Current Issues

Sering Pakai Aplikasi Zoom? Fitur-Fitur ini Wajib Kalian Tahu!

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 23rd 2020

Penggunaan Zoom sebagai media meeting online belakangan ini memang sudah jadi semacam tren. Jutaan orang di seluruh dunia yang terpaksa kerja dari rumah (KDR) atau sekolah remote karena pandemi Covid-19 mau tidak mau harus membiasakan diri dengan situs video-conference satu ini.

Jika kamu belum terbiasa menggunakan Zoom dalam pekerjaan sehari-harimu, mungkin keberadaan fitur-fitur ini belum kamu ketahui. Tips dan trik dalam menggunakannya bukan hanya dapat membuat meeting online-mu jadi makin efektif, tapi juga menyenangkan!

1. Ubah Tampilan Latar Belakangmu

Seperti wallpaper, latar belakang tampilan kamu saat sedang melakukan video-chat dapat diubah sesuai kemauanmu. Caranya cukup gampang, cukup pilih menu 'Settings', 'Virtual Background', lalu pilih atau unggah gambar apapun yang kamu suka. Tapi tentu saja agar bisa mengakses fitur ini, komputer yang kamu gunakan harus memiliki persyaratan minimum tertentu dengan sistemnya.

Baca juga: Sekarang Kita Bisa Pakai Background Studio Ghibli di Zoom, Ini Pilihannya.

 

2. Matikan Audio dan Kamera

Kedua fitur ini memang basic, namun esensial. Kamu pasti tidak mau rekan meeting-mu tidak sengaja mendengar suara kucingmu yang mengeong atau melihat latar belakang kamarmu yang berantakan saat meeting dimulai, kan? Agar audio dan kameramu bisa mati secara otomatis saat meeting dimulai, aktifkan fiturnya di 'Settings' > 'Audio' > 'Mute microphone when joining a meeting', lalu 'Settings' > 'Video' > 'Turn off my video when joining a meeting'.

 

3. Matikan dan Nyalakan Audio dengan Spacebar

Jika tiba giliranmu bicara dalam meeting, tidak perlu repot-repot lagi mengakses menu Settings. Cukup tekan tombol spacebar di keyboard untuk menyalakan audio, lalu tekan sekali lagi untuk mematikannya.

 

4. Kirim Emoji di Layar

Emoji adalah bagian tidak terpisahkan dari aplikasi chat manapun. Kamu tidak perlu mengatakan apa-apa untuk memberi tahu lawan bicaramu tentang apa yang kamu rasakan. Cukup kirim emoji tepuk tangan atau jempol  dengan mengklik tab 'Reactions' yang ada di bawah layar, lalu pilih emoji yang mau kamu kirim. Emoji akan muncul di layar, lalu menghilang setelah 5 detik. 

 

5. Shortcut di Keyboard

Jika kamu online via notebook atau laptop, tentu saja akan repot jika harus mengklik semua menu yang ingin kamu pilih lewat tetikus atau trackpad. Jangan khawatir, Zoom juga menyediakan banyak shortcut alternatif untuk membantu kamu melakukan meeting online dengan efisien, mulai dari shortcut untuk bergabung dengan meeting, memulai atau menghentikan rekaman, serta membagikan tangkapan layarmu. oom's full list of hot keys and keyboard shortcuts.

 

6. Nyalakan Mode Gallery View

Fitur gallery view membuat kamu bisa melihat semua orang yang ikut meeting secara bersamaan. Untuk menyalakannya, klik tab bertuliskan 'Gallery view' di bagian pojok kanan atas. Jika jumlah peserta meeting lebih sedikit dari 50 orang, maka semuanya akan tampil di satu halaman, namun jika lebih dari itu, kamu bisa memilih agar semuanya ditampilkan dalam beberapa halaman berbeda. Untuk mengembalikan tampilannya menjadi hanya pembicara saja, klik 'Speaker View' di bagian pojok kanan atas.

 

7. Sembunyikan Peserta Meeting Nonvideo

Dalam meeting dengan peserta yang banyak, layar meeting akan dipenuhi banyak peserta yang tentu saja dapat memecah kosnentrasi, terutama jika banyak peserta yang tidak menyalakan kamera komputer mereka. Peserta meeting yang tidak menggunakan kamera komputernya dapat di-hide dengan cara klik 'Settings' > 'Video' > 'Meetings', lalu centang 'Hide nonvideo participants'. 

 

8. Share your screen

Bagikan tampilan di layarmu dengan rekan-rekan meeting lainnya. Caranya, klik ikon 'share screen' di toolbar yang ada pada bagian bawah layar. Kamu bisa membagikan tampilan keseluruhan desktop-mu atau hanya membagikan tampilan jendela yang kamu buka. Fitur ini bisa digunakan untuk nobar atau bermain game dengan peserta meeting online lainnya.

 

9. Nyalakan Beauty Filter

Fitur 'Touch Up My Appearance' pada Zoom mungkin adalah fitur paling umum yang sudah dikenal penggunanya dari aplikasi lain seperti Snapchat atau Instagram. Fitur berupa filter ini dapat memperhalus penampilanmu di layar, sehingga tampak lebih mulus dan berseri. Untuk menyalakannya, klik tanda panah di sebelah menu 'Start Video', lalu pilih 'Video Settings', kemudian di bawah 'My Video', centang kotak di menu 'Touch Up My Appearance'.

 

10. Rekam Meeting Online-mu ke Komputer

Subscriber Zoom, baik yang gratisan maupun premium dapat merekam video meeting online-nya via desktop app, kecuali jika kamu online lewat ponsel. Video rekaman tersebut dapat diunggah di Google Drive, Dropbox, Youtube atau Vimeo. Untuk mengaktifkan fitur rekaman ini, klik 'settings', 'recording', lalu nyalakan. Jika kamu berperan sebagai host dalam meeting online, klik ikon record yang ada di toolbar di bawah layar.(*) 

Artikel Terkait
Tech
Twitter Berlakukan WFH Permanen untuk Karyawannya

Current Issues
Terowongan Disinfeksi, Solusi Aman Berkumpul di Tempat Publik Selama Pandemi

Current Issues
Dokter Italia Bilang Coronavirus Melemah, Benarkah?