Interest

Hindari Penularan Coronavirus ke Driver Online, Antar Barang lewat Robot

Drian Bintang

Posted on April 13th 2020

Starship Technologies memiliki ide cemerlang untuk mempersempit kemungkinan penularan coronavirus. Mereka mengusulkan mengganti driver online pengantar barang dan makanan dengan robot. Teknologi mereka itu kini sedang diuji coba di Milton Keynes, Inggris.

Sebenarnya masa uji coba ini sudah dilakukan sejak lama. Yakni, ketika kedua CEO perusahaan itu --Janus Friss dan Ahti Heinla-- punya ide meluncurkan robot yang bisa mengantarkan makanan. Robot itu sendiri awalnya dibuat dengan fungsi hanya mendinginkan minuman.

Nah, ketika diuji coba di Milton Keynes, kebetulan pemerintah setempat mulai menggalakan imbauan untuk melakukan physical distancing. Dari situlah mereka kemudian membuat aplikasi 'Deliveroo-Style Starship Deliveries'. Aplikasi ini yang menghubungkan warga dengan robot-robot kecil berwarna putih yang dibuat Starship Technologies. Sampai saat ini, sudah ada sekitar 200 ribu warga di sebuah area permukiman di Milton Keynes yang sudah dilayani oleh robot milik Starship.

Wali Kota Milton Keynes Sam Crooks menjelaskan, dia juga melakukan pendataan atas penemuan baru perusahaan yang bergerak di dunia robotik itu. Dia menjelaskan, kebanyakan yang menggunakan aplikasi tersebut merupakan para anak muda di Milton Keynes.

"Memang banyak sekali yang pakai, sebab ini kan sebuah penemuan baru. Sampai sekarang ada beberapa yang sudah menjadi pelanggan setia meskipun jumlahnya tidak sebanyak ketika pertama kali diluncurkan," jelasn Wali Kota pada seperti dikutip dari The Guardian.

Sam juga menjelaskan, warganya tidak menganggap physical distancing dan karantina sebagai sebuah bercandaan semata. Hampir sebagian besar dari mereka sudah enggan pergi ke luar rumah, kecuali terpaksa.

Nah, keberadaan robot delivery dari Starship ini justru memudahkan warga. Sebab mereka benar-benar tidak perlu keluar rumah sama sekali. "Jadi orang-orang bisa memesan sesuatu dan diambil, tanpa harus keluar rumah sama sekali," tukas Wali Kota yang memiliki penduduk 210 ribu orang itu.

Tidak hanya memudahkan para warga, robot dari Starship ini juga memudahkan para pengirim barang yang ada di Milton Keynes. Misalnya Royal Mail Delivery yang menjadi penyedia jasa delivery yang paling digunakan di Milton Keynes, maupun di seluruh Inggris Raya.

Sejak adanya pandemi, banyak karyawan Royal Mail yang protes. Mereka enggan mengirim paket-paket yang dianggap tidak penting karena takut terpapar Coronavirus. Akhirnya mereka banyak yang mengajukan cuti dan izin sakit. Oleh karena itulah Royal Mail kini sedikit terbantu dengan adanya robot-robot putih lucu itu.

Sementara itu, pihak Starship memastikan bahwa semua pekerja manusianya terlindung dari berbagai penyakit. Meskipun mereka bergerak di bidang robotik, namun tetap ada kerja-kerja manusia di belakangnnya.  Starship sudah menerapkan SOP (standar operational procedure) pada mereka yang hendak bekerja. Mereka juga mengecek robot-robot itu secara berkala, agar robot itu juga steril dari virus atau kuman berbahaya. Wah enak ya, bagaimana kalian tertarik memilik robot ini untuk minta tolong beli kopi? (*)

Related Articles
Interest
Disiplinkan Warga agar Diam Di Rumah, Robot Dalek Lakukan Patroli di Inggris

Interest
Hadapi Pandemi Covid-19, Begini Cara 8 Masjid Besar Dunia Beradaptasi

Interest
Inggris dan India Susul Negara Lain Lockdown untuk Atasi Coronavirus