Interest

Keren! Pemerintah Indonesia akan Produksi 16 Ribu APD Tiap Hari

Delya Oktovie Apsari

Posted on April 15th 2020

(SWA)

 

Alat Pelindung Diri (APD) menjadi kebutuhan nomor satu para garda terdepan dalam melawan pandemi coronavirus COVID-19. Selama ini, tenaga medis Indonesia masih kekurangan APD dan terpaksa mengenakan jas hujan maupun bahan lain.

Nah, setelah ini, produksi APD diharapkan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari rumah sakit. Pemerintah rupanya akan segera memproduksi APD secara besar-besaran!

“APD sudah bisa diproduksi, bahan baku lokal dengan poliester 100 persen. Didukung oleh Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API),” ujar Ketua Tim Pakar Gugus Tugas COVID-19 Wiku Adisasmito, seperti dikutip IDN Times.

APD buatan dalam negeri ini sendiri diuji coba di Balai Besar Tekstil milik Kementerian Perindustrian. Hasilnya pun telah diakui oleh World Health Organization (WHO).

Rencananya, sebanyak 16.000 APD akan diproduksi setiap harinya. Selain APD, pemerintah juga akan memproduksi masker N-95. Masker ini memang sangat dianjurkan oleh WHO karena mampu menghalau virus hingga 95 persen.

 

 

Namun, pembuatan masker N-95 ini masih dalam tahap pengujian. Menurut Wiku, pemerintah masih butuh waktu 10 hari lagi sampai proses pengujian selesai.

Sebelumnya, Senin (13/4), Presiden Joko Widodo sudah meminta pada jajarannya, supaya tenaga medis Indonesia jangan sampai kekurangan pasokan APD dan ventilator.

"Jangan sampai masih ada yang masih mengeluh kekurangan, ini agar suplainya betul-betul dilihat sehingga tidak ada keluhan di bawah," ucap Jokowi yang ditulis oleh Tempo.

Kurangnya APD merupakan permasalahan serius di Indonesia. Persatuan Dokter Umum Indonesia sampai mengirim surat terbuka kepada Jokowi, yang menyebut sulitnya mencari APD. Selain makin langka, harganya juga naik tajam.

Semoga rencana pemerintah memproduksi APD secara mandiri berjalan lancar, ya! (*)

Related Articles
Interest
Pembatasan Sosial Berskala Besar? Apa Bedanya dengan Karantina Wilayah?

Interest
2 WNI Depok Positif Corona Dirawat di RS Sulianti Saroso

Interest
Cara Membuat Pelindung Wajah Praktis, Unduh Polanya dari Desainer Jepang ini