Entertainment

Aktor-aktor Terkenal Ini Ternyata Belum Pernah Menang Oscars

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 11th 2020

Dalam dunia seni peran, Piala Oscarss merupakan salah satu penghargaan paling prestisius yang bisa dicapai seorang aktor. Jangankan memperoleh, menjadi nominatornya saja sudah cukup membanggakan bagi sebagian orang.

Tak jarang penganugerahan Piala Oscars diwarnai isak tangis haru saat aktor yang memperolehnya menyampaikan pidato singkat di atas panggung kepada para pendukung dan kolega-koleganya di dunia perfilman. Oscars seolah menjadi penanda suksesnya kerja keras seorang aktor di dunia seni peran.

Meski demikian, hal tersebut tidak lantas berarti bahwa semua aktor dengan bakat dan penampilan yang luar biasa pernah menerima penghargaan ini. Nyatanya, ada beberapa, bahkan banyak aktor yang sebenarnya pantas, namun tidak pernah kebagian Piala Oscars. Siapa saja mereka? Berikut kami rangkumkan untuk kalian!

 

1. Oscar Isaac

Oscar Isaac (foto:indiewire.com)

Seolah menambah ironi, aktor dengan nama Oscar ini justru belum pernah meraih penghargaan Oscars. Oscar Isaac yang cenderung selektif memilih film yang ia perankan, pernah tampil di film-film seperti "Balibo", "The Two Faces of January", "Drive", "Ex-Machina", bahkan "X-Men : Apocalypse" dan "Star Wars : The Force Awakens".

Oscar juga sukses tampil di beberapa acarai  TV seperti "Show Me a Way" yang membuatnya meraih penghargaan Golden Globe. Tapi, tetap saja, bukan penghargaan Oscars. Meski demikian, Oscar Isaac tetap dikenal sebagai aktor ulung dengan spektrum peran yang sangat beragam sepanjang kariernya. Ia setidaknya pernah memerankan 20 karakter dengan latar belakang negara asal yang berbeda.


2. Edward Norton

Edward Norton (foto:biography.com)

Edward Norton sudah memerankan sangat banyak film sepanjang kariernya. Pilihan film yang ia perankan sepanjang kariernya membuatnya dikenal banyak orang. Ia pernah dinominasikan untuk tiga penghargaan Academy.

Peran pertamanya di film 'Primal Fear' direspons kritikus dengan pujian. Setelah itu, selama 2 dekade kariernya, ia memilih untuk hanya tampil di film-film tertentu. Selain "Primal Fear", ia pernah berperan di film "Fight Club", "The Illusionist", "Birdman" dan "American History X"


3. Kevin Bacon

Kevin Bacon (foto:biography.com)

Tahun 2007 lalu, The Guardian menjuluki Kevin Bacon sebagai 'Aktor 'Terbaik yang Tidak Memenangkan Oscars". Kenyataan bahwa Bacon belum pernah memenangkan satu Piala Oscars pun cukup mencengangkan. Ia pernah berperan di film "Apollo 13", "Sleepers", "Mistyc River",  "The Woodsman", "A Few Goodman" dan "The River Wild".


4. Will Smith

Will Smith (foto:biography.com)

Will Smith dijuluki sebagai "aktor paling powerful di Hollywood". Kariernya sebagai aktor mencakup berbagai peran yang amat beragam. Film-film yang diperankannya sering kali mencerminkan kehidupan dan problematika yang kerap mengisinya, sebut saja "Independence Day", "Ali", "I am Legend", "Men In Black" dan "The Pursuit of Happiness".

Kemampuan akting Will Smith memang tidak ada duanya, meski ia sudah dua kali diungguli oleh aktor senior yang menjadi mentornya dalam penghargaan Oscars, yaitu Denzel Washington dan Forrest Whittaker. Meski demikian, Will Smith tetaplah aktor idola bagi sebagian orang!


5. Ralph Fiennes

Ralph Fiennes (foto:biography.com)

Aktor berkebangsaan Inggris ini pernah diungguli Tommy Lee Jones dalam nominasi penghargaan Oscars pada tahun 1994. Fiennes kerap tampil sebagai karakter antagonis dalam beberapa film yang ia perankan, seperti "The Constant Gardener", "Quiz Show", "A Bigger Splash" dan yang paling terkenal, yaitu sebagai Lord Voldemort di serial "Harry Potter".

Fiennes, yang merupakan jebolan dari Royal Academy of Arts bukan hanya dikenal karena penampilannya di film-film mainstream, tapi juga penampilan panggung yang menakjubkan.


6. Tom Cruise

Tom Cruise (foto:nusabali.com)

Tom Cruise ibarat anak emas dalam industri film Hollywood. Ia dikenal sebagai superstar Hollywood, berkat kemampuan aktingnya yang memukau selama 3 dekade. Filmografinya diisi judul-judul film yang laris seperti "Top Gun", "Magnolia", "A Few Good Men", "Minority Report" dan tentu saja serial "Mission Impossible" yang legendaris.

Tom Cruise juga terkenal karena selalu memerankan seluruh adegan berbahaya tanpa bantuan stuntman, membuktikan kredibilitasnya sebagai aktor. Meski demikian, dari 3 kali dinominasikan, ia tidak pernah memperoleh Piala Oscars sekali pun.


7. Jake Gyllenhaal

Jake Gyllenhaal (foto:biography.com)

Jake Gyllenhaal mungkin adalah aktor yang paling underrated di industri perfilman Hollywood. Sebelum ia terkenal lewat perannya sebagai 'Mysterio' di film "Spiderman: Far from Home", Gyllenhaal pernah memerankan film "Nightcrawlers", "Love and Other Drugs", "Demolition". "Enemy", "October Sky" dan "Jarhead".

Meski tidak pernah mendapat, bahkan dinominasikan untuk Oscars, Gyllenhaal tak diragukan lagi tetap merupakan salah satu aktor terbaik yang dimiliki Hollywood saat ini.


8. Johnny Depp

Johnny Depp (foto:wikipedia)

Tanpa diragukan lagi, Johnny Depp adalah aktor paling andal Hollywood karena kemampuan mengadaptasinya yang ulung. Penampilannya yang sangat berbeda antara satu film yang ia perankan dengan film lainnya adalah salah satu daya tariknya sebagai aktor.

Ia sempat tiga kali dinominasikan untuk Oscars lewar film "Pirates of Carribean: Curse of the Black Pearl", "Finding Neverland" dan "Sweeney Todd: Demon Barber of Fleet Street". Spektrum peran yang sangat beragam membuatnya memiliki fanbase yang sangat besar, sekaligus menjadikannya aktor berbakat Hollywood yang paling ngenes karena tidak kunjung mendapatkan Oscars.(*)


Related Articles
Entertainment
Rilis Film Disney Kembali Ditunda, Kali Ini Sampai Satu Tahun

Entertainment
Hollywood Bisa Kembali Produksi Film Mulai 12 Juni

Entertainment
3 Film yang Kalian Tunggu Ini Terpaksa Ditunda Akibat Pandemi Covid-19