Lifestyle

8 Cara Agar Baterai HP Androidmu Tahan Lama Selama Karantina

Delima Pangaribuan

Posted on April 28th 2020

(Digital Trends)
 
Kehabisan baterai smartphone adalah bencana. Apalagi kalau nggak punya power bank. Untungnya karena kita sekarang seharian di rumah, bakal selalu ada sumber listrik yang bisa kita colokin buat isi daya baterai. Kecuali saat mati listrik.
 
Masalahnya, selama masa karantina mandiri begini, tingkat pemakaian HP juga lumayan tinggi. Sebab semuanya harus kita lakukan secara online. Kerja online, sekolah online, belanja online, sampai nonton konser pun online.
 

Buat yang nggak punya laptop atau sambungan WiFi, maka HP dengan paketannya lah harapan paling masuk akal. Ini bisa berimbas sama daya baterai yang cepat terkuras. 
 
Sedikit-sedikit kita bakal nge-charge HP. Padahal terlalu sering diisi dayanya juga nggak bagus buat ketahanan baterai HP. Tech Radar menyebut bahwa ini memang kekurangan dari HP modern zaman sekarang. Beda sama HP jadul yang tebelnya kayak batu dulu, yang baterainya bisa tahan seminggu tanpa di-charge ulang.
 
Memang kita nggak akan bisa bikin baterai HP kita setahan lama itu. Tapi setidaknya kita bisa "berkontribusi" untuk bikin baterai HP kita lebih awet penggunaannya dan panjang umurnya karena nggak perlu di-charge berkali-kali dalam sehari. Berikut tipsnya.
 

(Catatan: Tips ini hanya berlaku untuk HP Android, bukan iPhone. HP Android pun mungkin nggak semuanya bisa.)
 
1. Kurangi tampilan bergerak
Berapa jam sehari kita nonton lewat HP akhir-akhir ini? Yap, inilah salah satu yang bikin baterai HP cepat habis. Seharian dipakai nonton. Atau kita pakai display wallpaper yang juga bergerak. Atau kita pakai main game.
 
Supaya baterai lebih hemat, kurangi frekuensi tampilan bergerak seperti video atau wallpaper dinamis ini. Sebagai gantinya, mungkin kita bisa baca e-book buat mengisi waktu.
 
2. Tutup aplikasi nggak terpakai
Tanpa sadar terkadang kita membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Sampai-sampai ada aplikasi yang kebuka padahal nggak kita pakai. Itu yang menyedot energi baterai kita. Tutup semua aplikasi yang nggak terpakai.
 
Selain menghemat baterai, ini juga akan melonggarkan RAM dan akhirnya aplikasi yang emang lagi kita pakai bisa bekerja lebih optimal.
 
3. Gunakan aplikasi yang lebih ringan
Sudah banyak aplikasi yang ditutup, tapi baterai kerasa tetap cepat berkurang? Mungkin aplikasi yang sedang kita pakai itu emang berat.
 
Coba cek apakah ada versi lebih ringan atau lite dari aplikasi itu. Misalnya LINE Lite atau Facebook Lite. Aplikasi yang lebih ringan ternyata bisa lumayan membantu baterai nggak cepat down. 
 
4. Atur setting kualitas layar
Layar yang semakin canggih dengan resolusi makin tinggi memang enak dilihat mata. Tapi kelebihan visual itu harus dibayar dengan daya yang lebih tinggi. Alias, semakin tinggi kualitas tampilan layar kita, semakin cepat juga baterai HP habis.
 
Coba kita atur tampilannya lewat setting layar, pilih kualitas layar yang standar. HP Android terbaru biasanya bisa diatur sampai 90 HZ atau 120 Hz, maka turunkan saja ke 60 Hz. Tampilannya mungkin jadi agak kasar tapi baterai jadi lebih awet.
 
5. Kurangi kecerahan layar
Kecerahan layar juga berpengaruh sama baterai. Supaya baterai bisa lebih tahan lama pemakaiannya, turunkan kecerahan atau brightness layar kita sesuai kebutuhan. Karena kita menghabiskan sebagian besar waktu di dalam ruangan dan nggak kena banyak cahaya matahari, layar HP nggak perlu terlalu terang kayak lampu senter.
 
6. Dark mode
Salah satu yang lagi tren belakangan, yakni dark mode atau mode gelap. Ini sudah disediakan di beberapa aplikasi seperti YouTube, Twitter, dan Instagram. Ada juga handphone yang punya setting dark mode untuk tampilan semua bagian HP.
 
Sama prinsipnya seperti mengurangi kecerahan, tampilan HP yang lebih gelap nggak terlalu banyak menyedot daya baterai HP.
 
7. Pasang battery saving mode
Smartphone Android juga umumnya dilengkapi fitur untuk menghemat daya baterai ini. Biasanya otomatis aktif kalau persentase baterai tinggal dikit banget. Tapi kita bisa mengaturnya secara manual di bagian Setting.
 
Aktifkan battery saving mode meskipun persentase baterai masih agak banyak. Ini bakal bikin beberapa aplikasi jadi lebih lemot atau kualitas tampilannya jelek sih, tapi memang begitu cara otomatis menghemat baterai.
 
8. Disconnect data internet
Yap, penggunaan data internet harus diakui menguras baterai HP juga. Makanya ada yang menyarankan matiin data internet kalau mau nge-charge HP biar lebih cepat penuh.
 
Pas lagi nggak dibutuhin banget, kita bisa matiin aja paketan internet kita dan gunain buat kegiatan offline. Game offline atau nonton video yang udah di-download sebelumnya. (*)
Artikel Terkait
Tech
6 Fakta Soal Baterai Ponsel yang Mungkin Belum Kalian Tahu

Tech
Google Message di Android Bakal Bisa Tampilkan Reaction dari iMessage

Tech
Android Sering Terasa Sangat Panas? Ini Mungkin Penyebabnya