Interest

Monterey Bay Aquarium Berikan Edukasi Sejarah Lewat Game 'Animal Crossing'

Drian Bintang

Posted on April 15th 2020

Kebijakan memerangi Covid-19 lewat gerakan physical distancing membuat banyak pihak berpikir kreatif untuk menghadirkan yang offline menjadi online. Kebijakan itu berdampak pada banyak hal. Termasuk membuat anak-anak dan para pelajar tidak memiliki pilihan lain selain meliburkan diri dan belajar dari rumah.

Hal ini yang membuat Monterey Bay Aquarium mencoba menghadirkan edukasi lewat game online. Mereka pun menggandeng game yang lagi booming Animal Crossing untuk memberikan edukasi sejarah ke anak-anak.

Caranya, Monterey Bay Aquarium membawa pengetahuan tentang sejarah lewat permainan. Jadi para pemain bisa belajar, sekaligus bermain dalam waktu yang bersaman. Selama ini para pemain Animal Crossing ketika datang ke museum akan disambut oleh Blathers. Dia merupakan karakter burung hantu berwarna cokelat. Dia akan memberikan penjelasan pendek kepada para pemain ketika mereka mendonasikan ikan, serangga, atau fosil yang mereka temukan selama bermain.

Selama ini penjelasan Blathers seperti itu dianggap sangat membantu. Terutama untuk menjelaskan sejarah binatang purbakala yang mana fosilnya ditemukan para pemain dalam game tersebut.

Dalam Animal Crossing sendiri ada puluhan jenis ikan, serangga, dan fosil. Hal inilah yang disammbut oleh Monterey Bay Aquarium untuk memberikan edukasi tentang apa yang ada di museum mereka via game Animal Crossing. Starf Monterey Bay Aquarium akan menggantikan peran Blathers dalam memberikan penjelasan kepada para pemain. 

Eits, tenang saja, kalian tetap akan melihat Blathers kok. Dia tidak akan kemana-mana. Sebab penjelasan yang diberikan oleh para staf Monterey Bay Aquarium itu disiarkan di Twitch.

Mereka menggunakan karakter mereka masing-masing di dalam permainan, dan memandu penonton untuk berkeliling Museum online tersebut. Mereka akan memberikan penjelasan, seolah sedang berada di Monterey Bay Aquarium, yang saat ini sedang tutup.

Sebagai bentuk keseriusannya, pihak Monterey mengundang salah satu pakar yang ahli di bidang fosil. Dia adalah Emily Grasie. Saat ini, perempuan kelahiran Dakota Selatan, Amerika Serikat itu menjabat sebagai Pakar Fosil Lapangan Chicago Museum.

Dia diproyeksikan sebagai sebuah avatar di Animal Crossing yang akan memberikan kalian penjelasan selama video berlangsung. Hal ini tentu diharapkan menjadi sumber pengetahuan bagi anak-anak yang tengah libur panjang yang mulai menjemukan ini.(*)

Related Articles
Current Issues
Dua Pekan Google Dedikasikan Doodle untuk Mereka yang Berjasa Perangi Covid-19

Interest
Baru Sebulan, Nintendo Switch Kembali Keluarkan Update Softwarenya

Interest
Kangen Ngantor? Aplikasi Ini Hadirkan Kebisingan yang Biasa Terjadi di Kantor