Interest

Ramadan At Home: Buka Puasa Rutin di Inggris Digelar Virtual

Mainmain.id

Posted on April 24th 2020

(arabnews)

 

Rutinitas wajib yang gak boleh dilewatkan saat bulan Ramadhan adalah ngabuburit yang dilanjutkan dengan buka bersama. Namun dengan kondisi pandemi COVID-19 yang mewabah hampir diseluruh penjuru dunia, memaksa beberapa aktifitas tersebut beralih ke mode digital, Seperti yang dilakukan relawan proyek Tenda Ramadhan di London. Komunitas yang menginisiasi gelaran komunitas terbesar selama bulan Ramadhan tersebut harus rela memutar strategi untuk tetap memberikan fasilitas tersebut melalui channel digital tahun ini.

Mereka meluncurkan aplikasi My Open Iftar yang dapat dinikmati semua orang dengan tujuan tetap menjaga tradisi Bbuka bersama agar tak hilang dari mereka. Padahal biasanya acara komunitas warga muslim terbesar di London ini dilakukan secara gratis yang bertempat di Trafalgar Square, Westminster Abbey, British Library hingga Wembley Stadium. Pertemuan juga berlangsung di kota-kota besar Inggris termasuk Sheffield, Newcastle, Leicester, Bradford, Manchester dan Birmingham. Pesertanya juga gak sedikit loh! Setiap harinya ribuan orang datang hanya untuk sekedar berjalan-jalan sambil menikmati sore hari hingga yang serius mengikuti banyak acara keagamaannya.

Panitia penyelenggara memang punya tujuan positif dalam acara ini, yaitu untuk menyatukan warga dan masyarakat dan mendorong semua untuk berkumpul, duduk bersama dan menikmati keberagaman untuk memahami satu sama lain dengan lebih baik. Pemerintah setempat pun juga memakai metode yang sama dengan menghimbau seluruh umat muslim untuk tetap berada di rumah dengan tetap bisa mengakses berbagai layanan masjid secara virtual seperti lantunan ayat suci alquran atau ceramah yang tetap berjalan untuk menjaga suasana khusus Ramadhan, termasuk aplikasi My Open Iftar.

Dalam aplikasi My Open Iftar, akan ada 1000 lebih konten yang berisi informasi tentang Ramadhan, dan islam secara keseluruhan dan juga bagaimana agar tetap produktif untuk mencari pahal di dalam keadaan pandemi seperti ini. Menariknya lagi, mereka juga akan mendatangkan narasumber yang bisa aktif mengajak penonton untuk sesi QnA dan semua fasilitas tersebut dapat di akses gratis.

Amad Afrizal, Project Head Operations komunitas tersebut bilang kalau mereka juga melayani semua kalangan usia agar semakin banyak orang yang dijangkau. “Kami juga memakai paltform instagram, Youtube dan Facebook untuk dapat mengakses semua kalangan," katanya

Selain itu mereka juga bekerja sama dengan Masjid-masjid besar setempat buat mengumpulan donasi yang akan disalurkan kepada yang membutuhkan seperti orang yang rentan dan lanjut usia serta berbagai pekerja muslim yang masih aktif bekerja. Pandemi virus corona telah membangkitkan inisiatif komunitas yang dipimpin Muslim di seluruh Inggris dan Dewan Muslim Inggris serta mendorong semua Muslim untuk menggunakan bulan suci untuk tetap melakukan kebaikan.

Jadi, gimana? Mau adain Buka Bersama virtual bareng temen-temen kalian juga kah?

 

Related Articles
Interest
Ramadan 2020: Wajib Ibadah di Rumah hingga Manasik Haji Online

Current Issues
Pola Tidur Berubah Saat Puasa, Akankah Kita Jadi Rentan terhadap Coronavirus?

Current Issues
Dokter NHS Inggris: Puasa Dapat Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh