Current Issues

Asal-usul Dalgona Coffee yang Berawal dari Jajanan Masa Kecil Korea

Delya Oktovie Apsari

Posted on April 14th 2020

 

Mulai dari Twitter, Instagram sampai TikTok, semua orang berlomba-lomba memamerkan dalgona coffee buatan mereka sendiri.

Beberapa menggunakan kopi instan, ada juga yang memakai bubuk kopi. Untuk mengaduknya bisa memanfaatkan hand mixer, tetapi banyak pula yang menantang dirinya dengan mengocok menggunakan tangan cukup lama, berulang-ulang. (Baca juga: Ikutan Tren Bikin Dalgona Coffee? Nih Dia 3 Tips Anti Gagal, Sudah Teruji!)

Sebenarnya, dalgona di Korea Selatan bukanlah hal baru. Dilansir dari South China Morning Post, dalam Bahasa Korea, dalgona disebut sebagai ppopgi. Ppopgi sendiri adalah permen gula jajanan masa lalu yang populer di Negeri Ginseng. Sehun 'EXO' pun turut teringat pada jajanan ini ketika mengikuti tantangan dalgona coffee. (Baca juga: Intip Kocaknya Sehun 'EXO' & Ahn Bo Hyun 'Itaewon Class' Bikin Dalgona Coffee!)

"Ketika aku masih kecil aku ingat ada bapak-bapak tua yang menjual snack ini," kata Kenny Hong Kyoung-soo, co-founder Cafe Cha di Seoul.

"Aku memakannya hampir setiap hari sepulang sekolah. Mereka sangat murah, hanya (dibuat dari) gula dan air, dan rasanya sangat manis, lalu akhirnya pahit."

Permen gula dalgona ini sangat populer di Korea pada tahun 1970 dan 80an, sebelum McDonald's merambah negara tersebut di tahun 1988.

Hong bercerita, permen gula tersebut dibuat setelah perang Korea (1950-1953), gara-gara tentara Angkatan Darat Amerika Serikat membagikan permen kepada anak-anak Korea. Nah, para orang tua jadi ingin juga memberi hadiah semacam itu kepada anak-anak mereka, tetapi mereka tidak punya uang. Akhirnya, mereka membuat permen versi mereka sendiri.

Dalgona versi jajanan Korea ini dibuat dengan mencampur gula dan air, lalu memanaskannya hingga warnanya berubah jadi agak kuning. Lalu ditambahkan baking soda setelah terurai dan karbon dioksidanya terlepas. Gula yang sudah dicairkan ini akan mengembang dan mengeras, sehingga renyah ketika dikunyah.

 

 

Dalgona waktu itu di jual di jalan-jalan Korea dengan motif yang bermacam-macam di tengahnya, seperti hati dan bintang. Tujuannya adalah supaya orang yang membeli dalgona, bisa memakan bagian luarnya tanpa merusak motif di tengahnya.

 

 

"Semua orang Korea punya ingatan yang sama tentang ini, jadi kami ingin memperkenalkan dalgona ke orang Korea dan lainnya melalui minuman," jelasnya.

Menurut Hong, dalgona berbeda dengan rasa karamel yang manis saja. Dalgona terasa manis di awal namun pahit di akhirnya, sehingga dalgona sangat cocok dikombinasikan dengan teh susu.

"Setiap budaya punya teh susunya masing-masing. Inggris menggunakan gula, Taiwan menggunakan sirup, dan aku menggunakan dalgona."

Berbeda dengan bubble tea yang hanya menarik perhatian kaum muda di Korea, minuman dalgona juga diminati orang-orang tua, karena mereka jadi mengenang jajanan masa kecil mereka.

Challenge dalgona coffee berawal di bulan Januari 2020, ketika aktor Jung Il Woo menunjukkan cara membuat minuman ini dalam sebuah acara televisi di rumahnya.

"Kamu bisa menemukan resepnya di YouTube, tapi dia (Jung Il Woo) membuatnya dengan kopi mix instan, ditambah gula dan air, lalu diaduk sampai menjadi foam," kata Hong.

Hong menambahkan, ia senang orang-orang akhirnya mengenal dalgona coffee. Tak hanya di Korea, tetapi juga negara-negara lain. Ia pun ingin memberi edukasi pula tentang bagaimana cara membuat dalgona yang sesungguhnya. (*)

Related Articles
Entertainment
Intip Kocaknya Sehun 'EXO' & Ahn Bo Hyun 'Itaewon Class' Bikin Dalgona Coffee!

Current Issues
On This Date: 14 Februari 2005, YouTube Bermula dari Situs Kencan Online

Current Issues
56 Tahun Lalu June Almeida Menemukan Coronavirus, Tapi Sosoknya Dilupakan