Interest

7 Tips dari Ahli untuk Mewarnai Rambut ala Idol K-Pop di Rumah!

Delya Oktovie Apsari

Posted on April 14th 2020

 

#DiRumahAja selama pandemi bukan berarti hidupmu bakal membosankan, lho. Kamu bisa eksperimen hal-hal yang mungkin belum pernah kamu coba. Salah satunya, cat rambut sendiri supaya mirip idol K-Pop! Well, tips ini sebenarnya bukan hanya untuk penggemar K-Pop saja. Non Kpoppers juga bisa, kok!

Dalam wawancaranya bersama Teen Vogue, hair designer Soonsiki dari Soonsiki Hair in Seoul menyebut kalau warna rambut natural seperti cokelat dan cokelat terang memang sempat ngetren di Korea Selatan beberapa tahun lalu.

"Tetapi sekarang semuanya adalah tentang bleaching (pemutihan rambut) dan menambahkan warna-warna lucu sebagai cara mengekspresikan dirimu. Orang nggak takut lagi dengan warna," ujar Soonsiki.

Kalau kamu masih bingung apa mana warna rambut idol K-Pop yang ingin kamu tiru, kamu bisa coba warna-warna yang bikin para idol ini makin disayang fans-nya!

 

Fiery Red - Joy Red Velvet

 

Copper Red - Jisoo BLACKPINK

 

Hot Pink - Chanyeol EXO

 

Faded Pink - Rose BLACKPINK

 

Hot Orange - G-Dragon BIGBANG

 

Pale Orange - Seulgi Red Velvet

 

Ice White - RM BTS

 

Mint Green - Dahyun TWICE

 

Mermaid Green - Nancy MOMOLAND

 

Avatar Blue - IU

 

Acid Blue - Ahn Yujin IZ*ONE

 

Lavender - Hani EXID

 

Ash Grey - Moonbyul MAMAMOO

 

1. Sesuaikan dengan bentuk wajah dan warna kulit

Sebelum memilih warna rambut, Soonsiki menyarankan supaya memahami dulu warna rambut apa yang bakal cocok dengan bentuk wajah dan warna kulitmu.

"Dan bagaimana itu bakal memengaruhi penampilanmu sehari-hari, termasuk gaya makeup dan pakaianmu. Mungkin mewarnai rambut bakal membuatmu berani mencoba penampilan yang sangat berbeda," katanya.

 

2. Perhatikan warna serta kondisi rambut

Alex Brownsell, founder Bleach London yang bekerja sebagai stylist Gucci, berkata bahwa pewarnaan rambut punya reaksi berbeda-beda.

"Jadi itu mungkin nggak bakal tampak seperti gambar yang ada di box-nya atau foto referensi yang kamu punya," jelas Brownsell.

Ia mencontohkan, warna yang vivid dan gelap seperti fiery red lebih mudah dicapai bagi rambut yang warna naturalnya hitam. Karena, setelah bleaching, warna rambut akan menjadi golden blonde, dan itu merupakan dasar sempurna untuk membuat warna merahnya tampak lebih intens.

"Tampilan finalmu bakal tergantung dari warna dan kondisi rambutmu saat ini, kemampuan penyerapan rambut, panjang, ketebalan, serta perawatan warna yang sebelumnya kamu lakukan," ucapnya.

 

3. Lakukan strand test terlebih dahulu

Strand test adalah proses mewarnai hanya pada sedikit bagian rambut. Strand test penting dilakukan karena kamu bisa mengetahui bagaimana respon rambutmu terhadap suatu produk. Kalau responnya buruk, kamu bisa menggunting bagian rambutmu yang diwarnai saja. Ini bakal sangat membantu daripada kamu mewarnai seluruh rambut, dan ternyata nggak cocok, sehingga kamu harus memotong pendek rambutmu.

"Kalau (setelah strand test) kondisi rambutmu jadi rapuh atau gummy, manfaatkan waktu (social distancing) ini untuk mengistirahatkan rambut dan fokus pada perawatan," kata Brownsell.

 

4. Ini yang kamu butuhkan sebelum mewarnai rambut

Ketika mewarnai rambut sendiri di rumah, kamu harus berhati-hati dengan pakaian yang kamu kenakan, karena besar kemungkinan cat rambut tersebut akan mengenai pakaianmu, dan nodanya sulit sekali dihilangkan.

Maka dari itu, Brownsell menyarankan untuk mengenakan kaus lawas yang sudah jarang dipakai ketika mengecat rambut.

"(Kamu juga membutuhkan) beberapa cermin, sehingga kamu bisa melihat bagian belakang kepalamu, atau minta tolong orang di rumah yang bisa membantumu," tambahnya.

Biasanya ketika membeli produk cat rambut, sudah termasuk sarung tangan, sikat dan tub. Tetapi kamu juga bisa membeli alat-alat ini secara online jika membutuhkan lebih.

"Siapkan semua produkmu dan kamu bisa langsung mengecat rambut. Jangan lupa gunakan timer ponsel supaya kamu bisa memerhatikan waktu."

 

5. Hati-hati saat prosesnya

Bila sedang di salon, Brownsell akan melakukan bleach pada rambut ke warna yang paling terang.

"Kemudian kami menggunakan toner untuk menetralkan warna-warna kasar sebelum menerapkan warna pilihanmu. Rambut dalam kondisi baik sebelum bleach lebih disukai, dan rambut yang belum pernah dicat sama sekali itu sangat ideal," paparnya. Brownsell menambahkan, mewarnai rambut di rumah memiliki proses serupa.

Sementara itu, Soonsiki menyarankan agar tidak keramas dulu sebelum mewarnai rambut, karena minyak di kulit kepala bisa menjadi pelindung terhadap bahan kimia dalam produk.

"Oleskan Vaseline atau lotion pada garis rambut dan juga telingamu untuk melindungi kulitmu. Setelah membaca instruksi dalam produk cat rambut dengan hati-hati, periksa apakah bahan-bahannya tercampur dengan baik. Pewarna bereaksi lebih cepat terhadap suhu yang lebih hangat, jadi ingat untuk mengoleskan pewarna ke ujung rambutmu terlebih dahulu, dan akar terakhir.”

Hair designer Jongsu dari salon Seoul Jennyhouse yang merupakan favorit idola K-Pop, mengingatkan juga untuk memerhatikan warna rambut beberapa saat setelah pewarnaan.

“Periksa warna rambut Anda setelah 15 hingga 20 menit, dan setelah mendiamkan pewarna dalam waktu yang disarankan, cuci rambut menggunakan sampo. Saat mencuci rambut, pastikan kamu mencucinya secara merata, jika tidak, warna rambut bisa berbintik-bintik.”

 

6. Jangan lupa merawat rambut

Bila sudah berhasil mengecat rambut, kamu harus merawat rambutmu supaya sehat. Soonsiki biasanya merekomendasikan kliennya untuk melakukan masker rambut sebelum keramas.

"(Masker rambut) mulai dari kulit kepala yang kering sampai keujung. Gunakan masker rambut ini selama 20 menit, dan lakukan ini sekali atau dua kali seminggu. Kemudian cuci dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Lakukan perawatan lagi, tunggu 10 menit dan bilas dengan air dingin."

 

7. Buat sendiri perawatan rambutmu

Perawatan rambut juga bisa kamu buat sendiri secara alami. Menurut Soonsiki, protein adalah kunci untuk menjaga kesehatan rambut.

Siapkan satu kuning telur, tiga sendok makan mayones dan satu sendok makan madu. Kamu juga membutuhkan topi khusus rambut, sarung tangan serta kuas atau sisir.

"Campur semua bahan sampai kental. Oleskan air ke rambutmu, kemudian tambahkan bahan-bahan yang sudah mengental tersebut ke ujung rambut menggunakan sikat atau sisir. Bungkus rambut menggunakan topi dan biarkan selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air dingin." (*)

Artikel Terkait
Interest
Dari Baekhyun 'EXO' sampai Jihyo 'TWICE', ini 7 Skincare Routine Idol K-Pop!

Korea
Deretan Lagu KPop English Version yang Sayang Kalian Lewatkan

Korea
Inilah 15 Artis KPop dengan Follower Terbanyak di Spotify