Current Issues

Mantan Desainer Apple Ini Beberkan Kisah Menariknya di Balik Desain Apple Watch

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 26th 2020

Sebelum mengundurkan diri dari Apple pada 2017 lalu, Imran Chaudri adalah orang yang 'bertanggung jawab' di balik desain produk-produk ikonik dan berkelas dari Apple selama 20 tahun lamanya, termasuk iPhone, iPad dan Mac. Meski tidak lagi bekerja untuk Apple, namun kini ia menunjukkan beberapa informasi menarik di balik pembuatan Apple Watch, sebelum ulang tahun produk tersebut yang kelima pada tahun ini.

Melalui sebuah thread di akun Twitter-nya, ia menceritakan kembali tentang awal mula diciptakannya Apple Watch. Salah satu informasi menarik yang ia bagikan adalah, pada desain purwarupanya, Apple Watch sempat akan dilengkapi dengan fitur iPod nano. 

"Purwarupa pertamaku (Apple Watch) dilengkapi nano generasi keenam yang melekat di gelangnya. Aku juga melengkapinya dengan ios5 untuk menunjukkannya kepada rekan-rekan di tim ID dan menjelaskan kepada mereka apa itu notification centre dan Siri - dan apa yang bisa diperbuat dengan ini di masa mendatang. Tapi aku tidak sempat menunjukkannya kepada Steve. Kami kehilangan dia tepat setelah ios5."

Lima tahun sebelum smartwatch mereka meledak di pasaran, Apple memperkenalkan nano dengan layar sentuh persegi. Tiga tahun sebelum Pebble pertama dirilis, banyak orang yang sudah memikirkan kemungkinan munculnya produk seperti smartwatch.

Para desainer aksesoris segera memandang kemungkinan tersebut sebagai peluang, lalu mulai membuat gelang yang bisa berfungsi sebagai pemutar musik dengan transmisi layar sentuh. Produk generasi keenam tersebut menandai awal mula kepopuleran smartwatch hingga saat ini.

Selain mengenai sejarah munculnya Apple Watch, Chaudri juga membocorkan beberapa info menarik tentang latar belakang lahirnya fitur-fitur tertentu. Seperti Solar Watch, contohnya. Pada mulanya, fitur jam matahari ini didesain agar umat muslim yang sedang berpuasa selama Ramadan bisa dengan mudah melihat posisi matahari dan melihat hubungan antara posisi matahari dan penentuan waktu.

Selain itu, fitur layar sentuh pada awalnya dinamai Chaudri sebagai E.T. alias "electronic touch", demi menunjukkan sisi emosional dalam hubungan antara Apple Watch dan penggunanya.

Chaudri juga melakukan beberapa "self-insert" dalam produk asuhannya tersebut. Fitur digital Touch Drawing terinspirasi dari masa lalunya sebagai seniman grafiti.(*)

Artikel Terkait
Current Issues
Belajar Berkata 'Tidak' dari Steve Jobs

Current Issues
On This Date: 11 April 1976 Komputer 'Apple-1' Dirilis, Dibuat dari Uang Jual VW

Current Issues
On This Day: 9 Januari 2007, Steve Jobs Pertama Kali Kenalkan iPhone