Interest

Deretan TikTok Para Tenaga Medis di Tengah Penatnya Melawan Coronavirus

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 12th 2020

Tenaga medis sedang berada di garda paling depan untuk melawan pandemi coronavirus. Jumlah pasien yang belum berkurang yak menyurutkan semangat mereka untuk berperang melawan virus ini. Dengan seluruh usaha, mereka selalu memberikan yang terbaik untuk merawat dan menyembuhkan. Selain itu, mereka lupa melepas penat dengan bermain TikTok.

Tanda pagar #PahlawanGardaDepan di aplikasi tersebut dibanjiri lebih dari 240 juta video yang dibuat oleh para tenaga medis yang eksis, serta apresiasi masyarakat atas jasa mereka. Yuk, kita intip keseruan sejumlah tenaga medis di aplikasi TikTok!

Eh, eh, Sampai Jatuh Face Shield-nya …

Tiga tenaga medis lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD) tetap bisa main TikTok . Walaupun lelah karena delapan jam tanpa makan dan minum, mereka tetap berusaha untuk melayani para pasien semaksimal mungkin. Tapi jika sudah di akhir jam jaga atau ada waktu luang, asyik banget deh jogetnya! Malah saking hebohnya face shield-nya sampai jatuh lho!

Video TikTok ini di-upload di akun @chyndistevanny dan sudah ditonton lebih dari 260 ribu kali lho. Akun tersebut juga sering upload video TikTok di rumah sakit dengan perawat lainya.

Berasa di Film Titanic

Mungkin karena terlalu bosan dan stres, beberapa perawat ini mengubah ranjang rumah sakit bak kapal Titanic. Lengkap dengan dua orang yang melakukan pose khas film tersebut. Pedayung dengan sapu dan alat ukur, dan pendorong ranjangnya. Seru banget nih!

Video TikTok ini di-upload di akun @jennylefont dan sudah ditonton lebih dari 260 ribu kali lho. Yuk langsung klik buat nonton!

8 Jam Belum Makan

Perjuangan seorang tenaga medis memang harus banget diapresiasi. Seperti salah satu tenaga medis di Sulawesi Selatan, ia bertahan selama 8 jam nggak makan untuk merawat pasien coronavirus. Akhirnya ia bisa makan walaupun hanya sebuah wafer coklat. Makan juga bukan urusan mudah lho jika masih dalam APD. Terlihat di videonya ia harus membuka lubang pada maskernya lalu dengan hati-hati mulai makan.

Video TikTok menyentuh hati ini di-upload di akun @selviana dan sudah ditonton lebih dari 3,1 juta kali lho! 

Cha-cha Slide!

Empat tenaga medis asal luar negeri ini jago banget nge-dance deh! Dengan music “Cha-cha Slide” mereka dengan kompak melakukan gerakan secara lincah. Ahli kesehatan sekaligus ahli nge-dance juga!

Video TikTok ini di-upload di akun salah satu dokter dalam video tersebut, @drjcofthedc dan sudah ditonton lebih dari 3,4 juta kali lho! Video-video TikTok di akun tersebut juga sering melibatkan tenaga medis lain untuk seru-seruan.

Melepas APD Gak Sembarangan Lho!

Dengan lagu TikTok “Nope, Yup!” seorang perawat memperagakan cara melepas sarung tangan dan masker yang benar. Lepas sebelah sarung tangan dengan menarik bagian telapak sarung tangan. Jangan langsung dibuang. Dengan tangan yang sudah bebas, lepas sebelah sarung tangan dari bagian dalam lalu tarik hingga membungkus sarung tangan yang sudah lepas terlebih dulu. Baru deh buang ke tempat sampah.

Melepas masker juga gak boleh sembarangan! Lepas masker dari tali masker dan jangan pegang bagian depan masker. Setelah melepaskan sarung tangan dan masker, segera gunakan hand sanitizer. Baru deh bisa menyentuh benda lainnya.

Video TikTok satu ini di-upload di akun @gexrus dan sudah ditonton lebih dari 2,5 juta kali. Bisa dijadikan contoh bagaimana cara melepas masker atau sarung tangan yang benar!


Feeling Good, Like I Should --

Kamu bikin TikTok pakai lagu 'Sunday Best'? Para tenaga medis ini juga tidak mau kalah lho! Mereka beramai-ramai melakukan gerakan TikTok lagu ini dengan kompak. Asyik banget ya?

Video TikTok ini di-upload di akun @nursekala dan sudah ditonton lebih dari 480 ribu kali. Hayo, bisa tidak bikin TikTok sekompak mereka?

Main Musik Pakai Tabung Oksigen

Tak ada alat musik tabung oksigen pun jadi. Dengan alunan musik kecapi tradisional, dokter satu ini dengan ekspresif memainkan tabung oksigen seperti memainkan alat music aslinya. Menghayati banget!

Video TikTok ini di-upload di akun @dr.helmi dan sudah ditonton lebih dari 30 ribu kali. Ada yang mau meniru mungkin?

Oh Nanana!

Kali ini di Yorkshire, Inggris. Sejumlah perawat yang terlihat berada di dekat mobil ambulans, dengan lincah menari sesuai lagu TikTok. Mereka melompat dengan kompak dan terlihat riang gembira.

Video TikTok satu ini di-upload di akun TikTok @leckington dan sudah ditonton 410 ribu kali lho!

APD Terbatas, Semangat Tanpa Batas!


Lagi-lagi keterbatasan APD membuat tenaga medis harus menggunakan jas hujan sebagai baju pelindungnya. Tapi hal ini tak bikin mereka sedih. Bahkan mereka masih bisa riang dan main TikTok!

Video TikTok yang di-upload di akun @isnaynithy ini sudah ditonton lebih dari 500 ribu kali lho. Yuk berikan bantuan ke pada mereka jika kita mampu!

Fashion Show ala Dokter dan Perawat

Layaknya model profesional yang berlenggok di panggung catwalk, para tenaga medis ini juga bisa lho! Walaupun dengan seragam medis, mereka tetap bergaya layaknya model sungguhan lho.

Video TikTok satu ini di-upload di akun @maximedlb dan sudah ditonton lebih dari 2,1 juta kali. Keren banget kan? 

Nah, itu dia sederetan video TikTok yang dibuat oleh tenaga medis. Untuk mengapresiasi jasa mereka, kalian bisa juga lho membuat video TikTok berisi ucapan terima kasih! Jangan lupa sertakan #PahlawanGardaDepan ya!

Tapi yang paling penting adalah tetap berada di rumah. Hal itu membuat kita secara tidak langsung membantu memutus penyebaran coronavirus dan meringankan beban tenaga medis. Yuk tetap stay at home. Selalu jaga kesehatan ya!(*)

Related Articles
Interest
5 Challenges Lucu di TikTok yang Bisa Kalian Bikin Bareng Teman-Teman

Interest
8 Ide Kado Buat yang Berulang Tahun pada Masa Self-quarantine

Interest
Ke Dapur Yuk! Cobain 5 Resep ala TikTok yang Gampang Ditiru Ini