Interest

Sudah Lolos Seleksi Kartu Prakerja? Begini Cara Memakainya

Mainmain.id

Posted on April 26th 2020

(Ilustrasi Kartu Prakerja Antara)

Sudah punya kartu Prakerja yang baru-baru aja dirilis oleh pemerintah? Jika kalian sudah lolos seleksi, pemerintah bakalan kasih dana dengan total Rp 3.550.000 yang nantinya bakal bisa dialokasikan buat bayar online course dan sisanya adalah insentif bagi setiap pemegang kartu prakerja ini. Dana tersebut akan ditransfer ke rekening bank atau dapat berupa dompet digital.

Secara garis besar begini gambarannya. Kalian punya limit buat menghabiskan saldo Rp 1.000.000 untuk mengikuti beberapa pelatihan online yang tersedia. Pelatihan itu harus lebih di optimalkan dengan minat dan kemampuan kalian. Nah, sisanya adalah insentif yang terdiri dari dua bagian yaitu insentif selesai menuntaskan pelatihan pertama sebesar Rp 600.000 per bulan dalam jangka waktu 4 bulan (jumlah Rp 2.400.000). Kemudian insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk 3 kali survei (jumlah Rp 150.000). Peserta dapat mengambil pelatihan selanjutnya jika telah melewati pelatihan pertama.

Kalau dana tersebut udah masuk di rekening, maka peserta Kartu Prakerja bisa memilih pelatihan yang disediakan secara online. Ada delapan mitra yang ditunjuk pemerintah sebagai penyelenggara pelatihan Kartu Pra Kerja. Delapan mitra tersebut antara lain Tokopedia, Ruangguru, Pintaria, Bukalapak, Sisnaker, MauBelajarApa, Pijar, dan SekolahMu.

Sebelumnya pemerintah menargetkan kuota kartu prakerja ini sebanyak 200.000 peserta, namun yang lolos hanya 168.111 orang. Sampai saat ini dari data yang dihimpun, jumlah pendaftar kartu prakerja dari seluruh Indonesia telah mencapai 5,9 Juta orang. Dimana pendaftaran gelombang terakhir sudah ditutup 23 April lalu. (*)

Artikel Terkait
Interest
Kerja dari Rumah karena Coronavirus? 3 Hal ini Wajib Kalian Siapkan

Interest
Alasan Pemerintah Australia Bunuh Jutaan Kucing Liar

Interest
Suka Dunia IT? Ini 7 Kursus Online Gratis Buat Kalian