Entertainment

Selamat Hari Kartini! Tonton deh 5 Film tentang Perempuan Hebat ini di Netflix!

Delya Oktovie Apsari

Posted on April 21st 2020

 

Selamat Hari Kartini! Sebelum Negara Api -- alias coronavirus COVID-19 -- menyerang, biasanya jalan-jalan sudah dipenuhi anak-anak yang merayakan Hari Kartini sambil mengenakan pakaian ala R. A. Kartini.

Sayangnya, karnaval yang selalu ditunggu-tunggu itu harus dilewatkan tahun ini, karena Indonesia masih mempraktikkan social distancing demi meminimalisir penyebaran virus.

But it's okay, semangat Kartini masih ada, kok! Kamu bisa melihatnya lewat film-film di Netflix Indonesia ini. Semuanya bercerita tentang perempuan yang hebat dalam berbagai genre, profesi dan latar belakang.

 

1. Bird Box

 

Tokoh utama film horor thriller ini adalah Malorie Hayes (Sandra Bullock). Kamu bakal melihat begitu kuatnya Malorie menjaga dua anak kecil dari dunia yang mengerikan -- sambil menutup mata.

Ya, di film Bird Box, dunia digambarkan menghadapi 'musuh' tak kasat mata yang bisa langsung membuat manusia menjadi gila dan bunuh diri bila membuka mata. Maka dari itu, semua survivor di film ini sebisa mungkin menutup matanya bila merasa 'makhluk' tersebut mendekat.

Di awal film, kamu akan melihat perjuangan Malorie mengarungi sungai begitu deras, menggunakan penutup mata, melindungi dua anak kecil dan hanya ditemani oleh seekor burung di dalam kardus.

 

2. Sokola Rimba

 

Sokola Rimba mengisahkan tentang Butet Manurung (Prisia Nasution), sosok yang mengabdikan hidupnya untuk mengajar baca-tulis-hitung bagi anak-anak suku anak dalam, yang dikenal sebagai Orang Rimba.

Seiring berjalannya waktu, Butet tidak hanya menyelamatkan anak-anak dari buta pengetahuan, tetapi juga tanah adat mereka.

 

3. Homecoming

 

Homecoming merupakan film dokumenter tentang kehidupan Beyoncé di atas panggung, maupun di balik layar. Film ini ditulis, disutradarai dan diproduseri sendiri oleh sang diva.

Homecoming membawa kita melihat lebih dalam tentang penampilan Beyoncé di Coachella, dan bagaimana perjalanan emosional dirinya.

 

4. 3 Srikandi

 

3 Srikandi terinspirasi dari kisah nyata tiga atlet perempuan terbaik Indonesia di masa itu. Yakni Nurfitriyana (Bunga Citra Lestari), Lilies (Chelsea Islan) dan Kusuma (Tara Basro).

Film ini berlatar belakang pada tahun 1988, ketika Indonesia bersiap-siap akan mengikuti Olimpiade Musim Panas di Seoul. Namun, saat itu, cabang olah raga panah Indonesia sedang kesulitan. Mereka harus menyiapkan tim panahan dalam waktu singkat.

Sementara itu, satu-satunya pelatih yang bisa diharapkan, Donald Pandiangan (Reza Rahardian), masih trauma dengan persiapan Olimpiade Musim Panas 1980 di Moskwa.

 

5. Julie & Julia


Julie & Julia adalah film komedi-drama tahun 2009 yang dibintangi oleh Meryl Streep dan Amy Adams.

Filmnya mengambil latar dua masa. Yang pertama di tahun 1950an, tentang kehidupan awal Julia Child (Meryl Streep) menapaki karier di dunia kuliner. Latar kedua di tahun 2002, ialah Julie Powell (Amy Adams) seorang pekerja biasa di New York yang tidak bahagia dengan kehidupannya. Ia pun bertekad untuk memasak ratusan resep di buku Julia Child Mastering the Art of French Cooking terbitan 1961.

Tanpa disadari, kecintaan terhadap makanan serta keberanian mereka untuk keluar dari zona nyaman membawa kebahagiaan dalam kehidupan Julie dan Julia. (*)

Related Articles
Entertainment
Belum Langganan Netflix? Coba Dulu Tontonan Gratisnya...

Opinion
Selamat Hari Kartini, Jangan Normalisasi Seksisme, Misogini, dan Patriarki

Entertainment
Jadi Favorit, Kostum Halloween “Squid Game” Laris Manis