang selama pandemi Covid-19.

Fitur ini banyak digunakan untuk membuat orang-orang tetap terhubung dengan teman atau kerabat dengan melakukan pesta dansa secara online, kontes rap, dan banyak hal lain yang biasanya mereka lakukan dengan bertatap muka langsung. (*)

Related Articles
Tech
8 Update Direct Message Instagram Mulai dari Emoji Custom sampai Mode Menghilang

Tech
Instagram Lite Muncul Lagi buat Pemilik HP Kentang atau yang Mau Hemat Kuota

Tech
Instagram dan Facebook Beri Pengguna Pilihan untuk Sembunyikan Jumlah Like