Entertainment

Cerita Billie Eilish Hadapi Komentar Buruk tentang Tubuhnya

Delya Oktovie Apsari

Posted on April 12th 2020

The Jakarta Post

 

Penyanyi 'Bad Guy', Billie Eilish memang kerap bersuara seputar topik body image. Dalam interview-nya bersama Dazed, Billie membicarakan tentang standar ganda yang disematkan pada remaja perempuan soal cara berpakaian.

Billie memulainya dengan bercerita soal komentar-komentar buruk yang ia dapatkan tahun lalu, setelah adik dari Finneas ini mengunggah foto dirinya mengenakan tank top. Billie sendiri memang dikenal jarang mengenakan pakaian 'terbuka', karena ia sering tampil dengan kaus dan celana pendek longgar.

"Aku melihat komentar-komentar seperti, 'Berani-beraninya dia ngomong tentang nggak mau dijadikan (objek) seksual dan mengenakan ini?!'" ujar pemenang Grammy Awards tersebut.

Anak dari aktris Maggie Baird dan aktor Patrick O'Connell ini juga menyebutkan komentar-komentar ofensif yang ia dapat, setelah mengunggah foto mengenakan baju renang saat liburan.

"Itu trending. Ada komentar-komentar kayak 'aku nggak suka dia lagi karena begitu dia berusia 18 she's a wh*re'. Like, dude. I can't win. I can-not win."

Sebelumnya, dalam sebuah iklan Calvin Klein, Billie mengungkap alasan di balik gaya pakaiannya yang selalu oversized. "Orang-orang nggak bisa beropini karena mereka belum lihat apa yang ada di dalamnya. Orang-orang nggak bisa kayak, 'dia slim-thick', 'dia nggak slim-thick', 'pantatnya rata', 'pantatnya besar'. Nggak ada yang bisa ngomong kayak gitu karena mereka nggak tahu."

Melanjutkan wawancaranya dengan Dazed, Billie menuturkan bahwa ia sudah lama kesulitan berurusan dengan body image. Bahkan, ada saat-saat di mana ia merasa tidak mengenali dirinya sendiri.

"Bukannya aku nggak suka (tubuhku) sekarang, aku cuma mikir aku agak OK dengan itu."

Billie pun setuju bahwa seharusnya nggak masalah meskipun ia mengenakan pakaian longgar maupun pakai bikini, karena nggak ada pakaian yang merupakan 'undangan' untuk harassment.

"I can't stress it enough. Aku cuma mengenakan apa yang ingin kupakai. Kalau ada hari di mana aku kayak, 'You know what, aku merasa nyaman dengan perutku sekarang, dan aku ingin menunjukkan perutku,' aku harusnya boleh melakukan itu." paparnya. (*)

Related Articles
Entertainment
Billie Eilish Histeris Ketika Lagu Justin Bieber yang Satu Ini Rilis

Interest
Love Yourself ala Tara Basro

Portrait
Becky G, Musisi Muda Inspiratif yang Vokal tentang Isu-isu Sosial