Interest

Bosen Binge Watching Series? Cobain 10 Virtual Reality Bawah Laut Keren Ini

Delima Pangaribuan

Posted on April 17th 2020

Angkat tangan yang hobi ke pantai! Lebih-lebih yang biasa diving atau snorkeling. Di tengah harus menjalani self-quarantine seperti saat ini pastinya kalian ngerasa "menderita" karena tak bisa bepergian menjalani hobi itu kan. Tapi tenang dulu. Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan kalian merasakan hobi itu secara virtual.

Ya, masalah kalian ini bisa "teratasi" berkat adanya augmented reality. Yap, selain masalah kerjaan atau pendidikan yang semua serba digital, urusan liburan pun sekarang pindah ke dunia maya. Antonia Wilson dari The Guardian udah nyobain serunya "liburan" dalam pengalaman virtual bawah laut yang bisa mengobati kangen kita sama alam bebas.

Semoga ini gak berlangsung selamanya ya, tapi yang pasti kalian bisa refreshing ala-ala sejenak dengan beberapa virtual experience di bawah laut ini. Gak perlu keluar rumah tapi tetap bisa cuci mata. Biar kegiatannya nggak cuma nonton series atau main medsos aja.

 
1. Terumbu karang
 

 
David Attenborough bikin semacam perjalanan interaktif yang mengajak kita eksplor Great Barrier Reef di Australia. Great Barrier Reef ini merupakan salah satu ekosistem laut dangkal yang paling beragam dengan 1.500 spesies ikan dan 600 jenis koral. Semua hidup berdampingan di karang seluas 133 ribu mil persegi. 
 
Keindahannya juga bisa kita nikmati dengan menu gambar 360 derajat di Google Earth yang disediain sama Ocean Agency. Agensi ini juga yang bikin film dokumenter Netflix soal pencemaran di berbagai ekosistem terumbu karang di dunia.
 

Oiya, ngomongin terumbu karang juga bakal kurang lengkap kalau kita nggak jelajahin negeri sendiri. AirPano menyediakan virtual experience buat kita menjelajah perairan sekitar Pulau Komodo dan Raja Ampat.
 
 
2. Diving bersama lumba-lumba
 
 
Ingin "merasakan" sensasi renang bersama lumba-lumba? Cobain virtual experience buatan Dolphin Swim Club. Mereka juga sebenernya punya google VR yang bisa digunain kalau lagi renang. Lewat google itu kita bisa "melihat" lumba-lumba di dekat kita dan serasa berenang dalam kawanan mereka. 
 
Ada juga Dolphin Project yang punya video 360 derajat, menampilkan perairan Bahama yang banyak lumba-lumbanya. Video serupa juga disediakan sama BBC Earth lewat program Our Blue Planet VR. BBC Earth khusus ngajak kalian berenang bareng lumba-lumba hidung botol dan manta. 
 
 
3. Hutan rumput laut
 
 
Jadi ingat salah satu adegan Spongebob Squarepants sama kerang ajaib, mereka tersesat di tengah hutan rumput laut. Aslinya, penampakan hutan rumput laut ini indah banget, lho. Dan kali ini kita nggak perlu takut kesangkut-sangkut rumput laut ketika diving. Sebab situs pendidikan tentang dunia laut Ocean First Education udah bikinin video imersif yang menampilkan hutan rumput laut Anacapa di California.
 
Hutan ini tepatnya ada di Taman Nasional Kepulauan Channel, California. Mereka juga punya sambungan webcam stream yang menampilkan langsung kondisi terkini perairan tersebut. Ada juga alternatif lain yakni video 360 derajat BBC Earth yang menampilkan hutan rumput laut Norwegia yang berlokasi di Montere Bay, California.
 
 
4. Tur penyu
 
 
Sama seperti paus, penyu juga mamalia yang bisa cukup lama berada di bawah air. Bisa sampai tujuh jam. Penyu yang rata-rata berusia hingga lebih dari 100 tahun, menunjukkan kalau mereka emang makhluk yang tangguh. Kalian bisa sih lihat penyu di penangkaran pinggir laut. Berhubung sekarang keluar rumah aja nggak bisa, sekali-sekali cobain deh berenang bareng penyu.
 
National Geographic punya video 360 derajat yang menunjukkan kehidupan penyu di Buck Island Reef, Virginia, Amerika Serikat. Video ini bahkan udah berusia puluhan tahun karena diproduksi tahun 1961. BBC juga punya video mirip yang menunjukkan kehidupan penyu di perairan Sipadan, dekat Kalimantan. Lokasi yang juga direkam sama AirPano dan bisa kalian nikmati video imersifnya.
 
 
5. Jelajah laut dengan pari
 
 
Balik lagi ke Indonesia. Bagi penyelam dunia, salah satu surga diving ya negeri kita ini. Pari atau manta sering jadi destinasi para pelancong khususnya di Indonesia bagian timur. AirPano punya video 360 derajat yang menampilkan panorama laut Raja Ampat dengan banyak pari berenang ke sana kemari.
 
Discovery Channel juga bikin video khusus untuk mengintip kehidupan pari di Azores, Portugal. Nggak cuma berenang bareng, di sini Dscovery Channel mengajak kita belajar tentang pari dan membedakan berbagai jenis pari yang ada di perairan tersebut. Soalnya banyak penyelam yang masih bingung mana manta, mana devil rays. 
 
 
6. Berenang bersama ubur-ubur
 
 
Waktunya bilang "Berburu ubur-ubur!" ala Spongebob. Ubur-ubur merupakan salah satu makhluk laut yang, meskipun agak berbahaya, tetap terlihat cantik. Sekarang kita bisa menikmati renang bersama ubur-ubur tanpa takut tersengat dengan kandungan garamnya yang tinggi. 
 
AirPano mengajak kita mengeksplor ubur-ubur medusa yang ada di Raja Ampat, dalam bentuk video 360 derajat maupun video imersif. Mau yang lebih jauh lagi? AirPano juga punya video imersif di perairan Jardines de la Reina di Kuba.
 
 
7. Menikmati schooling dan shoaling
 
 
Suka amaze nggak sih lihat ada sekawanan ikan kecil-kecil yang berenang bareng membentuk formasi unik-unik di laut? Kebiasaan ikan-ikan kecil ini disebut "schooling" untuk yang nggak disengaja. Dan ada juga istilah "shoaling" untuk formasi yang disengaja dibuat dalam rangka pertahanan diri.
 
Keindahan ini bisa kita nikmati lewat video 360 derajat AirPano yang menunjukkan kawasan perairan Kaledonia Baru, Pasifik Selatan. BBC juga punya video Attenborough's Blue Planet II yang "nggak sengaja" menangkap sosok barakuda tornado di perairan Sipadan dekat Kalimantan. 
 
 
8. Berenang bersama hiu
 
 
Rasa-rasanya kalau di kehidupan nyata kita bakal menghindari perairan dangkal yang ada hiunya. Tapi dengan video virtual reality ini, kalian bisa bebas menyelam bareng hiu tanpa takut kenapa-napa. Di antaranya lewat video 360 derajat hiu putih di Kepulauan Guadalupe dekat Mexico. 
 
National Geographic juga punya video kehidupan hiu martil di Kepulauan Bahama. Discovery Channel menyediakan video 360 derajat tentang hiu paus. Kalau beruntung, kita bisa lihat hiu secara langsung alias real time lewat kamera pengawas punya Exploreorg yang ditempatkan di Cape Fear, Carolina Utara.
 
 
9. Berburu monster laut
 
 
Buat yang ingin tantangan lebih, yuk coba menyelam lebih dalam lagi. YouTuber Frederic B punya video yang menunjukkan lumayan apik bagaimana kehidupan di perairan yang cukup dalam. Banyak makhluk-makhluk yang jarang kita temui dan mungkin selama ini cuma kita lihat di internet. 
 
BBC Earth juga menyediakan video 360 derajat lengkap dengan narasi yang menampilkan kehidupan perairan dalam di Browning Wall, British Columbia, Kanada. Di sini kalian bisa menemukan gurita raksasa Pasifik, singa laut, sampai belut serigala.
 
 
10. Tur bangkai kapal
 
 
Seru-seru seram. Bangkai kapal kerap jadi lokasi misterius namun eksotis buat dijelajahi sama penyelam. Cuma penyelam profesional sih yang biasanya ke sini. Buat kalian yang penyelam ala-ala, ini saatnya kita mengeksplorasi bangkai kapal di dalam laut lewat tur virtual.
 
Kalian bisa tengok video MS Mikhail Lermontov, da HMNZS Canterburry yang sengaja ditenggelamkan sebagai ekosistem baru bagi makhluk-makhluk laut. Ada juga tur video 360 derajat yang mengeksplorasi SS Thistlegorm di Laut Merah, Timur Tengah. Kapal ini tenggelam pada tahun 1941 akibat bom.(*)
Artikel Terkait
Interest
Siapa Tandingan Asus Zenfone Max Pro M1?

Interest
Daging Iga Sapi Hasil Bioprint 3D Pertama di Dunia, Gimana Sih Bentuknya?

Interest
Biar Nggak Kelihatan Jahat, Lakukan Tips Ini Saat Ingin Putus!