Current Issues

Punya 4 Barang Ini? Tambahkan di Masker Kainmu, Bisa Jadi Filter Ampuh!

Dwiwa

Posted on April 28th 2020

Ketika masker langkah dan masyarakat harus menggunakannya tiap keluar rumah, muncul ide untuk membuat masker sendiri. Beberapa lembaga kesehatan pun memberikan rekomendasi cara pembuatannya yang efektif untuk cegah virus. 

Salah satu bahan yang paling banyak digunakan adalah kain.Sayangnya, masker kain hanya bisa menyaring partikel yang memiliki ukuran 3 mikro.

Untuk membuatnya menjadi lebih efektif, para ahli menyarankan agar masker dibuat berlapis. Selain itu, bisa juga dengan ditambahkan filter diantara lapisan masker agar dapat menyaring partikel lebih banyak. Dari sana ada yang menambahkan tisu sebagai filter. Ternyata tak hanya tisu loh yang cocok sebagai filter.

Ada empat barang di rumah yang bisa kalian jadikan filter tambahan. Hanya dengan menggunakan barang-barang yang ada di rumah, masker kain kalian bisa memiliki fungsi pelindung yang lebih baik. Dikutip dari situs Martha Stewart, berikut 4 item rumahan yang bisa kalian gunakan sebagai filter tambahan untuk membuat masker lebih efektif.

1. HEPA filter

Filter ini biasa digunakan pada tungku, pendingin udara, dan beberapa pemurni udara. Menggunakan filter HEPA berlapis (yang dapat lebih efisien menahan udara) memiliki kemampuan yang hampir sama dengan masker N95. Berdasarkan penelitian Misssouri University of Science and Technology, penambahan HEPA filter pada masker mampu menghalangi aerosol.

2. Kertas Tisu

Kertas tisu memang tidak efektif jika digunakan sebagai bahan masker. Tetapi ketika menjadi filter yang diletakkan pada masker kain, item ini dapat meningkatkan fungsi perlindungan masker. Kertas tisur berlapis dapat meningkatkan kemampuan memblokir virus hingga 33 persen menurut hadir penelitian dari Smart Air, sebuah perusahaan pembersih udara.

3. Saringan kopi

Bagi para pecinta kopi, tidak ada salahnya mengambil beberapa lembar kertas saringan kopi kalian untuk menjadi filter di dalam masker kain. Benda ini terbukti efektif dalam menangkap partikel.

Tetapi harus diperhatikan, jika ada kemungkinan filter ini akan menghalangi udara sehingga membuat orang sedikit kesulitan bernafas. Meski begitu, beberapa jenis saringan kopi mungkin dapat memberikan aliran udara yang lebih baik sehingga layak untuk dijadikan filter tambahan di dalam masker kain.

4. Stoking nilon

Selain menambahkan filter di dalam lapisan masker, hal lain yang bisa kalian lakukan untuk membuatnya semakin efektif adalah menambahkan lapisan di bagian luar. Penelitian dari Northeastern Univeristy menemukan jika menggunakan stoking nilon dapat meningkatkan efektivitas masker dalam menghalangi partikel airborne hingga 50 persen. Dengan membuat segel yang lebih rapat di wajah, lapisan nilon ini memastikan jika partikel tidak bisa menyusup di bagian tepi masker yang longgar. (Baca juga: Peneliti: Stoking Nilon Efektif Jadi Bahan Tambahan Masker Kain).

 

Tips untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan masker

Satu hal yang pentings saat menggunakan filter tambahan pada masker kain adalah, benda yang dipilih harus dapat mengalirkan udara dengan baik. Jika tidak, partikel dapat berkumpul di sekitar filter alih-alih melewatinya.

Untuk bisa mengetahui kemampuan filter untuk mengalirkan udara, letakkan bahan dengan erat di wajah dan pastikan kalian bisa bernafas dengan baik sebelum menggunakannya pada masker kain.

Selanjutnya, pastikan jika masker kalian pas di wajah. Usahakan masker serapat mungkin menutup bagian hidung hingga dagu tetapi tetap nyaman untuk bernafas. Selain dengan menambahkan filter, perlindungan juga bisa dimaksimalkan dengan membuat masker berlapis.

Secara umum, kain yang rapat, seperti katun, lebih efektif dalam menghalangi partikel masuk. Untuk bisa mengecek efektivitas kain, letakkan bahan di bawah sinar. Jika sinarnya menembus kain, sebaiknya ganti bahan masker yang akan kalian gunakan.

Jika kalian memutuskan untuk menambahkan filter pada masker kain buatan sendiri, ingatlah untuk selalu melepas dan membuangnya setelah digunakan. Termasuk juga selalu mencuci masker secara rutin.

Terlepas dari bahan apa yang kalian gunakan sebagai masker, menggunakan perlindungan tambahan selalu lebih baik daripada tidak sama sekali. Jangan lupa, meskipun sudah memakai masker, melakukan physical distancing tetap perlu dilakukan untuk memutus rantai Covid-19. (Baca juga: Meski Pakai Masker, Jangan Lantas Abaikan Social Distancing. Ini Alasannya).(*)

 

Artikel Terkait
Current Issues
Biar Aman, Terapkan Cara Berikut Saat Mendesinfeksi Masker Kain Hingga N95

Current Issues
Masker Medis Sekali Pakai Jadi Kunci untuk Membendung Penyebaran Covid-19

Current Issues
Meski Pakai Masker, Jangan Lantas Abaikan Social Distancing. Ini Alasannya