Interest

Google Update Maps-nya untuk Permudah Cari Layanan Kesehatan Online

Drian Bintang

Posted on April 12th 2020

Berbagai perusahaan ternama berusaha mempermudah warga untuk mencari layanan kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini. Google pun demikian. Mereka menambahkan fitur untuk mencari layanan kesehatan yang bisa diakses di rumah saja dalam Google Maps-nya.

Banyaknya daerah atau negara yang melakukan lockdown membuat masyarakat semakit susah untuk mengakses layanan kesehatan.Untuk mempermudah warga yang melakukan karantina, Google berinisiatif untuk membawa layanan kesehatan ke rumah para pengguna. Caranya dengan memperbarui informasi yang ada di Google Maps.

Biasanya, Google Maps hanya menyediakan beberapa informasi yang mempermudah penggunanya untuk menentukan jadwal mereka berkunjung ke tempat itu. Baik itu rumah sakit (RS), restauran, pusat perbelanjaan, dan lainnya. Selain lokasi, informasi tambahan tersebut meliputi, sampai jam berapa fasilitas tersebut buka, pelayanan apa saja yang mereka sediakan, danĀ  suasana lokasi di dalam fasilitas tersebut.

Kini mereka memberikan sedikit update kepada penyedia layanan kesehatan. Tidak hanya alamat dan jam buka, Google Maps juga tersedia pengetahuan bagi mereka yang ingin mengakses layanan kesehatan dari fasilitas tersebut secara online. Tentunya, jika fasilitas tersebut memiliki layanan online yang diberikan. Jika tidak, informasi tersebut tidak akan keluar di tabel informasi dari fasilitas yang ada di Google Maps.

Tidak hanya itu, jika kalian mencari 'immidiate care' alias penanganan secara cepat, Google tidak hanya memberikan rekomendasi pelayanan rumah sakit atau puskesmas terdekat saja. Nantinya, Google juga akan memberi kalian tambahan informasi beberapa aplikasi atau website yang bisa kalian akses dari rumah.

Sehingga penanganan bisa segera dilakukan sekali pun kalian berada di rumah. Seperti yang kita tahu, sudah banyak aplikasi layanan kesehatan yang bisa diunduh di handphone kalian masing-masing. Nah, Google akan menautkan aplikasi tersebut yang bisa kalian install dan akses secepatnya.

Kedepannya, Google ingin berkoordinasi dengan Apple. Mereka ingin berkolaborasi untuk memberikan layanan terpadu secara online bagi para penggunanya tentang Covid-19.

Bersama-sama, mereka ingin membuat sebuah tracker yang bisa mendata seberapa banyak virus mematikan ini menyebar di sekitar penggunanya. Kabar bahagia ini, masih belum dijelaskan secara persis kapan akan dikeluarkan di iOS maupun Android. Jadi kalian tunggu saja ya!(*)

Related Articles
Current Issues
Awas Jangan Sembarangan! Ini 3 Cara Bersihkan Ponselmu dari Coronavirus

Tech
Sejumlah Negara di Eropa Mulai Pakai Teknologi Pelacakan Covid-19 Google x Apple

Interest
Tak Hanya Nyawa, Pandemi Covid-19 Juga Bisa Bunuh Privasi