Current Issues

Mobil Autopilot Tesla 'Robotaxi' Siap Meluncur Tahun Ini

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 18th 2020

Bukan Elon Musk kalau tidak bikin kehebohan lewat teknologi. Yang terbaru ia mengatakan mobil autopilot yang diberinama 'Robotaxi' siap mengaspal di jalanan tahun ini. 

Sebenarnya kabar bahwa Tesla --perusahan Elon Musk-- akan meluncurkan mobil autopilot sudah lama didengar publik. Namun banyak pihak menyangsikan keberhasilan proyek tersebut. Salah satu alasannya adalah selama ini pun belum ada produsen mobil yang mampu menciptakan mobil dengan sistem autonomy level 5 berdasarkan standar SAE.

Meski demikian, Elon Musk mematahkan anggapan tersebut lewat tweet-nya. Musk mengatakan via Twitter bahwa secara fungsional, Robotaxi akan siap mengaspal pada tahun ini.

Sayangnya Musk maupun Tesla belum mengonfirmasi apakah Robotaxi akan benar-benar dapat berkendara tanpa bantuan manusia. Namun jika melihat Tesla Model 3 --mobil terbaru yang dirilis oleh Tesla-- ada sedikit bocoran soal teknis teknologi yang akan dipakai di mobil tersebut. Yakni adanya kamera yang menghadap ke penumpang mobil dari kaca tengah mobil.

Tesla mengklaim bahwa perangkat kamera itu selama ini belum aktif digunakan. Tapi di Robotaxi, kamera serupa akan berfungsi sebagai semacam sensor yang mengawasi aktivitas penumpang selama mobil berjalan.

Kamera hitam-putih tersebut juga dapat berfungsi sebagai kamera selfie, dan sebagai bagian dari fitur "Caraoke" yang di-install dalam software V10 mobil tersebut.

Belum diketahui persis kapan tepatnya Robotaxi akan dirilis. Namun Elon Musk menyebut bahwa kendala utama jika mobil ini dirilis adalah regulasi yang belum ada untuk mengatur lalu lintas mobil autopilot.(*)

Related Articles
Tech
Lampaui Toyota, Tesla Kini Perusahaan Otomotif dengan Nilai Valuasi Tertinggi

Tech
Petinggi Tesla Akui Elon Musk Berlebihan Soal Label 'Full-Self Driving'

Tech
Tesla Turunkan Harga Jual Model Y untuk Tarik Pembeli Selama Pandemi