Interest

"Hogwarts is Here" Ajak Kamu Belajar Online di Sekolah Hogwarts

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 12th 2020

Para Potterhead di penjuru dunia tentu saja pernah, setidaknya sekali seumur hidup, berharap mendapat kiriman surat undangan untuk bersekolah di Hogwarts. Tentu saja ini cita-cita yang tidak realistis. Sebab Sekolah sihir Hogwarts hanya ada dalam serial Harry Potter karangan J.K. Rowling. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi informasi, hal itu menjadi sangat mungkin. Sekarang kita bisa belajar di Hogwarts secara online.

Sekelompok fans berat Harry Potter mendirikan 'Hogwarts is Here' sejak 2014 silam. Semacam jaringan sosial untuk para Potterhead. Baru-baru ini mereka merilis fitur baru. Fitur tersebut memungkinkan para pemilik untuk mengikuti kelas sihir di Hogwarts. Persis dengan kelas yang dulu pernah diambil Harry Potter cs dalam ceritanya.

"Sekelompok fans Harry Potter yang kreatif dan penuh semangat bersatu untuk menciptakan social network dunia sihir online. Agar ribuan fans lainnya di seluruh dunia dapat berkumpul bersama. Selamat datang di Hogwarts is Here" tulis mereka. 

Dengan membuat akun di web ini, penggemar Harry Potter bisa memilih asrama mana yang ingin mereka masuki : Gryffindor, Slytherin, Ravenclaw atau Hufflepuff. Mereka juga dapat mengakses berbagai kelas pelajaran sihir. Mulai dari pelajaran kelas satu hingga kelas tujuh, seperti transfigurasi, sejarah sihir, dan pertahanan terhadap ilmu hitam. Bahkan tersedia silabus khusus dan bahan bacaan untuk kelas yang diambil. Ditambah dengan materi kuis, ujian, dan tugas menulis esai sungguhan.

Bagian terbaik dari fitur terbaru ini adalah, para pemilik akun dapat berinteraksi dengan pemilik akun lain saat mereka bersantai di ruang rekreasi asrama masing-masing. Bis ajuga berkunjung ke Desa Penyihir Hogsmeade, dan menonton quidditch dari Stadion Quidditch di Hogwarts. Tidak hanya menjadi murid, pemilik akun Hogwarts is Here juga dapat memilih menjadi karakter lain: seperti hantu asrama, auror, pakar satwa gaib, atau lainnya. 

Perlu ditegaskan bahwa fitur ini masih baru dan berada dalam tahap pengembangan. Sehingga dalam masa physical distancing seperti sekarang server Hogwarts is Here kemungkinan belum sanggup menampung terlalu banyak 'siswa baru' di saat bersamaan. Para Potterhead di balik situs ini kini bekerja keras memperbaiki web kesayangan mereka tersebut.

"Jumlah para penyihir yang online di situs ini sungguh menakjubkan. Tapi kami belakangan ini mendapat sedikit kendala. Kami sedang memperbaiki server kami untuk menghadapi traffic yang lebih ekstrem. Karena semakin banyak orang yang bergabung, tampilan web kami akan semakin melambat pada akhir pekan ini," jelas mereka.

Sebagaimana cerita aslinya, para pemilik akun akan memperoleh poin asrama untuk setiap tugas yang dikerjakan dengan baik di kelas. Kursus penyihir online ini juga membiarkan para pengguna akunnya mengeksplorasi semua materi sesuai keinginan mereka masing-masing, tanpa batasan waktu tertentu.(*)

Related Articles
Interest
J. K. Rowling Rilis "The Ickabog", Cerita Monster di Negeri Cornucopia. Gratis!

Hobi
Versi Beta Game "Hary Potter: The Magic Awakened" Diluncurkan 29 Mei

Entertainment
'Fantastic Beast 3' Akan Munculkan Kembali 2 Karakter Klasik 'Harry Potter'