Current Issues

Selain Bikin Lembab, Ini Manfaat Lain Kopi Buat Kulitmu 

Cocok Buat Alternatif Skin Care Selama Swakarantina

Delima Pangaribuan

Posted on April 15th 2020


 
Kegiatan karantina mandiri memang memaksa orang-orang untuk berpikir kreatif dan mencari berbagai kegiatan yang nggak bakal bikin bosan. Yang barusan hype adalah membesarkan lengan dengan challenge bikin dalgona coffee. Selain untuk bikin dalgona, ada manfaat lain kopi yang oke buat kulitmu. 
 
Mengutip situs Pinkvilla, dokter dermatologi selebriti dr. Apratim Goel bilang kalau kopi bagus banget buat kecantikan lho. Soalnya dia punya empat manfaat yang ramah untuk kulit dan wajah. (Catatan: kopi hitam asli ya, bukan kopi instan).
 
Hal ini disebabkan ada beberapa kandungan dalam kopi yang ternyata menyehatkan. Ada antioksidan, asam caffeic, dan fenol yang ampuh untuk melawan radikal bebas.

 
Kopi yang diminum memberikan manfaat antioksidan untuk bagian dalam tubuh. Nah, dr. Goel berpendapat bahwa manfaat antioksidan itu juga bisa dirasakan bagian luar tubuh alias kulit kalau diaplikasikan sebagai skin care.
 
Nah, empat manfaat dari kopi ini biasa kita temuin di produk-produk skin care pada umumya, lho. Pertama adalah untuk exfoliating. Bubuk kopi yang nggak mudah larut di air membuatnya jadi bahan yang ideal buat exfoliating kulit. Selain di muka, kopi juga bagus diaplikasikan di area-area yang kering seperti siku dan tumit.
 
Kedua, kopi ampuh buat mengatasi selulit. Nggak ada yang salah dengan selulit, tapi nggak dipungkiri banyak juga yang nggak pede dengan selulit yang terlalu kentara. Kalau ingin mengurangi selulit, maka kopi adalah alternatif yang tepat.

 
Kandungan kopi juga kerap dipakai di krim-krim selulit karena kemampuannya menyamarkan selulit dengan mengeringkan sel-sel berlemak.
 
Manfaat yang ketiga ini lebih cocok buat mama-mama. Kopi efektif sebagai anti-ageing alias bikin awet muda. Minyak biji kopi mengandung collagen dan elastin yang membuat kulit lebih kencang, serta menghilangkan spot-spot hitam dan kerutan. 
 
Untuk kamu yang berkulit kering, maka manfaat keempat ini membuat kopi sebaiknya kamu gunain sebagai skin care. Dia punya fungsi melembabkan dan menenangkan (soothing).
 
Kandungan kopi efektif menekan berkurangnya cairan transepidermal yang membuat kulit lembab. Dia juga punya vasoconstirctor yang berguna menghilangkan kulit kemerahan akibat terlalu kering dan kena panas.
 
Kelima, buat yang berjerawat, kalian juga boleh pakai kopi. Meskipun judulnya melembabkan, sementara kulit kalian sendiri udah lembab banget sama minyak, kopi masih punya kandungan yang cocok untuk tipe kulit kalian. Yakni asam klorogenik dan niacin yang bersifat antibakteri dan anti-inflamasi. 
 
Terakhir, kopi bermanfaat untuk de-puffing, terutama di bagian sekitar mata. Selama karantina mandiri, mungkin kita kebanyakan nonton dan jadwal tidur terganggu karena perubahan gaya hidup yang drastis, berpengaruh ke mata kita yang kering dan jadi berkantong-kantong. Atasi mata bengkak itu dengan depuffing cream yang bisa kita dapatkan juga dari kopi.
 
Nah, sekarang gimana cara pakainya? Nggak sesimpel naburin bubuk kopi ke sekujur kulit, sih.
 
Pinkvilla ngasih beberapa tips meracik skin care kopi sesuai kebutuhan masing-masing. Untuk fungsi melembabkan, campur satu sendok makan kopi dengan satu sendok makan yogurt. Setelah tercampur, baru aplikasiikan ke kulit dan pijat selam lima menit. BIlas dengan air hangat.
 
Kemudian untuk exfoliating, gunakan kopi sebagai masker. Campur dua sendok makan kopi dan satu sendok makan gula, tambahkan beberapa tetes minyak kelapa atau almond. Tinggal balurkan ke bagian kulit yang diinginkan dan diamkan beberapa saat sesuai kebutuhan, lalu bilas.
 
Dengan kondisi pembatasan sosial saat ini, kita nggak mungkin belanja skin care ke luar. Bisa beli lewat online sih, tapi bagi yang mau berhemat maka bisa banget pakai alternatif ini. Di rumah terus bukan berarti kulit nggak keurus, kan? (*)
Artikel Terkait
Lifestyle
Bosan Minum Kopi yang "Itu-Itu" Aja? Coba Bikin Kopi Khas Sejumlah Negara Ini...

Lifestyle
Bosan Dengan Dalgona? Lima Kreasi Kopi Instan Ini Bisa Jadi Pilihan Lain

Current Issues
Asal-usul Dalgona Coffee yang Berawal dari Jajanan Masa Kecil Korea