Entertainment

On This Day: BTS Jadi Artis KPop Pertama yang Tampil di SNL

Delima Pangaribuan

Posted on April 13th 2020

Kalau biasanya Mainmain ngomongin sejarah yang sudah belasan atau puluhan tahun lalu, sekarang kita bahas sejarah yang baru terbentuk setahun lalu, guys. Tepat tanggal 13 April 2019, BTS tampil di Saturday Night Live dan mereka jadi boy group KPop pertama yang muncul di acara ini.

 

Seeperti yang dilansir Esquire, BTS disebut mencetak sejarah karena merupakan idol KPop pertama yang perform di SNL. Meskipun sebelumnya sudah ada PSY yang punya lagu Gangnam Style juga diundang. Bedanya, PSY enggak tampil.
 
Dalam edisi yang menjadikan BTS bintang tamu, Emma Stone bertindak sebagai host dan dia sendiri merupakan fans KPop. Jadi nggak heran kalau Emma cukup heboh ketika memperkenalkan BTS lewat SNL kepada audiens di seluruh Amerika Serikat.
 
Esquire menilai penampilan BTS di SNL ini merupakan sejarah. Karena untuk pertama kalinya publik Amerika Serikat dan negara-negara Barat umumnya mengidolakan sekelompok cowok dalam satu grup, format yang biasa mereka temukan di boyband Western zaman lawas, tapi sekarang datang dari negara Asia.
 
Fans bahkan rela mengantre dan nungguin berjam-jam di luar studio demi menonton BTS yang tampil sebentar di SNL.
 
Dukungan buat BTS di acara ini juga ditunjukkan oleh fans di seluruh dunia. Lewat media sosial Twitter, ARMY kompak melambungkan tagar #BTSxSNL yang langsung memuncaki trending. BTS membawakan dua lagu dalam acara itu, Boy With Luv dan Mic Drop yang waktu itu memang lagi booming banget di Amerika.
 
Penampilan BTS di SNL ini juga masuk jajaran video performance comeback BTS yang paling banyak ditonton. Dengan jumlah viewers 24 juta di YouTube. Nomor empat setelah comeback Black Swan di The Late Late Show, serta IDOL dan ON di The Tonight Show with Jimmy Fallon.
 
Salah satu yang bikin penampilan mereka memorable adalah gaya rambut. BTS tampil dengan warna rambut yang berbeda-beda. Kata warganet sih, biar gampang ngebedain yang mana.
 
Audiens Amerika kan suka susah ngebedain para member kalau belum kenal. Jadi kalau pas melihat performance itu mereka tertarik sama salah satunya, tinggal tanya aja "Itu yang rambut ungu namanya siapa?", begitu.
 
Dalam show ini pun BTS mengundang co-writer lagu hits mereka Boy With Luv, Melanie Fontana. Melanie juga ikut menulis lagu Mikrokosmos. 
 
Menurut Melanie, BTS merupakan grup yang spesial karena nggak takut untuk menggunakan melodi yang feminin bercampur dengan maskulin, seperti yang kita dengarkan di lagu Boy With Luv. "Mereka tidak ragu menggunakan apa yang biasa disebut orang sebagai melodi feminin, karena mereka membuatnya jadi style mereka sendiri," ungkap Melanie kepada Billboard.
 
Kangen sama performance mereka? Cek lagi deh videonya di YouTube. (*)
Artikel Terkait
Entertainment
Pesan Haru BTS untuk ARMY di #HomeFest The Late Late Show with James Corden

Entertainment
BTS "Boy With Luv" Berhasil Mengalahkan Rekor BLACKPINK!

Entertainment
Kenapa 'Black Swan' BTS Bikin Nagih di Telinga? ini 'Racikan' Rahasianya