Interest

Selama Self-quarantine di Rumah, Rawat Kendaraanmu dengan 5 Tips Ini

Kemara Gumilang

Posted on April 11th 2020

Selama menjalani self-quarantine di tengah pandemi Covid-19 ini kendaraan kesayangan kalian tentu tak terlalu banyak kepakai. Dan kita juga tidak akan tahu pandemi ini sendiri bakal berakhir kapan. Oleh karena itu, ada baiknya kalian mulai melakukan perawatan kendaraan kalian sendiri.

Sebab jika terlambat melakukan perawatan, bisa jadi nanti kondisi kendaraanmu tak akan optima digunakan. Nah berikut tips merawat kendaraan sendiri dari rumah.

Perawatan Mobil

1. Pastikan mobil diparkir di area yang aman dan tertutup, jika memang tidak memiliki parkir tertutup, maka tutuplah mobil. Hal Ini akan mampu melindungi mobil dari kotoran burung atau sinar matahari yang dapat merusak cat.

Penting juga untuk menghilangkan dedaunan dan bunga jika mobil berada di tempat parkir terbuka karena bunga dan dedaunan merupakan tempat berkembang biaknya bakteri. Pastikan juga Anda membersihkan bagian dalam secara menyeluruh. Jangan meninggalkan sampah apa pun di dalam mobil hal tersebut memungkinkan meninggalkan bau busuk dan bahkan menarik perhatian tikus untuk mampir.

2. Pastikan untuk memelihara tangki bensin. Usahakan tangki selalu dalam posisi penuh pada saat-saat seperti ini. Sebab jika ada ruang kosong dalam tangki maka udara akan mengisi ruang kosong tersebut dan akan menyebabkan kondensasi yang tidak baik untuk kendaraan. Bahkan dalam jangka panjang, bisa menyebabkan karat.

3. Hindari menggunakan rem parkir atau rem tangan ketika meninggalkan mobil dalam waktu lama karena bisa macet. Lebih baik tinggalkan mobil dalam mode parkir jika mobil memiliki fitur itu. Untuk keamanan tambahan, gunakan sepotong kayu atau batu bata untuk menjaga mobil agar tidak bergerak.

4. Putuskan sambungan aki jika tidak digunakan dalam waktu lama. Ini akan memastikan daya tidak habis saat tidak digunakan. Selain itu nyalakan mobil sekali setiap 3-4 hari dan biarkan selama beberapa waktu, hal ini juga mampu untuk membuat daya tidak menipis. Hidupkan AC dengan blower saat mobil dinyalakan, hal ini mampu membuat debu atau partikel asing didalam mobil terbuang.

5. Pastikan ban berada pada tekanan yang benar. Bila dibiarkan dalam waktu lama dalam keadaan kekurangan tekanan, ban bisa membuat dinding samping retak dan meninggalkan flek. Gerakan mobil maju–mundur untuk menghindari bintik-bintik pada ban.


Perawatan Sepeda Motor
1. Jaga agar tetap bersih dan tertutup. Selain melindungi cat menutupi kendaraan saat diparkir di tempat terbuka juga akan mengurangi resiko pengerakan pada bagian-bagian berbahan karet.

2. Usahakan kendaraan roda dua diparkir dengan dudukan atau standar tengah. Hal ini berguna untuk membuat cairan dalam kendaraan pada tingkat yang seimbang. Selain itu standar tengah jauh lebih aman karena kemungkinan kendaraan jatuh dan menjadi rusak jauh lebih sedikit.

3. Selain menjaga tangki penuh, pastikan juga bahwa rantai, shockbreaker dan kabel dilumasi agar tetap terjaga. Tetap periksa dan setidaknya lakukan pelumasan seminggu sekali.

4. Usahakan gunakan kunci pengunci cakram dan jangan tinggalkan dokumen kendaraan di dalam kendaraan. Hal ini berguna untu menjaga keamanan kendaraan roda dua.

5. Sama halnya dengan mobil, kendaraan roda dua juga perlu untuk dibiarkan hidup selama beberapa waktu, tentunya itu untuk menjaga daya agar tetap stabil.

Jangan terlalu khawatir tentang pemeliharaan berkala kendaraan bermotor ini, jika kalian menerapkan lima tips itu. Yang terpenting saat ini adalah kalian harus tetap dirumah. Buat diri kita dan kendaraan kita tetap sehat, sehingga ketika pandemi ini selesai semua sudah siap untuk jalan-jalan.(*)

Related Articles
Interest
Sering Pesan Makan dan Belanja Online Saat Self-qurantine? Ikuti 4 Tips Ini

Interest
Apple Siap Rekrut 1000 Karyawan Magang Selama Pandemi Covid-19

Interest
Nih Daftar Festival Musik di Indonesia yang Ditunda Akibat Covid-19