Interest

Dukung Self-quarantine, Netflix Tayangkan Gratis 10 Dokumenternya di YouTube

Delima Pangaribuan

Posted on April 18th 2020

Bagi kalian yang tengah melakukan penghematan dengan melakukan unsubscribe Netflix, gak usah sedih. Sebab Netflix kini "menggratiskan" sejumlah kontennya. Bukan konten series yang lagi happening sih, tapi khusus konten yang ada kaitannya sama pendidikan.

 
Tayangan-tayangan ini digratiskan sama Netflix untuk mendukung pembelajaran di rumah. Biar guru punya tambahan bahan kalau mau kasih pelajaran online buat muridnya. Setidaknya ada sepuluh judul tayangan Netflix yang sekarang bisa kita tonton tanpa bayar di channel YouTube resmi mereka. Coba dikepoin, siapa tahu ada yang cocok sama PR-mu.
 
1. 13th (Film)
 

 
Film yang bercerita tentang amandemen konstitusi ke-13 di Amerika Serikat. Film ini juga dikenal dengan nama Ava Duvernay's Oscar. Yap, dia film yang mendapat nominasi dari penghargaan film bergengsi Oscar untuk kategori film dokumenter. Siapa tahu kalian tertarik mengulik sejarah politik AS buat perbandingan di pelajaran kewarganegaraan.
 
 
2. Abstract: the Art of Design (Season 1)
 

 
Film yang menunjukkan bagaimana dunia para designer di balik pameran. Kita diajak untuk mengintip proses merek bikin sebuah desain atau karya dari berbagai inspirasi. Cocok buat pelajaran kesenian atau kerajinan tangan.
 
 
3. Babies (5 episode)
 
Mengisahkan bagaimana kehidupan 15 keluarga dari berbagai belahan dunia dengan bayi mereka yang masih berusia hampir satu tahun. Cocok juga untuk belajar bagaimana tumbuh kembang manusia.
 
 
4. Chasing Coral (Film)
 
 
Film dokumenter yang dibuat oleh seseorang yang menyebut dirinya "coral-nerd", pecinta koral banget. Dia bikin semacam video time lap yang menunjukkan proses terumbu karang yang mulai tercemar sama polusi. 
 
 
5. Explained (7 episode)
 
 
Dokumenter yang diproduksi sama Vox Media Studio, membahas tentang beragam isu dari bidang yang berbeda-beda. Mulai dari politik, sejarah, sains, sampai budaya pop.
 
 
6. Our Planet (Seri dokumenter)
 
 
Kreatornya adalah studio yang juga membuat seri Planet Earth. Terdiri dari delapan bagian, dokumenter ini ngejelasin kehidupan satwa liar di 50 negara dan dipandu sama penyiar sejarawan alam terkenal David Attenborough.
 
 
7. Knock Down The House (Film)
 
 
Film yang diproduksi sama sutradara Rachel Lears, menunjukkan bagaimana berjalannya pemilihan umum kongres di Amerika Serikat pertengahan tahun 2018. Mengambil sudut pandang dari empat perempuan peserta pemilihan kongres.
 
 
8. Period. End of Sentence (Film pendek)
 
 
Menunjukkan bagaimana keseharian sekelompok perempuan yang hidup di daerah pinggiral New Delhi, India. Mereka belajar bagaimana memproduksi pembalut dan memasarkannya.
 
 
9. The White Helmets (Film pendek)
 
 
Mengambil sudut pandang tiga relawan, film ini bercerita tentang kisah mereka selama turun langsung ke Aleppo, Suriah. Juga ke Turki. Mencoba menolong penduduk yang terdampak perang.
 
10. Zion (Film pendek)
 
Bercerita tentang Zion Clark, seorang atlet gulat yang terlahir nggak punya kaki. Keterbatasan itu nggak membuat Zion menyerah pada mimpinya untuk jadi pegulat profesional. (*)
 
Sudah tahu cara dengerin video YouTube sambil buka aplikasi lain? Begini Caranya...
 
Artikel Terkait
Interest
Kebangkitan Situs Streaming di Tengah Pandemi Coronavirus

Interest
Favorit Gen Z Selama Coronavirus: Netflix, iPhone dan Nike

Entertainment
5 Fakta Menarik Tentang 'Downfall: The Case Against Boeing'