Interest

Sony Kucurkan Dana Rp 156 M untuk Bantu Industri Game Indie Selama Pandemi

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 15th 2020

Pandemi Covid-19 memang membuat banyak orang mau tidak mau jadi terperangkap di tempat tinggal masing-masing. Gaming pun akhirnya menjadi salah satu aktivitas favorit mereka. Berbagai konsol game, mulai dari Playstation 4, XBox, Nintendo Switch hingga PC menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu.

Meski demikian, kondisi ini tidak serta-merta membuat semua perusahaan game jadi meraup banyak untung selama pandemi. Salah satu pihak yang terkena dampak negatif pandemi adalah perusahaan-perusahaan pengembang game indie.

Berbeda dengan perusahaan pengembang game besar seperti Konami dan Sony, perusahaan game indie sangat bergantung kepada penyelenggaraan festival dan konferensi game memasarkan produk dan mencari investor. Nah, dalam kondisi pandemi seperti saat ini, semua event game praktis ditunda. 

Sebagai bentuk solidaritas sesama pegiat industri game, Sony baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan mengucurkan dana sebesar USD10 juta atau setara Rp 156 miliar (kurs 1 USD= 15.612). Dana itu untuk membantu para pengembang game indie yang mengalami krisis karena pandemi Covid-19 di seluruh dunia.

Ini bukan pertama kalinya Sony mengucurkan dana dalam rangka memerangi penyebaran virus korona. Sebelumnya pada awal April, Sony juga mendonasikan dana sebesar USD 100 juta untuk tenaga kesehatan dan pendidik yang harus bekerja esktra selama pandemi. Sony tidak menjelaskan mengenai rincian dana yang akan mereka salurkan, dan untuk siapa saja dana tersebut akan disalurkan.

Di sisi lain, Sony membuat pengumuman bahwa mereka sebagai bentuk dukungan kepada para pemain Playstation agar tetap di rumah selama pandemi, mereka akan menggratiskan game Uncharted: The Nathan Drake Collection dan Journey di digital store mereka.

Kedua langkah yang diambil Sony tersebut merupakan bagian dari program Play at Home Initiative yang digagas untuk menjaga agar para pemain Playstation tetap patuh tinggal di rumah selama masa pandemi Covid-19.(*)

Related Articles
Tech
PlayStation di Rumahmu itu Ternyata Hanya Dirakit dalam 30 Detik

Interest
Terjawab Sudah Apa yang Bisa Dilakukan Bersama Keanu Reeves di Cyberpunk 2077

Interest
Sony Beberkan Detail Spesifikiasi PlayStation 5, Jadi Kapan Diluncurkan?