Current Issues

Kenali Masalah Tubuhmu dari Lokasi Jerawat dan Cara Mengatasinya

Delima Pangaribuan

Posted on April 16th 2020

(Annmarie Gianni)
 
Nggak pernah menggunakan make-up karena nggak ngantor atau keluar rumah selama berhari-hari (bahkan berminggu-minggu) bukan berarti kita nggak merawat wajah. Soalnya kadang masih ada jerawat membandel yang muncul. Dan sadar nggak sadar, kadang jerawat kita hobi banget munculnya di tempat-tempat itu melulu. 
 
Mengutip Teen Vogue, sebenarnya letak jerawat di wajah itu menandakan ada sesuatu yang nggak beres di tubuh kita. Berbeda lokasi maka beda juga bagian tubuh yang bermasalah itu.
 

Dermatologis asal New York dr. Whitney Bowe bilang kalau berdasarkan prinsip-prinsip Ayuverda, beberapa penyebab jerawat itu bisa karena hormon, stres, kebersihan yang kurang, sampai organ dalam tubuh yang kurang sehat.
 
"Kulit yang baik biasanya diawali dari dalam tubuh. Salah satu bagian yang bisa membuatnya membaca sendiri di mana ada racun atau penyakit, ya dari kulit," jelasnya.
 
Nah, sekarang ayo kita intip beberapa bagian wajah yang sering banget berjerawat dan apa artinya.
 

1. Dahi dan sekitar rambut
Jerawat di area ini bisa disebabkan kita sering pakai topi atau punya poni, yang menyebabkan pori-pori di sekitarnya jadi lembab dan terkena debu-debu dari topi atau rambut itu. Dr. Whitney menambahi kalau produk sampo yang nggak cocok juga bisa jadi salah satu penyebab, karena cairannya bisa menutupi pori-pori dahi kita.
 
Kalau dari dalam tubuh, bisa jadi jerawat di dahi muncul karena kita stres dan lagi banyak pikiran. Kemudian, kulit dahi juga berkaitan sama sistem pencernaan kita. Jadi kalau misalnya lagi stres, jangan malah makan yang berlemak karena otomatis akan menimbulkan jerawat di bagian dahi ini.
 
Rutin pakai pembersih wajah yang mengandung salicylic acid kalau kita lagi stres menghadapi ujian untuk mengurangi risiko jerat (jerawat di jidat).
 
2. Hidung
Ahli kecantikan George the Salon Chicago Lindsey Blondin menyebutkan kalau hidung terhubung sama jantung. Tapi bukan cuma karena ada masalah sama jantung, jerawat di hidung juga bisa muncul karena asupan lemak jahat berlebih. 
 
Kondisi jerawat di hidung bisa dihindari dengan mengurangi makan daging-dagingan dan makanan pedas. Ganti dengan makanan yang mengandung lemak baik seperti buah atau ikan. "Selain itu, karena area ini penuh dengan pori-pori yang lebar, pastikan make-up kita belum kedaluwarsa dan nggak mengandung bahan yang bisa menyumbat pori-pori," imbuh Lindsey.
 
 
3. Di sekitar alis
Dr. Whitney bilang area ini berkaitan sama alergi. Jadi kalau kita alergi sama sesuatu dan efeknya adalah berjerawat, kemungkinan besar jerawatnya bakal muncul di sekitar alis ini. Kasus yang sering terjadi adalah pada orang yang alergi susu sapi. Sebagian orang yang mengalami alergi juga kesulitan untuk mencerna sejumlah zat dan akhirnya menimbulkan jerawat.
 
Karena letaknya di sela-sela rambut alis, barangkali nggak jadi masalah buat yang beralis tebal. Tapi bukan berarti jerawat itu bisa ditimpa sama pensil alis biar nggak kelihatan, ya. Atasi jerawat alis dengan pembersih yang mengandung salicylic acid. Aplikasikan dengan lembut supaya nggak merusak rambut alismu.
 
4. Pipi
Masalah luar yang sering menyebabkan jerawat di pipi bisa macam-macam. Brush yang udah kotor, atau handphone yang udah kotor dan nempel di pipi waktu telepon, masker yang udah dipakai berulang-ulang dan belum dicuci, dan masih banyak lagi.
 
Oiya, dr. Whitney bilang pipi ini ada kaitannya sama paru-paru. Untuk menjaga paru-paru tetap sehat, sering-sering hirup udara yang bersih. Jangan merokok buat yang cowok.
 
5. Dagu dan rahang
Menurut dr. Whitney, jerawat di dua tempat ini berhubungan sama ketidakseimbangan hormon. Bukan sesuatu yang bisa kita kontrol dengan gampang sih, misalnya karena menstruasi. Makanya kenapa kalau pas menstruasi kita cenderung berjerawat (meski nggak selalu di dagu dan rahang aja).
 
Cara untuk menanggulanginya dengan rajin-rajin menjaga kebersihan kulit wajah aja. Terus terapkan pola hidup yang sehat, tidur tepat waktu, minum air putih yang cukup, dan perbanyak makan sayur-sayuran.
 
6. Dekat telinga
Kulit dekat telinga terhubung sama ginjal. Kalau muncul jerawat di situ, bisa jadi kita lagi kekurangan asupan air atau dehidrasi. Banyak-banyakin minum air putih atau makan buah dengan kandungan air tinggi seperti semangka.
 
7. Di sekitar bibir
Salah satu area yang rasanya bakal sebel banget kalau ada jerawat. Cenderung sakit banget dan kalau mau dicuci pun agak repot karena sabun bisa masuk ke mulut. Menuru dr. Whitney, kulit sekitar mulut berkaiitan sama sistem pembuangan. Kalau ada jerawat di sana, kemungkinan kita lagi sembelit.
 
Cara mengatasinya selain dengan bersihin muka, tambah asupan makanan berserat. Jerawat di mulut juga bisa berarti kita alergi sama sesuatu yang mengenai mulut kita. Misalnya pasta giginya nggak cocok. (*)
Related Articles
Interest
Kulit Wajah Kering Saat Puasa? Ini 5 Cara Mengatasinya!

Interest
8 Langkah Bikin Tampilan 'No Makeup Makeup' ala Idol K-Pop!