Interest

8 Museum Mobil Ini BIsa Kamu Kunjungi Secara Virtual Selama Pandemi

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 18th 2020

Karena adanya pembatasan sosial selama pandemi Covid-19, industri manufaktur kendaraan bermotor mau tidak mau harus menghentikan beberapa aktivitas operasional mereka, termasuk mengadakan pameran mobil dan menggelar showroom.

Namun kini, melihat-lihat mobil dan motor dapat dilakukan dari rumah masing-masing. Lewat situs daring tentu saja. Berikut ini adalah beberapa museum mobil yang bisa kamu kunjungi secara virtual selama pandemi :

1. Museum Mercedes-Benz

Museum Mercedes-Benz (foto:wikipedia)

Museum virtual Mercedes-Benz mungkin termasuk salah satu yang paling menakjubkan. Museum ini didirikan sebagai perayaan 134 tahun berdirinya merk mobil legendaris tersebut. Koleksinya lebih dari 1.500 item.

Meski fisik museumnya tutup selama pandemi, kamu bisa mengawasi setiap detil museumnya via situs resmi mereka. Selain dapat mengamati koleksinya satu per satu, pengunjung museum virtual juga dapat mengikuti video tur live via instagram.


2. Museum Transportasi Coventry

Museum Transportasi Coventry (foto:motoringresearch.com)

Museum Transportasi Coventry adalah museum mobil dengan jumlah koleksi kendaraan buatan Inggris terbesar yang ada di dunia. Koleksinya meliputi mobil Jaguar, Triumph, Rover, serta mobil-mobil lain yang lebih modern, seperti Thrust SCC yang memegang rekor kendaraan darat tercepat. Meski belum ada layanan tur interaktif, namun museum ini menyajikan kumpulan video tentang koleksi-koleksinya.


3. Citroen Origins

Sampel di Museum Citroen Origins (foto:egzostive.com)

Museum Virtual Citroen Origins dibuat pada 2016 lalu untuk merayakan sejarah keberhasilan bangsawan Citroen dari Perancis dalam menyebarkan inovasi dan pengaruhnya.

Museum ini berisi rekaman digital dari merk dagang Citroen di masa lalu. Tampilannya interaktif. Pengunjung bisa mengeksplorasi 80 model mobil klasik, mulai dari eksterior hingga interiornya. Situs museum ini juga menambah koleksi video dari arsip Institut National de l’Audiovisuel.


4. Museum Otomotif Mullin

Tampilan dalam Museum Otomotif Mullin (foto:sportscardigest.com)

Museum Otomotif Mullin di Oxnard, California berisi harta karun mobil peninggalan masa Perang Dunia II. Museum ini berfokus pada seni dekorasi berkelas yang terinspirasi dari model "Era Brass" tahun 1930-an. Koleksi museum ini termasuk model awal dari Bugatti, Hispano-Suiza dan Delage. Museum ini menawarkan tur live gratis di instagram setiap pekan serta tur lewat Google Street View.


5. Honda Collection Hall


Situs Museum Honda menawarkan tur virtual 360 derajat yang mengagumkan. Pengunjung bisa mengamati dari dekat seluruh Collection Hall yang terdiri dari tiga lantai serta melihat dari dekat berbagai koleksinya. Mulai dari mesin pemotong rumput jadul hingga mobil balap F-1. Beberapa koleksi tersebut juga dilengkapi dengan video klip berisi kendaraan tersebut saat masih mengaspal.


6. Museum Otomotif Toyota

Interior Museum Automotif Jepang (foto:triphobo.com)

Berbeda dengan museum kendaraan lain di dunia yang menampilkan koleksi-koleksi tertentu saja, Museum Otomotif Toyota di Nagoya menampilkan seluruh jenis mobil produksi mereka secara umum. Termasuk 100 sampel dari kendaraan produksi Toyota dan ratusan lainnya yang pernah diproduksi Toyota sejak perusahaan tersebut berdiri. Tur virtual museum ini dilakukan via Google Street View.


7. Museum Ferrari

Koleksi mobil balap Ferrari (foto:travelemiliaromagna.com)

Museum Ferrari di Maranello didirikan sebagai pengukuh simbol pengaruh perusahaan tersebut di dalam industri mobil Italia dan dunia otomotif. Museum ini juga menawarkan tur via Google Street View. Pengunjung dapat menyaksikan sejarah Ferrari, mulai dari mobil balap pertama mereka hingga ke mobil legendaris F40 dan Testarossa. 


8. Museum Lamborghini

Salah satu sampel koleksi Museo Lamborghini (foto:inexhibit.com)

Sama seperti Museum Ferrari, Museum Lamborghini juga mengadakan tur virtual lewat Google Street View. Museum Lamborghini terletak di Santa'Agata Bolognese, Italia. Tur virtualnya menunjukkan perkembangan perusahaan dari masa produksi 350 GTV, Aventador, hingga LM200.


Related Articles
Interest
Coronavirus Lumpuhkan Industri Otomotif Dunia

Tech
Mercedes-Benz Masuki Pasar Mobil dengan Teknologi Layar Sentuh

Tech
Emisi CO2 Melonjak Lagi, Mobil SUV Diduga Menjadi Sebabnya