Sport

Puasa di Tengah Pandemi Covid-19, Persebaya Tetap Gelar Latihan Online

Mainmain.id

Posted on April 24th 2020

Menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19 tak menyurutkan para pemain dan ofisial tim Persebaya santai-santai di rumah. Mereka tetap menjalankan aktivitas rutin, termasuk latihan bersama.

Latihan bersama tentu dilakukan via online. Coach Aji Santoso dan jajaran pelatih memanfatkan aplikasi Zoom untuk me-manage latihan anak asuhnya yang dilakukan dari tempat tinggal masing-masing.

"Sampai sekarang kita tidak bisa melakukan latihan (di lapangan), Kita belum tahu kapan wabah ini berakhir, setiap hari pasien juga terus bertambah, jadi sangat riskan," terang Aji.

Mantan kapten Persebaya era 90-an memutuskan untuk menggelar tiga kali latihan daring dalam satu pekan. "Kan sudah ada aplikasi meeting, dan kemarin sudah dicoba, paling tidak nantinya anak-anak akan melakukan kegiatan bersama seminggu tiga kali, setiap Senin, Rabu, Jumat," ungkap Aji.

Aji selama ini terus menekankan pada pemainnya bahwa mereka adalah professional player. Jadi, mereka harus disiplin menjaga kondisi fisiknya secara mandiri. "Jangan kalau tidak dipantau mereka tidak melakukan kegiatan, nantinya itu akan menyulitkan mereka sendiri," kata Aji. Atas dasar itulah, tim pelatih kemudian membant para pemain untuk melakukan latihan "bersama" secara virtual. Latihan virtual itu rutin dilakukan Senin, Rabu, dan Jumat.

Sementara itu, dikarenakan perbedaan waktu, Mahmoud Eid dan David Da Silva tidak dapat mengikuti latihan bersama ini. Sedangkan Aryn Williams yang juga sudah pulang ke negaranya baru mengikuti latihan bersama pada hari Rabu. Makan Konate justru paling rutin mengikuti latihan daring bersama dikarenakan masih tertahan di Surabaya akibat kebijakan lockdown di negaranya.

"Mereka sudah menyampaikan bahwa mereka akan selalu menjaga kondisi dengan latihan, apalagi mereka pemain-pemain asing, seharusnya mereka lebih tahu bagaimana menyikapi situasi seperti ini," pungkas Aji.

Sebelumnya Makan Konate dkk sudah pernah melakukan latihan bersama lewat daring beberapa pekan lalu. Tapi saat itu Aji tidak dapat memimpin langsung latihan tersebut. Saat itu Aji harus menemani anaknya yang terserang demam berdarah dengue. Akhirnya pelatih fisik Persebaya, Gassely Jun Panam yang diberikan amanat untuk memandu latihan saat itu.

Hasil dari latihan daring tersebut kemudian dievaluasi oleh tim pelatih. Sehingga diputuskan untuk melakukan latihan bersama tiga kali dalam seminggu.(*)

Related Articles
Sport
Uston Nawawi dan Keberhasilannya Bawa Gen Z Persebaya jadi Juara

Sport
Liga 1 dan Liga 2 Resmi Ditunda Hingga 29 Mei

Sport
Musim Berakhir, ini Peraih Penghargaan Shopee Liga 1 2019