Current Issues

Jangan Buang Sayur Sisa, Yuk Tanam Ulang Pakai Cara Ini!

Delima Pangaribuan

Posted on April 18th 2020

(ABC)

 
Dibandingkan bahan makanan lain seperti daging, sayur-sayuran jauh lebih murah. Tapi nggak ada salahnya kalau kita menghemat dengan menanam sayur sendiri. Buat menanam sayur, nggak perlu harus punya benihnya kok. Beberapa tanaman bisa ditanam lagi dari sisa yang tidak kita pakai.
 
Coba deh intip dapur mamamu, siapa tahu ada sayur sisa. Yap, dari sayur yang tersisa ini bisa kalian manfaatin lagi buat numbuhin sayur yang baru. Mengutip First For Women, menanam ulang sayur lama ini terbilang gampang dan nggak selalu harus ditanam di luar rumah. Taruh di dalam rumah juga bisa! Asal kena matahari.
 

Cara ini selain bisa menghemat, juga ngebantu mengurangi sisa makanan. Sayang banget kalau masih ada sisa bagian sayur yang nggak kemakan, misal batangnya atau tangkainya. Daripada langsung dibuang, bagian-bagian tertentu bisa ditanam ulang. Selain itu, kita juga jadi punya kegiatan tambahan dengan "berkebun" buat mengisi waktu di rumah. 
 
Masing-masing sayur punya caranya sendiri untuk ditanam ulang. Ada yang bisa ditanam ulang dengan menanam bagian bawahnya doang, atau bagian atasnya aja. Perlakuannya pun beda-beda. Ada beberapa jenis sayuran yang bisa ditaruh di dalam rumah di samping jendela supaya dapat sinar matahari. Tapi beberapa mungkin harus kena sinar matahari langsung sehingga perlu ditempatkan di tanah depan pagar atau halaman rumah.
 
Sayur-sayur yang bisa kita tanam ulang bagian bawahnya antara lain:

- seledri
- selada
- kubis
- daun bawang
- bawang prei
- bawang putih
- daun adas
 
Sementara sayur-sayur yang bisa ditanam ulang bagian atasnya antara lain:
- wortel
- lobak
- buah bit
 
Bagian bawah ini akan menumbuhkan daun yang bisa dimakan.
 
Cara menanamnya sederhana. Siapin gelas kecil atau wadah kecil lain dan potongan sayuran yang mau ditanam ulang. Ambil bagian ujungnya aja, nggak usah banyak-banyak. Kecuali untuk bawang putih, sebaiknya tanam bulat-bulat. Isi gelasnya dengan air sekitar satu inch, kemudian tinggal masukkan potongan sayuran tadi. Tempatkan di lokasi yang kena sinar matahari.
 
Setiap hari, airnya harus diganti. Nanti lama-lama bakal tumbuh akar kecil dari potongan sayur itu. Kemudian pelan-pelan keluar daunnya dan siap dipindahkan ke tanah. Beberapa sayuran kecil, bisa tumbuh juga sayuran barunya. Selamat mencoba! (*)
 
Related Articles
Lifestyle
Hasilnya Bagus Banget! Coba Trik TikTok Ini Biar Alpukat Tetap Segar

Sport
Punya Ponakan Kecil Hobi Sepedaan? Coba Bikinin Indoor Trainer Seperti Ini