Interest

Rambut Tetap Oke Meski Ngga Bisa ke Salon? Nih 5 Resep Masker Rambut Layak Coba

Delima Pangaribuan

Posted on April 17th 2020

Nggak bisa ke salon selama karantina mandiri? Jangan sedih. Justru ini saatnya kita manfaatkan waktu luang yang banyak buat perawatan rambut mandiri. 

 
Ups, tapi gimana kalau nggak punya masker rambut dan nggak bisa beli juga? Well, masih ada cara buat bikin masker sendiri, kok. Malah bahan-bahannya lebih gampang didapat dan lebih alami, jadi lebih ramah buat kulit kepala dan rambut kita.
 
Proses bikinnya juga gampang banget. Mainmain kasih beberapa resep bikin masker rambut sendiri yang bisa langsung kalian praktekin di rumah, melansir Marie Claire.
 
1. Honey yogurt hair mask

Masker ini cocok buat semua jenis rambut, khususnya buat rambut rusak dan kering. Madu punya sifat menyerap air sementara yogurt punya kandungan vitamin dan protein yang berguna untuk memperkuat rambut. 
 
Cara bikinnya, tuang dua sendok makan yogurt ke mangkok. Lalu, campurkan satu sendok makan madu hangat dan satu sendok makan minyak zaitun di wadah terpisah dan aduk. Campuran ini kemudian dimasukkan ke mangkok isi yogurt tadi dan aduk lagi sampai tercampur dengan sempurna. Balurkan masker ke rambut sambil dipijat-pijat pelan dan biarkan 30-45 menit. Setelah itu bilas.
 
2. Avocado and oatmeal hair mask

Alpukat biasa dipakai sebagai bahan masker wajah, tapi efektif juga buat masker rambut. Alpukat berfungsi menutrisi dan melembabkan. Kandungannya bakal lebih efektif buat rambut jika dicampur dengan sari apel dan pink clay atau oatmeal. 
 
Sari apel mengontrol minyak sehingga bisa mengurangi rambut lepek, dan pink clay punya efek purifying. Kalau nggak punya pink clay, bisa diganti pakai oatmeal.
 
Campurkan alpukat, satu sendok makan sari apel, satu sendok makan oatmeal, dan satu sendok makan daun agave. Bila perlu, tambahkan yogurt kelapa dua sendok untuk menambah ketebalan rambut. Aplikasikan pada rambut setelah keramas yang dikeringkan dengan handuk (bukan hair dryer). Diamkan 20-30 menit, kemudian bilas.
 
3. Moringa magic hair mask
Masih pakai alpukat lagi. Kali ini, alpukat dicampur dengan minyak kelor atau moringa oil dan madu. Alpukat di sini nggak cuma melembabkan, tapi juga efektif buat menutrisi kulit kepala dan mengurangi ketombe. Minyak kelor juga menutrisi kulit kepala dan mencegah kerusakan rambut. Madu menutrisi bagian akar dan membuat rambut lebih kuat.
 
Campurkan minyak kelor dan madu masing-masing satu sendok makan serta satu buah alpukat dalam blender. Setelah diblender sampai benar-benar halus, aplikasikan ke rambut yang bersih dan pijat pelan-pelan. Kemudian tutupi rambut dengan hair cap dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas.
 
4. Moisturizing coconut hair mask
Satu lagi resep untuk rambut kering. Air kelapa punya khasiat melembutkan dan memelihara rambut. Kombinasikan sama bahan minyak zaitun, dan masker ini bakal efektif sebagai antiseptik yang menjaga kulit kepala tetap sehat. Bahan ini juga bisa membuat rambut bergelombang secara alami.
 
Cara bikinnya, campur seperempat gelas air kelapa dan setengah sendok teh minyak zaitun (bisa ditambah buat rambut kering). Sisirkan ke rambut perlahan dari pangkal hingga ujung. Terutama di bagian-bagian yang menurut kalian butuh tambahan moisturizer. Bungkus dengan handuk hangat selama 20 menit, kemudian bilas.
 
5. Spirulina hair mask
Yang terakhir ini agak PR karena mungkin agak sulit mencari bahan utamanya, spirulina organik. Tapi barangkali kamu punya, spirulina organik ini bisa dicampur dengan bahan lain yang lebih mudah didapat seperti lemon dan madu. Spirulina organik sendiri berguna buat menyuburkan rambut.
 
Campurkan satu sendok makan spirulina organik dengan dua sendok makan air perasan lemon atau jeruk nipis, serta setengah sendok makan madu organik. Aplikasikan pada rambut basah setelah keramas, terutama pada bagian kulit kepala. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas. (*)
Related Articles
Interest
Suhu Terasa Terlalu Panas? Berikut Tips Mendinginkan Badan yang Ramah Lingkungan

Interest
Lebih Ramah Lingkungan, Interior Kulit di MINI Bakal Raib

Interest
Kompos Dapat Melindungi Kita dari Keracunan Makanan