Interest

Kulit Wajah Kering Saat Puasa? Ini 5 Cara Mengatasinya!

Delya Oktovie Apsari

Posted on April 25th 2020

Cara mengatasi kulit wajah kering saat puasa. (Real Simple)

 

Saat menjalankan ibadah puasa, asupan cairan yang diterima tubuh jadi berkurang. Dampak yang paling umum dirasakan adalah kulit wajah yang terasa lebih kering.

Tapi, tenang aja! Ada kok, cara-cara untuk mengatasi kulit wajah kering saat puasa.

 

1. Minum delapan gelas air mineral setiap hari

Menurut dermatologis Dr. Fadila Zitria, selama menjalani puasa, kita harus menjaga asupan cairan tubuh demi kelembaban kulit.

Ia merekomendasikan untuk minum air sebanyak dua liter dalam sehari, atau sekitar delapan gelas.

"Selama Ramadan, kita bisa meminum dua gelas air saat sahur, dua gelas air saat buka puasa dan empat gelas air waktu malam hari," jelasnya seperti dikutip Jakarta Globe.

Ia juga menyarankan untuk menghindari minuman berkarbornasi dan yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh.

"Minuman berkarbornasi dan mengandung kafein itu diuretik (mudah buang air kecil) dan cenderung tidak menghidrasi tubuh," katanya.

 

2. Konsumsi buah dan sayur

Freepik

 

Saat berbuka dan sahur, kita cenderung ingin 'balas dendam' dan akhirnya memakan apapun yang kita inginkan tanpa memikirkan dampaknya. Salah satu jajanan yang sering dikonsumsi saat buka puasa adalah gorengan.

Nah, jika ingin tubuh sehat dan kulit wajah tidak kering, lebih baik konsumsi buah saat berbuka puasa dan sahur. Untuk makan besar, perbanyak konsumsi sayur.

 

3. Bersihkan wajah secukupnya

Dreamstime


Beberapa orang percaya kalau mencuci wajah berulang-ulang akan membantu mendinginkan dan menghidrasi kulit. Tetapi, menurut Fadila, membersihkan wajah berulang-ulang akan membuat kulit dehidrasi.

Menurutnya, membersihkan wajah hanya perlu dilakukan dua kali sehari, yakni saat pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

 

4. Hindari mandi dengan air hangat

Clare Owen/i2i Art Inc.


Usai menjalani hari yang melelahkan, biasanya mandi dengan air hangat menjadi pilihan karena membuat tubuh terasa lebih rileks. Akan tetapi, air hangat membuat kulit lebih mudah kering.

"Mandi air hangat bila perlu saja. Dan ketika mandi air hangat, jangan menghabiskan waktu lebih dari 10 menit," imbaunya.

 

5. Pakai pelembab yang mengandung susu

Bustle

 

Pemakaian pelembab tidak dilakukan sembarangan. Fadila menyebut, pemakaian pelembab harus segera dilakukan setelah mandi.

Produk pelembab yang bagus untuk kulit normal dan kering adalah yang mengandung susu.

"Susu amat untuk kulit dan merupakan pelembab yang sangat efektif. Susu juga memiliki kandungan asam laktat tinggi, yang membantu menghilangkan sel kulit mati dan menumbuhkan sel baru."

Namun, ada beberapa orang yang alergi terhadap produk berbahan dasar susu. Ia pun menyarankan untuk mencobanya terlebih dahulu dengan mengoleskan pelembab ke kulit di bagian belakang telinga.

Area kulit tersebut sangat sensitif, sehingga bila produk tidak cocok, ia akan gatal-gatal dan muncul kemerahan.

"Lakukan berulang-ulang selama tiga hari. Jika tidak ada gatal-gatal dan kemerahan, produk tersebut aman digunakan," ucapnya. (*)

Related Articles
Interest
Dari Baekhyun 'EXO' sampai Jihyo 'TWICE', ini 7 Skincare Routine Idol K-Pop!

Lifestyle
Di Rumah Aja Tapi Kondisi Kulit Wajah Memburuk? Ini Penyebab dan Solusinya!

Interest
7 Buah Anti-Dehidrasi ini Baik Dikonsumsi Saat Puasa!