Entertainment

Lirik Lagu Hey Jude yang Ditulis Tangan Paul McCartney Laku 910 Ribu US Dolar

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 12th 2020

Tulisan tangan Paul McCartney yang berisi lirik lagu Hey Jude laku terjual dengan harga US$ 910 ribu atau sekitar Rp 14,3 miliar pada sebuah pelelangan online.

Lembaran kertas bertuliskan lirik lagu 'Hey Jude' tersebut digunakan McCartney pada sesi perekaman di London's Trident Studios pada Bulan Juli, 1968 silam.

Item langka ini awalnya dilelang dengan harga pembukaan US$ 160 ribu. Penjualan naskah lirik Hey Jude tersebut diselenggarakan oleh Rumah Lelang Julien's demi memperingati 50 tahun bubarnya band legendaris Rolling Stone pada Jumat (10/04)

Item-item langka lain yang dilelang antara lain komponen drum yang digunakan The Beatles pada Tur Konser Amerika Utara, tepatnya di San Fransisco's Cow Palace tahun 1964 (US$ 200.000), gambar Bagism John Lennon dan Yoko Ono (US$ 93.750), naskah shooting video Hello Goodbye dengan catatan tangan John Lennon dan George Harrison (US$ 83,000) serta asbak Abbey Road milik Ringo Starr (US$ 32.500).

Selain itu, pelelangan tersebut juga melego panggung asli yang dulu digunakan The Beatles dalam penampilan publik pertama mereka pada 14 Mei, 1960. Waktu itu band ini tampil dengan nama The Silver Beats.

Rangkaian papan kayu tersebut diambil dari England's Lathom Hall, Liverpool. "Latar perkelahian fenomenal yang melibatkan pemain bas original The Beatles, Stu Sutcliffe." Demikian keterangan yang dibubuhkan pada panggung tersebut.

Panggung kayu tersebut laku terjual di harga US$ 25.600, jauh melampaui harga pembukaan sebesar US$ 10.000.

"Panggung bagi penampilan pertama Fab Four's ini bukan hanya merupakan artefak paling luar biasa yang pernah diperdagangkan dalam sejarah The Beatles, tapi juga dalam sejarah permusikan," terang Martin Nolan yang melelangnya, lewat sebuah pernyataan yang dirilis untuk publik.

"Kami dengan bangga mempersembahkan set panggung yang melatari penampilan awal dari band rock 'n' roll terbaik sepanjang masa, bersamaan dengan barang-barang menakjubkan lain yang memancarkan 'sihir' bagi para Beatlemania."

Sebelum lelang online tersebut dimulai, Jason Watkins, spesialis musik dari Rumah Lelang Julien's mendeskripsikan bahwa tulisan tangan Paul McCartney tersebut ditulis secara terburu-buru sebelum rekaman lagu Hey Jude pada 1968.

"Ini (Hey Jude) adalah lagu yang sangat ikonik dan familier dengan semua orang," terang Watkins. "Tulisan tangan tersebut menjadi arahan mereka saat merekam lagunya."

Pelelangan yang digelar Julien's harusnya berlangsung di Hard Rock Cafe di Times Square, New York. Namun karena pandemi Covid-19, pelelangan tersebut dialihkan menjadi pelelangan online.

 

Related Articles
Hobi
Gitar Unplugged Kurt Cobain Akan Dilelang. Harga Pembukaan Rp 14,9 Miliar

Interest
Hadapi Pandemi Covid-19, Begini Cara 8 Masjid Besar Dunia Beradaptasi

Interest
On This Date: 10 April 1912, Titanic Memulai Perjalanan Perdana Menuju Kematian