Interest

Harvard University Tawarkan 67 Kursus Online Gratis

Ferliansyah

Posted on April 16th 2020

(pic: Bloomberg)

Pandemi Coronavirus turut berpengaruh terhadap aktivitas belajar-mengajar mahasiswa. Hampir perguruan tinggi di seluruh dunia meliburkan kegiatan belajar di kampus, dan menggantikannya dengan sistem kuliah online. Alhasil, interaksi belajar mengajar mahasiswa dan dosen hanya bisa dilakukan melalui layar smartphone ataupun laptop.

Tapi, belajar di rumah tidak selalu membosankan kok. Justru sistem kuliah secara online atau Study at Home ini bisa memberikan banyak kesempatan buat kalian untuk menjelajah dan belajar ilmu-ilmu baru secara lebih luas di dunia maya. Bahkan, kalian juga bisa merasakan sensasi belajar di pergurutan tinggi top dunia. Gak percaya?

Baru-baru ini, universitas yang menduduki peringkat 3 dunia dalam The World’s Top 100 Universities, Harvard University, baru saja meluncurkan program terbaru yakni Harvard Online Courses. Itu adalah sebuah program belajar dan kurses online yang dirancang khusus untuk memberikan layanan pembelajaran selama pandemi Covid-19.

Tak tanggung-tanggung, Harvard menyediakan 67 kursus sekaligus yang bisa diakses secara gratis. Bidang kursus yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Seni dan Desain, Bisnis, Ilmu Komputer, Data Science, Ilmu sosial, Kesahatan dan Kedokteran, Program Pendidikan dan Keguruan, Matematika, Pemprograman, hingga penelitian ilmiah. Program kursus ini berlangsung 1 hingga 12 minggu lamanya. Ini tergantung dari tiap jenis bidang ilmu.

Nah buat kalian yang penasaran dan tertarik dengan program ini, kalian bisa langsung meluncur ke laman  https://online-learning.harvard.edu/. Lalu, kalian pilih subject kelas, jadwal, durasi program, dan tingkatan semester yang akan kalian ikutin.

Setelah itu kalian bakalan mendapatkan berbagai topik atau materi yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan dan minat kalian. Kalau sudah tahu pilihan topiknya, tinggal kalian klik Take Course. Lanjutkan dengan mengisi form dan pencet Submit, selesai! Kalian akan menerima balasan email dan serial number untuk kalian ikut kelas tersebut.

Ada banyak program dan sistem pembelajaran menarik yang akan diterapkan oleh Harvard melalui program ini. Topik dan materi pembelajaran yang ditawarkan pun tidak monoton. Harvard telah menyiapkan berbagai topik pilihan yang related dengan masalah/isu sekarang, namun tetap dianalisis berdasarkan sudut pandang ilmiah dan model pembelajaran yang menarik.

Kalian juga akan diajak untuk menganalisis kaitan ilmiah dari berbagai isu serta fenomena, baik yang telah terjadi masa lampau maupun masa kini. Salah satunya melalui model PredictionX, sebuah konsep peramalan ilmiah tentang budaya Tiongkok hingga astrologi modern.

Layaknya berkuliah di Harvard, kalian akan dimanjakan dengan sistem pembelajaran yang simple dan praktis. Di tiap topik dan subyek, Harvard Online Courses juga memberikan layanan pembelajaran yang sangat terstruktur. Mulai dari modul, pengenalan subyek dan topik pembahasan. Tak hanya itu, pengajar di online courses ini juga dosen atau tenaga pengajar professional dari Harvard. Keren kan?

Selain itu, jika kalian merasa layanan kursus ini kurang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kalian, Harvard juga memiliki layanan premium berbayar. Layanan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada kalian agar dapat belajar dan memahami secara lebih spesifik.

Di era sekarang, kegaiatan belajar memang seharusnya bukan lagi sebagai kendala. Kalian bisa belajar dari mana pun, kapan pun, dan mendapatkan kesempatan belajar yang lebih luas. Salah satunya yah lewat program ini. So, Buat kalian yang tertarik, buruan cek dan ikutin segera, sebelum masa program ini berakhir. Goodluck! (*) 

Artikel Terkait
Interest
Pegawai Positif Coronavirus, Pusat Penelitian NASA Wajibkan Kerja dari Rumah

Interest
Yuk Kenali Istilah Seputar Coronavirus, Biar Nggak Panik dan Salah Langkah

Interest
Belajar dari Corona, Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Pandemi Selanjutnya?