Interest

7 Buah Anti-Dehidrasi ini Baik Dikonsumsi Saat Puasa!

Delya Oktovie Apsari

Posted on April 27th 2020

Dribbble

 

Supaya nggak dehidrasi selama puasa, biasanya kita disarankan untuk mengonsumsi delapan gelas air mineral sepanjang waktu buka puasa, malam hari dan sahur.

Tetapi, menurut Medical News Today, air mineral saja nggak cukup untuk menghidrasi tubuh. Bahkan, sebenarnya supaya tubuh nggak dehidrasi, solusinya bukan cuma air mineral, tetapi apa yang kita makan.

Apalagi, puasa kali ini dijalankan saat musim panas. Ketika cuaca panas, tubuh kehilangan air dan kandungan elektrolit yang vital lewat keringat.

Maka dari itu, Medical News Today menyarankan mengonsumsi tujuh buah ini demi menghindari dehidrasi!

 

1. Semangka

 

Buah semangka mengandung banyak air, sekaligus vitamin C, vitamin A, vitamin B, potasium, zinc, dan lain-lain. Mengonsumsi semangka juga baik bagi kamu yang ingin manis-manis, tapi tetap sehat.

Selain itu, semangka mengandung antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas dari polusi udara, stres, dan lain-lain.

Semangka juga bagus untuk kulit, lho. Kandungan vitamin C-nya dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi kolagen.

 

2. Stroberi

 

Rasanya manis dan kandungan vitamin C-nya tinggi, membuat stroberi menjadi salah satu buah yang direkomendasikan. Apalagi, buah satu ini mengandung air sebanyak lebih dari 90 persen!

Stroberi juga mengandung antioksidan layaknya semangka, serat dan kalorinya rendah.

 

3. Melon madu

Pinterest

 

Melon madu ini mengandung hampir 90 persen air! Melon madu merupakan sumber potasium, vitamin C, folat, magnesium dan vitamin K.

Seperti melon lainnya, melon madu juga mengandung gula yang cukup tinggi. Baik untuk dikonsumsi, tapi secukupnya saja, ya!

 

4. Persik

Caitlin Das Design/Pinterest

 

Persik mengandung banyak vitamin, termasuk C, A, E dan K. Persik juga merupakan sumber potasium dan fosfor.

Kamu bisa mengonsumsinya sebagai snack, atau menjadikannya topping salad. Cocok juga untuk smoothie. Karena rasanya sudah manis, kamu nggak perlu menambahkan gula.

 

5. Jeruk

Pinterest

 

Jeruk populer sebagai buah yang mengandung vitamin C. Padahal, kandungan air dalam jeruk juga cukup banyak lho, hampir 87 persen!

Jeruk kaya akan serat, potasium, vitamin B, magnesium dan selenium. Buah jenis citrus ini membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan lain.

 

6. Nanas

Pinterest

 

Buah tropis ini banyak banget lho nutrisinya, termasuk vitamin C. Kandungan airnya sebanyak 86 persen.

Nggak hanya mengandung magnesium, potasium dan vitamin B, nanas turut memiliki bromelain -- enzim untuk anti-inflamasi.

Beberapa orang memanfaatkan nanas untuk mengobati sinusitis, osteoartritis dan pencernaan.

 

7. Apel

 

An apple a day, keeps the doctor away!

Mulai dari apel yang merah sampai hijau, secara umum apel adalah sumber air yang bagus. Ia mengandung 85,56 persen air.

Apel juga mengandung serat, vitamin C dan antioksidan seperti quercetin dan catechin. (*)

Artikel Terkait
Interest
Kulit Wajah Kering Saat Puasa? Ini 5 Cara Mengatasinya!


Interest
Dokter Gizi WHO Sarankan 4 Hal Ini Agar Puasa Lebih Optimal