Current Issues

Ilmuwan Oxford Klaim Vaksin Covid-19 Akan Siap September Mendatang

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 12th 2020

Banyak ahli kesehatan yang berpendapat bahwa vaksin Covid-19 baru akan ditemukan setidaknya 18 bulan lagi. Namun seorang profesor dari Oxford bernama Sarah Gilbert membuat pernyataan mengejutkan. Profesor vaksinologi yang terlibat dalam pembuatan vaksin tersebut mengatakan bahwa vaksin Covid-19 pertama akan siap digunakan pada musim gugur mendatang, atau Bulan September 2020.

Sejauh ini, angka korban Covid-19 telah mencapai jumlah 1,7 juta orang, dengan 100.000 kasus kematian di seluruh dunia. Profesor Sarah Gilbert yang memimpin tim pembuatan vaksin Universitas Oxford mengaku ia 80 persen yakin vaksin ciptaan timnya akan berhasil melindungi penggunanya dari Covid-19.

"Aku yakin ada peluang tinggi bahwa vaksin ini akan berhasil, berdasarkan hasil penelitian kami sejauh ini dengan tipe vaksin yang kami kerjakan. Ini bukan hanya firasat, karena setiap pekan, kami selalu memiliki data acuan baru," ungkapnya kepada The Times.

Profesor Gilbert dan timnya ingin mempercepat proses uji coba vaksin tersebut untuk memotong waktu 18 bulan yang dibutuhkan. Dengan bantuan para sukarelawan uji coba yang berasal dari daerah yang tidak terdampak karantina wilayah, ia akan dapat memperoleh hasil yang lebih efisien.

"Jika wilayah tersebut (wilayah asal sukarelawan) memiliki riwayat transmisi virus yang masif, maka kami dapat menemukan relawan penderita Covid-19 lebih cepat, dan inilah strategi utama dalam mempersingkat waktu," ujar Profesor Gilbert.

"Karantina wilayah membuat proses ini sulit dilakukan. Tapi kami juga tidak mengharapkan imunitas kelompok pada tubuh sukarelawan. Kami perlu sukarelawan yang terpapar (virus) langsung untuk menguji coba kemanjuran vaksin ini," imbuhnya.

Profesor Gilbert mengaku, target selesainya vaksin di Bulan September hanya bisa tercapai jika semua langkah berjalan dengan sempurna. Meski, dia mengingatkan, timnya tidak menjamin semuanya akan demikian.

Pemerintah Inggris menggelontorkan jutaan poundsterling untuk riset pembuatan vaksin siap pakai, dan tim yang dipimpin Profesor Gilbert sedang berunding dengan pemerintah agar mempersiapkan proses produksi vaksin sebelum hasil akhir pembuatan vaksin mereka keluar.

"Kami tidak ingin distribusi vaksin ini terlambat karena produksi vaksin ini tidak dimulai sebelum hasil akhir vaksin selesai dikerjakan," tutup Profesor Gilbert. Keyakinan klaim Profesor Gilbert didukung banyak pihak yang mengatakan bahwa tim Oxford sangat profesional dalam pekerjaan mereka.

Brendan Wren, profesor patogenesis mikroba dari London School of Hygiene and Tropical Medicine mengatakan bahwa tim vaksinolog Oxford merupakan salah satu yang terbaik di seluruh dunia. "Mereka dapat melakukan uji coba dan evaluasi sukarelawan vaksin covid-19 dengan cepat. Tidak mengherankan jika September mendatang, mereka sudah memperoleh sukarelawan vaksin yang sukses", terangnya. 

"Meski vaksin tersebut tidak terbukti efektif, hasil riset mereka akan menjadi pelajaran sangat berguna bagi pengembangan vaksin covid-19 berikutnya, begitu pula dengan vaksin-vaksin antivirus dan antibakteri lainnya di masa mendatang," pungkas Profesor Wren.(*) 

Related Articles
Current Issues
Pemilik Mesin Cetak 3D Bersatu Bikin Face Shield Gratis untuk Tenaga Medis

Current Issues
AstraZeneca Siap Produksi Jutaan Vaksin Potensial Covid-19 Mulai September

Current Issues
Vaksin Covid-19 dari Oxford Kemungkinan Hanya Berhasil 50 Persen, Kenapa ya?