Interest

Termasuk Les Gitar dan Fotografi, ini 7 Kelas Online Gratis Buat #dirumahaja

#dirumahaja tetapi bukan #diemAja, meski di rumah kita harus tetap produktif

Insani U.J

Posted on April 12th 2020


Video call
se-genk sudah pernah. Maraton film juga sudah. Olahraga pun sudah. Tapi sehari rasanya lama banget karena #dirumahaja. Untung saja di ujung dunia sana ada orang-orang baik yang mau membagikan kelas online gratis. Bukan kelas matematika, apalagi fisika. Kelas-kelas online di bawah ini adalah kelas fun yang bisa mengasah bakat atau pun hobimu.

Melansir DigitalTrend, setidaknya 7 link ini bisa kamu akses secara gratis!

Belajar Gitar

Tak masalah kalau kelas online dari Fender Guitar tak sepenuhnya gratis. Yang penting selama tiga bulan ke depan produsen gitar yang sudah eksis sejak 1946 itu memberi kelas online secara cuma-cuma. Syaratnya, selama kamu masih termasuk 1 juta pendaftar pertama. Makanya buruan!

Silahkan akses di sini.

Pertajam Bakat dan Kreativitasmu

Kali ini free-trial dari Skillshare. Kalau Fender Guitar kasih tiga bulan, maka kelas online yang diisi oleh pelatih-pelatih terbaik dunia ini memberi jatah gratis selama dua bulan. Mereka berupaya mendukung gerakan di rumah aja.

Di Skillshare, kamu bisa belajar menulis fiksi, edit foto, sampai desain grafis. Sebagaimana yang ditulis oleh Skillshare di blog mereka. Kalau kamu mau daftar, kamu perlu klik "apply" dan kamu wajib mengisi beberapa pertanyaan terkait dirimu.

Nantinya, tim Skillshare akan menyeleksi berdasarkan minat pendaftar. Di blog Skillshare tertulis kalau kelas gratis ini bakal dibuka sampai April 2020 meski tak tertulis tanggal berapa berakhir.

Silahkan akses di sini.

Belajar Motret

Jatuh cinta banget sama fotografi tetapi mau join seminar lagi pada tutup? Nikon adalah jawaban. Perusahaan kamera kondang itu lagi buka kelas foto gratis sepanjang bulan April ini. Kabar yang lebih baiknya, kelas gratis mereka berlaku buat semua tingkat. Dari yang masih belajar cara pegang kamera sampai yang motret pemandangan biar bisa jadi wallpaper.

Silahkan akses di sini.

Kamu Hobi Masak?

Chef Christopher Kimball yang mengisi acara America’s Test Kitchen yang bakal jadi pelatihmu di kelas masak online Milk Street Cooking School. Seperti kelas-kelas di atas, kelas kali ini juga gratis. Cuma kamu harus gerak cepat lantaran yang tertulis kelas gratis ini dibuka selama April 2020 saja. Lumayan kan, bulan depan setidaknya kamu sudah bisa masak kue tanpa buka-buka buku resep.

Silahkan akses di sini. 

Berkebun

Hobi memang nggak melulu genjreng gitar, atau meliuk-liukkan pinggang. Jangan lupa, berkebun juga bisa jadi hobi yang melepaskan stres. Karena membuat tanaman tumbuh subur tak semata-mata dikubur di tanah, ada trik dan apa saja yang perlu diperhatikan.

Untunglah kelas menanam online gratis pemberian Oregon State University hadir. Mereka memberi nama kelas ini Vegetable Gardening and Master Gardener, kelas ini juga dibuka sepanjang April 2020 nanti kamu diajarin cara menyiapkan tanah, rotasi tanaman, hingga pemupukan.

Silahkan akses di sini. 

Kursus Pemberian Universitas Harvard

Kampus terbaik di dunia itu nggak pelit member kelas online gratis ke warganet. Enaknya lagi, kalau kamu masih bingung apa yang kamu inginkan, Harvard bakal bantu kamu menemukan minatmu. Di sana pilihannya banyak. Mau mendalami pola pikir Shakespeare, bisa. Mau belajar jadi pengusaha, bisa. Mau berkilas balik ke tahun 1800-an pun bisa. Ingat, kelas dari mereka juga gratis.

Silahkan akses di sini. 

Belajar Bahagia

Bahagia kok pakai diajarin? Jangan salah, justru perasaan bahagia ada ilmunya dan ilmu ini disebut The Science of Well-Being. Kelas ini suguhan Universitas Yale, Connecticut yang bakal membimbing kamu untuk membangun kebiasaan baik dan produktif sehingga memunculkan rasa bahagia.

Silahkan akses di sini. 

Sekarang sudah nggak suntuk lagi kan? Jika sedang di rumah dan tak tahu mau apa lagi, langsung klik link di atas yang menarik buatmu ya. Selamat mencoba dan jangan lupa menjaga kesehatan!(*)

Related Articles
Interest
Diterima di Harvard, Ini Dia Kebiasaan Maudy Ayunda Yang Bisa Kamu Tiru!

Interest
Harvard University Tawarkan 67 Kursus Online Gratis

Current Issues
Semester Depan, Harvard Mulai Kuliah Tatap Muka Tapi Batasi 40 Persen Mahasiswa