Interest

Peliharaanmu Bertingkah Aneh Selama Karantina? Begini Cara Mengatasinya

Delima Pangaribuan

Posted on April 26th 2020

(Pet Guide)

Bagaimana perasaanmu udah hampir dua bulan di rumah aja? Mungkin bosen banget dan mulai kehabisan aktivitas yang bisa dilakuin dalam rumah. Sampai-sampai ada yang mulai nyusunin meses di atas roti atau nyusunin kripik jadi menara saking gabutnya.

Bukan cuma manusia aja ternyata yang bisa bosan dan mulai bertingkah aneh selama karantina. Binatang peliharaan kita juga mengalaminya. Menurut dokter hewan yang dikutip Independent, normal kok kalau binatang peliharaan kita mulai menunjukkan keanehan dan reaksi yang berbeda selama kita ada di rumah. 
 
Misalnya ada yang mengeluh hewan peliharaan mereka jadi lebih clingy atau manja banget. Mereka maunya nempel terus sama pemiliknya. Kalau begini, dr Emily Levine dari Animal Behavior Clinic of New Jersey, menyarankan pemilik untuk memeriksa kesehatan binatang peliharaannya. 
 

Biasanya kucing atau anjing lebih clingy ketika mereka ngerasa gak nyaman di salah satu bagian tubuhnya. Bisa jadi mereka mengalami nyeri muskuloskeletal (di bagian sendi, saraf, otot, tendon, atau ligamen). Jika ini yang terjadi, mereka harus dibawa ke dokter.
 
Atau bisa jadi rasa tidak nyaman itu muncul karena mereka mengalami kecemasan atau anxiety. Kecemasan ini bisa muncul kalau mereka ngerasa pemiliknya nanti bakal ninggalin rumah dalam waktu lama lagi setelah masa krisis selesai.
 
Dokter Levine menyarankan pemilik melakukan kebiasaan seperti sebelum karantina, alias kita biarin dulu peliharaan sendirian di tempat berbeda. Setelah masa karantina selesai nanti, anjing atau kucing kita nggak akan kaget kalau ditinggal-tinggal lagi.
 

Sebaliknya, ada juga hewan peliharaan yang menunjukkan sikap lebih dingin. Menurut catatan Dokter Levine, ada pemilik anjing dan kucing yang bingung sama peliharaannya yang malah nggak mau nempel sama mereka. Setiap mau dielus-elus atau dikelon atau diciumin, anjing dan kucing itu bakal nunjukin reaksi penolakan dan nggak suka.
 
Menurut Dokter Levine, ini bisa terjadi sama hewan peliharaan yang dulunya sudah sering kita tinggal-tinggal ke luar rumah. Mereka sekarang jadi jengah karena semua orang jadi stay di rumah terus. Mereka yang biasanya punya me time dan melakukan sesuatu sendiri jadi merasa diintervensi atau diganggu terus.
 
Perlakuannya mirip sama yang terlalu clingy tadi, tapi tujuannya berbeda. Kita kasih mereka waktu buat sendiri dan menikmati kegiatan tanpa majikannya. Taruh di ruangan yang berbeda dengan tempat kita berkegiatan sehar-hari.
 
Jangan malah kita yang terus-terusan nempel sama peliharaan. Nanti kalau udah butuh, pasti mereka dateng sendiri ke kita dan minta disayang-sayang lagi.
 
"Kita harus pastikan anjing/kucing punya tempat tersendiri di rumah di mana mereka bisa pergi ke sana dan kita nggak akan mengganggu sama sekali," jelas Dokter Levine.
 
Ada juga hewan peliharaan yang tadinya agresif sekarang jadi lebih kalem. Ini biasa terjadi sama anjing atau kucing yang sebelumnya "berkompetisi" buat mendapatkan kasih sayang pemiliknya. Alias mereka nggak suka kalau ada peliharaan lain yang deket-deket sama si pemilik.
 
Tapi karena sekarang pemiliknya di rumah terus, anjing atau kucing ini pun ngerasa punya kesempatan lebih banyak dan nggak harus berkompetisi lagi.
 
Sebaliknya, ada juga hewan peliharaan yang jadi hiperakti dan cenderung agresif. Mereka ini yang biasanya bisa berkegiatan di luar, seperti jalan-jalan sore. Karena nggak bisa keluar, anjing atau kucing (mostly anjing) bakal cari-cari kegiatan di dalam rumah dan kadang bikin berantakan. 
 
Dokter Levine menyarankan buat orang yang punya hewan dengan karakteristik ini supaya kasih anjingnya kegiatan lebih. "Anjing yang enerjik dan pintar pasti bakal merasa stres. Kita harus bikin mereka capek dengan kegiatan yang membuat mereka berpikir dan menguras otak," paparnya. 
 
Misalnya ngajak main game mencium bebauan di dalam rumah. Tapi pemilik juga harus pintar-pintar cari kegiatan buat jaga-jaga kalau anjing kita udah nggak mempan dikasih trik-trik lama. (*)
Related Articles
Current Issues
FDA Sarankan Anjing dan Kucing Juga Harus Lakukan Social Distancing

Lifestyle
4 Langkah Mengenalkan Anjing ke Kucing yang di Rumah Biar Gak Bertengkar

Current Issues
5 Manfaat Punya Hewan Peliharaan!