Opinion

Alasan Rating The King: Eternal Monarch Merosot Lawan The World of the Married

Delya Oktovie Apsari

Posted on April 26th 2020

 

Dua drama ini sama-sama sedang menghiasi layar kaca Korea Selatan. Masyarakat Indonesia pun turut menikmatinya di layanan TV kabel maupun streaming.

Namun, rating The King: Eternal Monarch terus menurun meski rating perdana mereka tertinggi di SBS mengalahkan Vagabond, yakni 10.1 dan 11.4.

Data terbaru dari Nielsen Korea, rating drama yang dibintangi Lee Min Ho, Kim Go Eun, Jung Eun Chae dan Woo Do Hwan tersebut 'hanya' mendapat 8.0 persen dan 9.7 persen. Padahal, The King: Eternal Monarch baru memasuki episode kelima.

Perlu dicatat pula, bahwa sosok di balik The King: Eternal Monarch adalah orang-orang yang telah memiliki nama besar di industri hiburan Korea. Seperti sang penulis naskah, Kim Eun Sook yang tenar berkat drama-drama garapannya seperti Descendants of the Sun, Goblin, atau yang lebih lawas lagi -- Secret Garden.

Biaya untuk memproduksi The King: Eternal Monarch juga nggak main-main -- sekitar 32 triliun won.

Pencapaian berbeda dirasakan oleh The World of the Married. Nielsen Korea mencatat, drama yang aktor utamanya menampilkan Kim Hee Ae, Park Hae Joon serta Han So Hee tersebut sedikit lagi akan menyalip rekor SKY Castle.

Saat ini, drama dengan rating tertinggi di sepanjang sejarah TV kabel Korea adalah SKY Castle yang berhasil meraup 23.78 persen di episode finalnya. Sebagai perbandingan, The World of the Married yang baru menayangkan 10 episode telah menggenggam rating 22.91 persen.

Kira-kira, apa alasan perbedaan rating yang signifikan ini?

 

1. Plot klise VS plot twist

Setidaknya lima tahun yang lalu, plot percintaan klise seperti yang ditawarkan The King: Eternal Monarch bakal laku-laku saja. Namun, The King: Eternal Monarch berhadapan dengan drama yang memiliki bumbu lebih sedap: plot twist.

Dibandingkan dengan The World of the Married, alur cerita The King: Eternal Monarch terasa lebih lamban dan nggak ada elemen yang benar-benar mengejutkan. Tokoh Jung Tae Eul yang diperankan Kim Go Eun sendiri baru percaya dan akhirnya masuk ke dunia Lee Gon (Lee Min Ho) di akhir episode 4.

Sedangkan The World of the Married -- nggak perlu ditanya lagi. Drama garapan JTBC ini menghadirkan plot twist di tiap episode-nya. Nggak jarang, satu episode menayangkan beberapa twist yang sanggup mempermainkan emosi penonton.

Meski begitu, karena alur The King: Eternal Monarch lebih lambat, nggak menutup kemungkinan rating drama ini bakal meningkat ketika konflik dimulai.

 

2. Audiens yang berbeda

Nggak semua penonton menikmati skandal dan kekerasan yang kerap ditampilkan The World of the Married, nggak semua juga rela bertahan di depan layar menyaksikan benih-benih cinta tumbuh di antara Lee Gon dan Jung Tae Eul di The King: Eternal Monarch.

Drama The World of the Married menetapkan batas usia 19 tahun ke atas, sedangkan The King: Eternal Monarch jauh di bawahnya. Ini menunjukkan kedua drama berusaha menarik perhatian audiens yang berbeda.

Meski The King: Eternal Monarch juga mengangkat isu dan menampilkan adegan pembunuhan, adegan-adegan tersebut tidak dipertontonkan secara eksplisit layaknya The World of the Married.

 

3. Senioritas aktor dan aktris

The World of the Married menampilkan akting matang dari aktor dan aktris senior yang sudah berkecimpung di dunia hiburan sejak belasan, bahkan puluhan tahun.

Kim Hee Ae, pemeran Ji Sun Woo, memulai debut aktingnya pada tahun 1983 lewat film The First Day of the Twentieth Year. Park Hae Joon yang membawakan karakter Lee Tae Oh, berpengalaman akting di teater pada tahun 2007 sebelum akhirnya masuk ke aliran mainstream.

Namun, karier Lee Min Ho di dunia hiburan sebenarnya juga diperhitungkan. Ia terjun ke dunia akting sejak tahun 2003, menjadikannya aktor dengan pengalaman sepanjang 17 tahun. Ia menjadi salah satu bintang Hallyu terpopuler di dunia, berkat peran sebagai Gu Jun Pyo di Boys Over Flowers, dan dilanjut dengan kesuksesan proyek lainnya layaknya City Hunter, The Heirs dan Legend of the Blue Sea.

The King: Eternal Monarch juga menampilkan bintang-bintang yang sedang naik daun, seperti Kim Go Eun, Jung Eun Chae dan Woo Do Hwan. Secara impact, seharusnya The King: Eternal Monarch bisa lebih besar dari ini. Tetapi, performance aktris yang terbilang baru dan belum mendapat peran breakthrough layaknya Kim Go Eun di Goblin, yaitu Han So Hee di The World of the Married banjir pujian. Namanya pun terus mendominasi mesin pencari di Korea.

 

4. Tayang di TV VS Netflix

Alasan kecilnya rating The King: Eternal Monarch bisa jadi karena drama ini ditayangkan di dua platform sekaligus, yakni di televisi dan Netflix. Sedangkan The World of the Married nggak masuk di Netflix.

Sampai saat ini, Netflix masih menjadi penyedia layanan streaming terlaris. Anak muda di Korea Selatan juga banyak yang lebih memilih menonton di Netflix dibandingkan televisi.

Salah satu drama yang pernah menayangkan episode-nya di dua platform sekaligus adalah Mr. Sunshine. Drama Lee Byung Hun dan Kim Tae Ri ini juga nggak mendapat rating tinggi di Negeri Ginseng, namun mendapat ulasan yang baik. (*)

Related Articles
Entertainment
Gimana Sulitnya Aktor 'The King: Eternal Monarch' Mainkan 2 Peran Sekaligus?

Entertainment
Terkesan dengan Sinematografi The King: Eternal Monarch? Ini Sosok di Baliknya!

Entertainment
5 Fakta Park Hae Joon, Suami Antagonis di Drama 'The World of the Married'