Interest

Habis Dalgona Terbitlah Kori Kohi Coffee, Cocok Banget Diminum Habis Buka Puasa

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 25th 2020

Bagi sebagian orang, terlalu lama berada di rumah selama pandemi seringkali berujung dengan eksperimen iseng di dapur. Kelakuan ini sering diunggah ke media sosial seperti Twitter atau Instagram, dan dalam waktu singkat saja, aktivitas ini diikuti oleh banyak orang lain.

Setelah pie susu teflon dan dalgona coffee, kini warganet kembali melirik satu kuliner olahan dapur yang unik dan terbaru : kori-kohi coffee. Mungkin belum semua orang familier dengan minuman satu ini. Sesuai namanya, kori-kohi coffee adalah minuman berbahan dasar kopi.

Kori-kohi coffee belakangan dipopulerkan di internet oleh UCC Coffee Shop di Filipina, dan kini banyak orang yang mencoba membuatnya sendiri di rumah, karena selain tampilannya yang aesthetic, proses pembuatannya pun tidak sulit.

Pada dasarnya, kori-kohi coffee adalah minuman es kopi biasa dengan campuran susu hangat dan sedikit gula cair. Tapi, kopinya dibekukan dalam bentuk batu es. Beberapa kedai kopi di Indonesia ada yang pernah punya menu ini. Ada yang memberi nama 'Espresso on The Rock'. Ya, karena bahan dasar kopi ini sebenarnya espresso yang dibekukan sebagai es batu.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Nih mainmain.id sudah praktikan untuk kalian

 

 

 

1. Seduh Kopi dengan Air Panas

Seduh kopi dengan french press (foto:food.detik.com)

Langkah awal adalah membuat espressonya. Tim mainmain.id sih membuatnya dengan espresso machine. Namun jika peralatan itu tak ada di rumah, kalian bisa pakai french press seperti di foto ini. Jika menggunakan french press perhatikan rasio kopi dan air panasnya. Usahkan rasionya 1 berbanding 3. Satu sendok kopi, 3 sendok air. Sebisa mungkin airnya jangan terlalu banyak, agar ketika didinginkan jadi es batu, rasa kopinya masih kuat.


2. Bekukan Kopinya di Freezer

Batu es kopi (foto:folgerscoffee.com)

Setelah diseduh, biarkan kopi yang masih panas mendingin dengan sendirinya hingga suhu ruang. Kalian juga bisa menggunakan cold brew atau penyeduhan kopi dengan air dingin. Namun pembuatan cold brew tentu membutuhkan waktu yang lebih lama. 

Setelah kopi dalam suhu ruangan, tuangkan kopi ke dalam wadah tray batu es, lalu masukkan ke freezer. Diamkan paling tidak selama delapan jam.


3. Panaskan Susu Cair

Panaskan susu (foto:lifestyle.okezone.com)

Jika kopi sudah membeku di freezer, sebelum mengeluarkannya, panaskanlah susu cair terlebih dahulu. Tim mainmain menggunakan perangkat steamer susu yang ada di espresso machine. Kalian bisa menggantinya dengan memenaskan susu lewat microwave atau panci di atas kompor. Pastikan susu sudah cukup panas, namun jangan sampai mendidih.


4. Masukkan Es Batu Kopi ke dalam Gelas

Batu es kopi di dalam gelas (foto:honestlyyum.com)

Keluarkan tray es batu dari freezer lalu tuangkan kopi yang sudah menjadi es batu ke dalam gelas atau teko. Gunakan gelas atau teko kaca yang transparan, sehingga kamu bisa melihat bagian dalam gelas atau teko dengan jelas. Untuk menghindari gelas pecah karena perubahan termperatur yang drastis, berusahalah untuk menggunakan wadah yang tahan panas.


5. Tuangkan Susu Panas ke dalam Gelas Berisi Es Batu Kopi

Tuang susu panas ke gelas (foto:cashbac.com)

Tuangkan susu yang masih panas ke dalam gelas atau teko berisi es batu kopi, kemudian aduk perlahan. Susu yang panas akan melelehkan kopi secara perlahan, lalu menciptakan pencampuran kopi dan susu yang seimbang. Kori-kohi coffee original juga biasanya disajikan dengan sedikit tambahan gula cair, namun kamu bisa tidak menambahkannya jika tidak suka kopi yang terlalu manis. 


Related Articles
Interest
Tanpa Kopi, Whipped Nutella Cocok Banget Temani Buka Puasamu

Current Issues
Sereal Sushi, Buah Kegabutan Netizen di Tengah Pandemi

Interest
Kamu Sekarang Bisa Unduh Ribuan E-book Gratis dari Perpustakaan Kota Sydney!