Current Issues

30 Tahun Teleskop Hubble Menjelajah Antariksa

Mainmain.id

Posted on April 27th 2020

Gambar dua nebula di luar galaksi Bimasakti yang tertangkap oleh teleskop hubble (NASA)

April 30 tahun silam, hubble terbang tinggi dari NASA Space Center di Florida dengan menaiki pesawat ulang-alik Discovery. Yang dipandu oleh beberapa krew dan lima astronot. Hubble adalah proyek kerja sama internasional NASA dengan Badan Antariksa Eropa. Ditempatkan di orbit Bumi sehari kemudian, teleskop itu membuka mata manusia di Bumi tentang kosmos.

Sambil merayakan ulang tahunnya Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkap misteri sekaligus menggambarkan keindaah angkasa dengan merilis gambar baru. Dalam potret Hubble, nebula merah raksasa (NGC 2014) dan tetangga birunya yang lebih kecil (NGC 2020) adalah bagian dari wilayah pembentukan bintang yang luas di Awan Magellan Besar, sebuah galaksi satelit dari Bima Sakti, yang terletak sejauh 163.000 tahun cahaya. 

Gambar tersebut dijuluki "Cosmic Reef," karena NGC 2014 menyerupai bagian dari terumbu karang yang mengambang di lautan bintang yang luas. Beberapa bintang di NGC 2014 dikategorikan sebagai bintang monster. Bagian tengah nebula yang terlihat berkilau adalah sebuah kelompok bintang-bintang yang terang dan besar, masing-masing berukuran 10 hingga 20 kali lebih besar dari Matahari kita. Nebula biru yang tampak terisolasi di kiri bawah (NGC 2020) tercipta dari bintang raksasa berukuran 200.000 kali lebih terang daripada Matahari kita. Gas biru tersebut dikeluarkan oleh bintang melalui serangkaian peristiwa letusan di mana ia kehilangan sebagian dari selubung luar materialnya.

Setelah 30 tahun beroperasi, jasa Teleskop Hubble memang nggak bisa dipandang sebelah mata.Secara keseluruhan Hubble telah melakukan 1,4 juta observasi, menyediakan data yang yang telah ditulis para astronom dalam 17 ribu publikasi ilmiah—membuatnya sebagai observatorium antariksa paling produktif sepanjang sejarah. Walaupun begitu, layaknya manusia yang makin hari makin menua, Teleskop Hubble juga mengalami perubahan dan penuaan. Menurut rencana, 2021 akan menjadi masa dimana penerus Teleskop Hubble akan dirilis. Adalah James Webb Space Telescop yang akan menggantikan kerja Teleskop Hubble nantinya. (*)

Artikel Terkait
Current Issues
Jepang Bikin Pelabuhan Antariksa Terapung, Bisa Bawa Kalian ke Luar Angkasa

Current Issues
Ilmuwan NASA 'Jelajahi' Mars Secara Remote dari Rumah Masing-masing

Interest
NASA Akan Selidiki Planet Penuh Lava, Sampai Disebut Mirip Neraka