Interest

Situasi Lingkungan Mulai Rawan! Yuk Pasang CCTV dari Ponsel Bekas Kalian

Dwiwa

Posted on April 27th 2020

Jika kalian punya koleksi smartphone lawas yang masih bisa beroperasi di rumah, jangan buru-buru dijual. Dengan beberapa trik sederhana, smartphone “tak berguna” kalian bisa berubah menjadi peralatan rumah yang bermanfaat.

Salah satunya adalah bisa kalian jadikan kamera keamanan alias CCTV untuk mengawasi rumah. Lumayan kan, daripada beli baru harganya mahal. Kebutuhan CCTV belakangan juga penting loh guys. Sebab, belakangan kriminalitas di sejumlah daerah meningkat seiring terjadinya pandemi yang menyebabkan ekonomi masyarakat menurun.

Nah, biar nggak penasaran, yuk simak trik mengubah smartphone lawas kalian jadi CCTV seperti dikutip dari Cnet berikut.

Langkah pertama: Instal aplikasi kamera keamanan

Untuk memulainya, kalian harus lebih dulu mengunduh aplikasi kamera keamanan di smartphone lawas kalian. Kebanyakan aplikasi memiliki fitur yang serupa, seperti streaming lokal, streaming cloud, merekam dan menyimpan rekaman secara lokal atau jarak jauh, dan mendeteksi gerakan dan memberikan peringatan. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Alfred Home Security Camera, Baby&Pet Monitor CCTV.

Aplikasi ini dibuat lintas platform, artinya ponsel Andorid maupun iPhone kalian tetap bisa mengunduh dan menginstalnya. Kabar baiknya lagi, aplikasi tersebut bisa bebas diunduh secara gratis dengan beberapa fitur terbatas.

Jika mengunduh versi gratis, kalian sudah dapat menggunakannya untuk melihat keadaan rumah, mendapatkan peringatan saat mendeteksi gerakan, penyimpanan cloud gratis, melakukan panggilan audio dua arah, dan penggunaan kamera depan belakang.

Jika fitur tersebut dirasa masih belum cukup, kalian bisa meningkatkannya menjadi Alfred Premium. Dengan menggunakan versi premium, fitur seperti melihat dan merekam dengan resolusi tinggi, kemampuan zoom, menghilangkan iklan, dan penyimpanan cloud selama 30 hari bisa kalian akses.

Untuk bisa menggunakannya, aplikasi ini perlu diunduh pada dua ponsel sekaligus. Satu ponsel lawas berfungsi sebagai CCTV, dan satu lagi ponsel digunakan untuk melakukan pemantauan. Setelah itu, kalian masuk ke akun Google yang sama, baik di ponsel yang berfungsi sebagai CCTV maupun ponsel untuk pemantau.

Setelah login, pilih kamera pada ponsel lama kalian untuk membuatnya berfungsi sebagai CCTV. Sementara untuk ponsel satunya pilih viewer untuk menjadikannya sebagai alat pantau jarak jauh. Begitu kedua ponsel terhubung dengan akun Google yang sama, maka CCTV pengawas rumah siap digunakan.

Pengaturan kamera yang dibawakan oleh Alfred terbilang sederhana. Pada pengguna iPhone, kamera CCTV hanya dapat mengaktifkan deteksi gerakan, memilih kamera depan atau belakang dan menghidupkan atau mematikan mikrofon.

Sementara untuk para pengguna Android, ada tambahan untuk dapat mengaktifkan fokus terus menerus, meminta aplikasi untuk membuka kembali secara otomatis saat telpon melakukan reboot, mengatur resolusi dan mengaktifkan kode sandi.

Sementara dari ponsel pengawas, kalian juga bisa mengatur notifikasi, mengatur kamera, menambahkan pihak ketiga untuk bisa mengakses ke video, mengatur sensitivitas gerakan, hingga mengaktifkan filter cahaya rendah pada kamera.

Tetapi yang harus diingat, Alfred bukanlah satu-satunya pilihan. Masih ada banyak aplikasi lain yang juga bisa kalian manfaatkan untuk membuat CCTV dari ponsel lawas. Misalnya saja Salient Eye dan Presence. Selain itu IP Webcam menjadi pilihan lain bagi para pengguna Android.

Langkah kedua, pilih tempat untuk meletakkan kamera

Setelah memastikan aplikasi di kedua ponsel berjalan dengan baik, langkah selanjutnya adalah mengatur posisi kamera. Kalian bisa bebas meletakkan kamera di tempat yang dirasa perlu dipantau. Misalnya saja di pintu masuk utama atau di halaman belakang.

Langkah ketiga, pasang dan aktifkan kamera pengaman

Untuk bisa memasang ponsel sebagai kamera CCTV, kalian membutuhkan tripod mini atau dudukan ponsel mobil. Alat-alat tersebut akan membantu untuk memposisikan kamera dengan baik ditempat strategis.

Agar jangkauan kamera lebih luas, tidak ada salahnya untuk membeli lensa sudut lebar tambahan. Selain itu, karena kamera berjalan 24/7, ada baiknya jika posisi kalian meletakkan CCTV rumahan ini berada di dekat sumber daya.

Mudah bukan? Jadi, segera ambil ponsel lawas kalian, unduh aplikasi, dan pasang di lokasi strategis untuk membantu mengawasi rumah. Selamat mencoba.(*)

Artikel Terkait
Current Issues
Punya Android Lawas Gak Laku Dijual? Coba Bikin Beginian Aja...

Interest
Dari Animal Crossing sampai Harry Potter, ini 7 Game Seru buat iPhone & Android!

Interest
Adopsi Fitur App Drawer, Tampilan iOS 14 Bakal Mirip Android