Entertainment

Cerita Lauv Bikin Kolaborasi Dengan BTS Sampai Alessia Cara

Delima Pangaribuan

Posted on April 29th 2020

Album Lauv how i'm feeling udah lumayan lama diluncurkan. Tapi keseruan proses pembuatannya kayaknya masih dirasain sama Lauv sampai sekarang. Baru-baru ini dia kembali bercerita soal bagaimana awal mula bisa kolaborasi bareng banyak artis untuk album personalnya kepada Apple Music.
 
Mengutip Billboard, dalam album baru ini Lauv ingin mengekplorasi lebih jauh soal musik ballad yang nggak cuma berbicara soal romance. Dia ingin mengeksplorasi lebih banyak aspek dalam kehidupan di long playing terbarunya tersebut. Soalnya ada banyak hal yang dialami dan dirasakan Lauv dalam hidupnya, nggak cuma cinta doang.
 
Kolaborasi dengan banyak artis itu sebenarnya nggak dipikirkan sama Lauv, karena ini adalah album yang menceritakan tentang personalnya dia. Tapi pada prosesnya, justru ada banyak kesempatan yang mengantarkan Lauv bisa menggandeng berbagai artis untuk ikut berkontribusi.
 

"Aku mulai mengerjakan album ini tanpa mengharapkan featuring dan kemudian semuanya justru terjadi secara natural," ungkap Lauv.
 
Lauv pertama kali ketemu BTS waktu nonton konser mereka di Wembley Stadium dan dia langsung mendapat tawaran buat bikin remix salah satu lagu BTS, Make It Right. Kemudian Lauv kepikiran gimana kalau yang terjadi adalah sebaliknya, dia punya lagu yang digarap bareng BTS. 
 
"Oh mungkin mereka suka salah satu lagu dari albumku. Jadi aku kirimkan versi demo dari Who dan ternyata mereka menyukainya," lanjutnya. Semuanya mereka kerjakan secara terpisah, alias nggak rekaman di satu studio yang sama. Lauv di California sementara BTS di Korea Selatan. 
 

Hal itu juga terjadi pada kolaborasi Lauv lainnya, seperti dengan Alessia Cara dan Troye Sivan. Alessia menyumbangkan suaranya di lagu Lauv berjudul Canada. "Alessia, kami memutuskan buat kolab lewat FaceTime," ujar Lauv. 
 
Lagu Canada sendiri juga tercipta agak impulsif. Lauv menulisannya "hanya" berangkat dari screenshot sebuah twit, seperti yang dituturkannya pada The Line of Best Fit. Twit itu ngomong bagaimana sistem pendidikan dan standar hidup di Kanada itu bagus banget dibandingkan negara lain di Amerika Utara. Dan akhirnya tercetuslah keinginan buat pindah ke Kanada. 
 
"Aku kayak 'Ayo nulis lagu tentang pindah ke Kanada!'," tutur penyanyi bernama asli Ari Staprans Leff itu.
 
Kemudian kolaborasinya bareng Troye Sivan pun berawal dari iseng. Mereka kebetulan ketemu dan ke studio bareng. Vibe studio bikin mereka kepikiran buat kolaborasi dan tercetuslah lagu i'm so tired... yang langsung jadi hits. 
 
"Kami baru aja ketemu dan nge-vibe di studio kemudian jadilah lagu itu, kayak semuanya yang di album ini terjadi begitu saja dan bener-bener natural," lanjutnya. (*)
Related Articles
Entertainment
7 Lagu Terbaik Lauv di Album 'How I'm Feeling'

Entertainment
Awali Tahun Baru dengan Perasaan Galau, Lauv Rilis ‘2021’

Entertainment
Makna Lagu Baru BTS X Lauv 'WHO' yang Galau Banget