Current Issues

Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir? ini Penjelasan Para Ahli

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 14th 2020

Pandemi coronavirus tak kunjung mereda sejak muncul di Wuhan, Tiongkok pada Desember 2019 silam. Jutaan orang di dunia sudah terinfeksi. Angka ini mungkin bertambah jika dunia tak kunjung menemukan solusi. Lalu, kapan berakhirnya pandemi ini?

Untuk sekarang belum ada manusia di dunia yang bisa memastikannya. Meski demikian, banyak spesialis penyakit dan peneliti yang mengatakan bahwa di masa lalu bahwa sebuah pandemi biasanya akan berakhir dalam rentang waktu antara 12 hingga 36 bulan.

Contonya pandemi flu babi yang disebabkan virus H1N1 pada 2009 lalu. WHO menyatakan status pandemi pada Juni 2009. Kemudian vaksin ditemukan pada September, dan siap digunakan kepada semua orang pada Desember 2009. Pandemi flu babi dinyatakan berakhir pada Agustus 2010.

Namun sayangnya, tidak semua pandemi bisa dihadapi dengan skema yang sama seperti pandemi penyakit lainnya. Sebab setiap virus memiliki pola penyebaran dan sifat yang berbeda-beda.

"Menurut dugaan saya Covid-19 akan terus menjadi ancaman bagi manusia selama tahun 2020. Kita mungkin baru akan melihat perubahan pada 2021. Pada saat itu kita sudah memiliki vaksin, dan memiliki lebih banyak pengalaman dalam menangani penyakit ini," bilang dr Rishi Desai, Chief Medical Officer dari Osmosis

Peneliti vaksin setidaknya membutuhkan waktu 18 bulan hingga dua tahun untuk bisa menemukan vaksin yang paling efektif. Kabar baiknya adalah, saat ini para peneliti sedang mengembangkan vaksin yang diujicobakan kepada manusia dan binatang sekaligus.

Spesialis penyakit infeksi dari Westmed Medical Group, New York, dr Sandra Kesh mengatakan, rumor virus corona akan mati dengan sendirinya saat musim semi belum bisa dipastikan kebenarannya. Saat ini, pata ahli belum memiliki bukti valid apakah temperatur dan cuaca dapat mempengaruhi penyebaran virus ini. Ia menambahkan bahwa perubahan cuaca cenderung tidak memiliki dampak terhadap virus-virus jenis baru.(*)

Artikel Terkait
Current Issues
Menilik 5 Wabah Terparah Sepanjang Sejarah dan Bagaimana Mereka Diakhiri

Current Issues
Ilmuwan: Covid-19 Hanya Awal dari "Era Pandemi"

Current Issues
Pindah Lagi, Kini Titik Pusat Pandemi Covid-19 Berada di Brasil