Lifestyle

Di Rumah Aja Tapi Kondisi Kulit Wajah Memburuk? Ini Penyebab dan Solusinya!

Delya Oktovie Apsari

Posted on April 28th 2020

Freepik

 

Ketika dapat pengmuman kalau bakal lebih sering di rumah gara-gara social distancing, banyak yang berpikir kalau ini saatnya untuk mengistirahatkan kulit dari penggunakan makeup berlebih.

Tetapi, ternyata selama social distancing, beberapa orang justru merasakan breakout, berminyak, kusam, bahkan kering. Padahal, kalau #DiRumahAja, kita terhindar dari polusi dan malah sering gegoleran sampai ketiduran -- yang berarti, istirahat kita cukup.

Apa penyebab kondisi kulit wajah memburuk selama social distancing?

 

1. Banyak ngemil
Menurut dokter kecantikan Nina Bal, apa yang kita konsumsi selama social distancing bisa menjadi faktor utama kondisi kulit wajah membutuk.

"Banyak orang yang akhirnya ngemil gara-gara bosan dan ingin merasa nyaman," kata sang dokter, seperti dikutip Metro Inggris.

 

2. Kebanyakan main gadget
Ketika berada di rumah, kita menghabiskan banyak waktu di dekat perangkat elektronik. Padahal, radiasi yang ditimbulkan dari perangkat ini buruk bagi kulit.

"Tablet, komputer dan layar ponsel menghasilkan radiasi yang dampaknya buruk bagi kulit kita," jelasnya.

 

3. Stres
Ahli skincare Vivienne Taslmat, mengatakan bisa jadi, kondisi kulit memburuk gara-gara kita stres selama social distancing. Apalagi, rutinitas yang biasa kita jalani juga mengalami pengubahan.

"Kondisi kulit yang buruk seringkali diakibatkan oleh stres, tubuhmu menghasilkan kortisol ketika stres, yang akhirnya membuat kulit berminyak dan breakout. Bisa juga membuat kulit membengkak dan muncul ruam."

 

4. Dehidrasi
Ketika berada di rumah, kita juga harus memastikan apakah kita sudah mengonsumsi cairan yang dibutuhkan supaya menjaga tubuh dari dehidrasi.

"Dehidrasi bisa datang dari dua faktor; kurang minum air mineral dan meminum terlalu banyak kopi, teh dan minuman manis lainnya yang akan membuat kulit dehidrasi," terang Vivienne.

Bila permasalahan yang dihadapi adalah dehidrasi, Vivienne menyarankan untuk menyediakan botol minum di samping tempat tidur.

"Ketika bangun tidur, langsung minum. Gunakan aplikasi minuman untuk mengingatkanmu minum air dan jangan abaikan. Ganti konsumsi teh dengan air lemon hangat."

 

Solusinya?

1. Hindari gula dan cokelat
Menurut dokter Nina, mengonsumsi terlalu banyak gula halus dan cokelat akan membuat kulit dehidrasi dan bisa menyebabkan breakout.

"Konsumsi buah dan sayur yang banyak, mereka akan menutrisi kulit dengan banyak vitamin. Konsumsi juga buah-buahan yang sudah dikeringkan karena itu mengandung banyak serat serta antikosidan."

Buah kering ini bakal membantu sistem pencernaan membuang racun di dalam tubuh, sehingga meminimalisir kemungkinan munculnya bintik-bintik di wajah dan jerawat.

 

2. Gunakan sunscreen
Meski berada di dalam rumah, bukan berarti kita terhindar dari bahaya sinar matahari. Apalagi jika bekerja di dekat jendela dan bagian rumah lain yang terbuka.

"Pastikan kamu mengaplikasikan kombinasi dari vitamin C dan SPF, karena sinar UV melalui jendela itu cukup untuk membuat kulit menua dan pigmentasi."

 

3. Jadikan rutinitas skincare kewajiban tiap malam
"Lakukan yang terbaik selama self-isolation untuk memperbaiki tekstur kulit wajah, menggunakan retinol dari dokter satu atau dua kali seminggu," ujarnya.

Ketika menggunakan retinol, kulit akan memproduksi kulit baru yang lebih sehat. Sehingga, dalam prosesnya, terkadang kulit akan mengelupas dan kemerahan.

Tetapi, jika proses ini dilakukan di rumah, tentu nggak perlu khawatir karena nggak bakal ketemu orang lain ketika kondisi kulit lagi nggak maksimal.

 

4. Rileks!
Buat dirimu senyaman mungkin. Alokasikan waktu untuk meditasi, olah raga -- apapun yang bisa membuatmu tetap aktif dan gembira. Aktivitas semacam ini turut membantu kita menangkal stres. (*)

Artikel Terkait
Interest
Kulit Wajah Kering Saat Puasa? Ini 5 Cara Mengatasinya!

Interest
Dari Baekhyun 'EXO' sampai Jihyo 'TWICE', ini 7 Skincare Routine Idol K-Pop!

Interest
Social Distancing Adalah Waktunya Kamu 'Puasa' Skincare: Banyak Manfaatnya!