Interest

NHS Beberkan Detail Aplikasi Pelacak Corona

Mainmain.id

Posted on April 26th 2020

Akses aplikasi lewat smartphone(Independen.co.uk)

NHS (National Health Service) adalah nama program layanan kesehatan di Britania Raya. Mereka udah siap buat merilis aplikasi penelusuran kontak yang digarap serius untuk membantu menangani Pandemi COVID-19. Dengan aplikasi ini setidaknya mereka berharap bisa memutus rantai penyebaran agar nggak semakin menjangkiti banyak orang.

Aplikasi itu bekerja dengan menggunakan ponsel dengan GPS aktif orang-orang buat mengetahui ketika mereka ngelakuin kontak sama orang lain. Ketika mereka berada di dekat seseorang yang ditemukan terjangkit virus corona, mereka akan menerima notifikasi dan juga  saran tentang bagaimana mereka harus merespon untuk ngelindungin diri sendiri.

NHS telah bekerjasama dengan pakar privasi dalam membuat aplikasi tersebut buat ngelindungin hak privasi pengguna. Semua pelacakan akan dilakukan secara anonim dan nggak akan tahu siapa yang memicu peringatan tersebut. Data akan dilindungi di telepon, bukan di server NHS, dan data apapun yang dikumpulkan hanya akan digunakan di dalam NHS. Jadi nggak harus takut apabila data pribadi kalian akan tersebar.

NHS telah bekerjasama dengan para ahli dari berbagai bidang di pemerintahan sama industri untuk meninjau dan menguji aplikasi tersebut. Buat mempublikasikan aplikasi tersebut NHS juga udah bekerjasama dengan Apple sama Google supaya pengguna dapat dengan mudah mengunduh aplikasi tersebut.

NHS sangat yakin bahwa aplikasi tersebut dapat berkontribusi besar dalam membantu pencegahan virus Corona sehingga kondisi dapat balik normal lagi. Kalau sebagian besar penduduk patuh dengan anjuran pemerintah, ditambah lagi dengan adanya aplikasi ini bukan tidak mungkin pandemi virus corona akan segera berakhir dalam waktu dekat. Itu kan yang diharepin semua orang di musim ini? (*)

Related Articles
Current Issues
Coronavirus, Virus Baru Mirip Pneumonia yang Menular Antar Manusia

Interest
Tetap Tenang! Tingkat Kesembuhan Corona di Dunia Kini Semakin Tinggi

Interest
Tangkal Coronavirus, Ini 5 Rekomendasi Hand Sanitizer dengan Harga Terjangkau