Current Issues

Setelah 10 Tahun, NASA dan SpaceX Kembali Terbangkan Manusia ke Luar Angkasa

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 18th 2020

27 Mei akan menjadi hari bersejarah bagi dunia antariksa Amerika Serikat. Pasalnya, setelah hampir 10 tahun lamanya, kini NASA akan kembali meluncurkan manusia ke ISS (International Space Station), dan kali ini dengan kolaborasinya bersama SpaceX dan Boeing.

Logo klasik NASA tercetak di lambung roket Falcon 9 SpaceX. Roket tersebut akan digunakan untuk menerbangkan astronot pesawat Crew Dragon dalam misi yang dinamai "Demo-2".

NASA terakhir meluncurkan pesawat antariksanya ke luar angkasa pada tahun 2011 lalu dan tidak pernah lagi melakukan peluncuran dari bumi hingga sekarang. Dalam penerbangan 27 Mei mendatang, akan ada dua astronot Crew Dragon yang turun dalam misi tersebut.

Jim Bridenstine, administrator NASA mengunggah berita tersebut di media sosialnya pada Jumat (17/04) lalu beserta sebuah lampiran video.

Peluncuran yang akan dilakukan dari Kennedy Space Center di Florida juga menandai titik awal Program Commercial Crew NASA bersama SpaceX dan Boeing. Tujuan utama dari misi ini adalah untuk mengakhiri ketergantungan NASA pada pesawat luar angkasa milik Rusia, Soyuz.

Bob Behnken dan Doug Hurley adalah astronot yang terlibat dalam Misi Demo-2. Sebelumnya, Misi Demo-1 telah dilaksanakan pada tahun 2019 lalu oleh SpaceX dengan menerbangkan pesawat Crew Dragon ke ISS dan kembali lagi ke bumi dengan sukses. NASA dan SpaceX berharap Misi Demo-2 akan menjadi awak baru bagi dunia antariksa.

Jangan lewatkan moment bersejarah ini ya. Oiya, kalian juga bisa mainmain ke fasilitas-fasilitas NASA secara virtual loh: Kunjungi Luar Angkasa Secara Virtual Bersama ‘Go for Flight’ NASA.(*)

Artikel Terkait
Interest
Ada "Dinosaurus" Numpang di Penerbangan Luar Angkasa NASA x SpaceX

Tech
SpaceX dan NASA Akhirnya Berhasil Luncurkan Crew Dragon ke Luar Angkasa

Tech
SpaceX Sukses Luncurkan ANASIS-II, Satelit Militer Korsel ke Orbit Bumi