Current Issues

Nutrisionis: Jangan Tunda Berbuka dan Perhatikan Komposisi Menu Bukamu

Mainmain.id

Posted on April 24th 2020

 

Pukul 16 adalah waktu lemes-lemesnya sebagian orang yang sedang berbuka puasa. Kalian juga pasti kan? Nah, ketika nanti datang waktu berbuka, jangan tunda ya. Tapi kalian juga perlu perhatikan komposisi menu bukamu.

Dalam ajaran Islam, ada beberapa hal yang harus disimak terkait bulan puasa. Pertama adalah menyegerakan berbuka. Nutrition Development Specialist DBL Academy, Didit Pamungkas mengatakan, menunda berbuka justru menimbulkan dampak minor.

"Jangan menunda. Karena itu akan membuat kita seperti ingin balas dendam saat berbuka. Sehingga porsi makannya luar biasa," jelas Didit, Jumat (24/4) siang.

Kedua, sesuai dengan sunah Nabi Muhammad, berbuka bisa dilakukan dengan mengonsumsi kurma atau segelas air mineral. "Jadi tak ada anjuran yang manis-manis seperti es campur, es teler atau sebagainya. Itu hanya keinginan masing-masing orang saja," imbuhnya.

Poin ketiga adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ini penting karena terkadang kamu akan merasa lapar, padahal sebenarnya hanya merasa haus. Terakhir, porsi makanan dan gizi juga harus seimbang. Sehingga kamu tetap fit selama menjalani ibadah puasa.

"Paling gampang model piring T. Jadi komposisinya, seperempat karbohidrat, seperempat protein, setengahnya itu sayuran. Sebaiknya mengonsumsi karbohidrat kompleks dan protein rendah lemak. Kalau menunya ayam, harus tanpa kulit," tuturnya.(*)

 
Related Articles
Opinion
Lakuin Ini Biar Bukber Lo Lebih Greget

Current Issues
Para Ahli Medis Menjawab Pertanyaan Umum Seputar Penularan Covid-19

Current Issues
Mengenal "Pasar Basah" yang Diduga Menjadi Titik Awal Persebaran Coronavirus