Interest

Apple dan Google Bikin Alat Tracing Covid-19 Pakai Smartphone

Faanissaa

Posted on April 12th 2020

Dua raksasa teknologi bekerja sama menggunakan kerangka kerja berbasis Bluetooth untuk melacak penyebaran infeksi Covid-19 tanpa mengorbankan privasi lokasi. Itulah yang tengah dilakukan Google dan Apple.

Sejak covid-19 menyebar ke seluruh dunia, para ahli teknologi memang mengusulkan menggunakan smartphone dalam melacak infeksi. Nah pada Jumat (10/4) lalu, Google dan Apple mengumumkan proyek bersama yang sangat langka. Keduanya akan membuat landasan bagi aplikasi pelacakan kontak berbasis Bluetooth.

Nantinya aplikasi ini bisa bekerja di iOS maupun Andorid. Rencananya, pertengahan Mei nanti mereka berencana untuk merilis API atau Application Programming Interfacepem yang bisa dimanfaatkan oleh aplikasi milik organisasi kesehatan masyarakat.

Aplikasi tersebut akan melacak apakah pemilik ponsel (berbasis iOS ataupun Android) telah melakukan kontak dengan seseorang yang kemudian ternyata telah terinfeksi Covid-19. Dari sana si pemilik ponsel bakal mendapatkan peringatan. Setelah diperingatkan, pengguna itu kemudian dapat mengisolasi diri atau menjalani tes.

Yang terpenting, Google dan Apple mengatakan sistem tidak akan melibatkan pelacakan lokasi pengguna atau bahkan mengumpulkan data pengenal apa pun yang akan disimpan di server. Jadi, keresahan akan pemanfaatan data pribadi bisa diatasi.

Mengutip dari situs resmi Apple, setelah membagikan API-nya ke publik untuk dimanfaatkan aplikasi milik organisasi kesehatan, Apple dan Google kemudian akan mengaktifkan platform penelusuran kontak berbasis Bluetooth. Hal ini perlu dilakukan secara luas untuk membangun keterlibatan publik.

Menurut mereka membagikan API saja kurang mendorong banyak orang untuk berpartisipasi. "Privasi, transparansi, dan persetujuan adalah yang paling penting dalam upaya ini, dan kami berharap dapat membangun fungsi ini dengan berkonsultasi bersama pemangku kepentingan yang tertarik. Kami akan secara terbuka mempublikasikan informasi tentang pekerjaan kami untuk dianalisis orang lain," tulis Apple dalam rilisnya.(*)

Secara garis besar, fungsi dari teknologi tracing yang dibuat Google dan Apple itu nanti seperti ini:

Related Articles
Interest
Apple Luncurkan Aplikasi dan Situs untuk Deteksi Dini Covid-19

Interest
Google Update Maps-nya untuk Permudah Cari Layanan Kesehatan Online

Interest
Google Pantau Aktivitas Physical Distancing via Situs Ini