Current Issues

Cemas Berlebih Gegara Corona? Manfaatin Konseling Online Berikut Ini

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 11th 2020


(vecteezy.com)

Beberapa minggu ini mungkin menjadi waktu yang berat untuk masyarakat yang terdampak coronavirus. Kekhawatiran berlebih melihat berita duka yang tak henti-hentinya datang bisa berdampak pada kesehatan mental kita. Ditambah lagi dengan tuntutan pendidikan atau pekerjaan jarak jauh yang terus meningkat.

Kalau kita merasa cemas berlebih, sedih berkepanjangan, atau adanya gangguan emosi yang gak biasa, ada baiknya kita ungkapkan lho. Jika lingkungan sekitar gak bisa membuat kita lebih baik, kita bisa coba mendapat pertolongan medis untuk membantu kesehatan mental kita.

Zaman sekarang sudah banyak banget konseling online dari berbagai lembaga atau melalui aplikasi. Walaupun punya banyak keterbatasan dibandingkan konseling secara langsung, setidaknya konseling online ini bisa sedikit membantu kita menghadapi masa yang berat ini.

Gak perlu khawatir soal privasi atau pun biaya, tenaga medis yang memberikan konseling pasti menjaga kerahasiaan kliennya kok. Untuk biaya juga beragam, ada yang kisaran ratusan ribu namun ada juga yang gratis lho. Coba deh cek aplikasi dan lembaga yang membuka konseling online di bawah ini!

1. klee.id

 

 

Layanan psikologi satu ini sudah cukup lama lho berkecimpung di dunia konseling online. Sistemnya mudah, kamu cukup isi data diri di website kleeindonesia.com. Setelah isi data, kamu akan menerima arahan untuk memilih psikolog yang cocok dan menghubungi call-centernya untuk pembayaran.

Semua psikolog di sini sudah punya lisensi ya, jadi terjamin. Setelah pembayaran kamu bisa atur jadwal konseling deh! Konseling hanya dilakukan lewat chat atau voice note ya! Untuk informasi lebih detail, kamu bisa cek Instagram mereka di @klee.id.

 

Peraturan di klee.id

 

 

2. HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia)

 

 

Lembaga ini punya cabang di seluruh Indonesia dan tiap cabangnya melayani konseling online gratis dengan klien yang berbeda. Misalnya HIMPSI Jawa Timur melayani konseling untuk orang tua yang memiliki anak lalu HIMPSI Jawa Tengah dan Jakarta Raya membuka konseling umum.

Tenang, untuk konseling dari HIMPSI kita gak dipungut biaya alias gratis! Rata-rata konselingnya dilakukan lewat chat Whatsapp ya. Untuk tahu konseling online yang tersedia di daerahmu, bisa cek di website himpsi.or.id atau media sosial HIMPSI di Instagram @himpsipusat.

 

HIMPSI Jakarta (diambil dari himpsi.go.id)

 

HIMPSI Bali (diambil dari himpsi.go.id)

 

HIMPSI Jawa Tengah (diambil dari himpsi.go.id)

 

Instagram @himpsijatim

 

 

3. KALM

 

 

Aplikasi ini melayani konseling online melalui chat dalam aplikasinya. Kalau biasanya kita bayar konseling per pertemuan, KALM ini punya sistem yang unik yaitu pembayaran per hari atau per minggu.

Jika kita berlangganan 3 hari, maka kita bebas untuk melakukan chat ke psikolog yang tersedia kapan pun kita mau, begitu pula kalau berlangganan mingguan. Kisaran harga berlangganannya mulai dari Rp99.000,- untuk 3 hari hingga Rp2.016.000,- untuk 12 minggu.

 

Paket langganan KALM

 

Kalau kamu belum tertarik untuk konseling, aplikasi KALM juga bisa kamu pakai sebagai gratitude journal lho. Kamu bisa isi hal-hal apa yang kamu syukuri dengan pertanyaan yang sudah tersedia. Gak cuma itu, kamu juga bisa baca berita tentang kesehatan mental, kutipan motivasi, dan nonton video kolaborasi KALM dengan para artis!

 

Gratitude Journal Aplikasi KALM

 

Video dengan artis kolaborasi dengan KALM, Gamaliel GAC

 

 

 

4. Halodoc dan Alodokter

 

Selain untuk konsultasi penyakit fisik, kedua aplikasi ini juga bisa lho untuk konsuling dengan psikolog atau psikiater! Berasa kayak pergi ke dokter tapi hanya memlalui sentuhan jari aja. Untuk sekali konseling kisaran harganya mulai dari Rp15.000,- hingga Rp50.000,-.

Pembayarannya mudah lho! Untuk aplikasi Halodoc pembayaran bisa melalui GoPay, kartu kredit, atau kartu debit. Kalau Alodokter bisa melalui pulsa, GoPay, OVO, transfer bank, dan kartu kredit. Setelah melakukan pebayaran, kalian bisa langsung chat di aplikasi tersebut langsung dengan psikiater atau psikolog pilihan kalian!

 

Halodoc

 

Alodokter

 

5. PDSKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia)

 

 

Perhimpunan dokter satu ini memberikan konseling online gratis dan caranya juga gampang! Tinggal follow Instagram @pdskji_indonesia lalu kirimkan informasi nama, lokasi, dan nomor telepon Whatsapp melalui direct message. Setelah mengirimkan data, psikiater dari PDSKJI akan menghubungi melalui Whatsapp dan memberikan pendampingan psikososial yang dibutuhkan.

 

(Instagram @pdskji_indonesia)

 

 

5. SehatPedia

 

 

Aplikasi buatan Kementerian Kesehatan ini mirip dengan Halodoc atau Alodokter. Kita bisa live chat atau chat dokter, psikiater, atau psikolog yang kita mau untuk konseling online.

Di beranda aplikasinya kita juga bisa baca berita kesehatan lho! Tenang, aplikasi dan layanannya gratis lho! Walaupun jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis masih kalah di tampilan dan user interfacenya yang masih perlu dikembangkan.

Beranda Aplikasi SehatPedia

 

Beberapa Psikiater di SehatPedia

 

 

6. Riliv

Mirip dengan aplikasi KALM, di aplikasi ini kita bisa konseling dengan psikolog yang tersertifikasi melalui chat aplikasi. Untuk sekali konseling biayanya adalah Rp100.000,- dan ada beberapa paket juga agar harganya lebih terjangkau.

Selain konseling, di aplikasi Riliv ini kita juga bisa latihan meditasi dengan berbagai audio menenangkan yang tersedia. Audio meditasi ini ada yang gratis, ada juga yang berbayar ya! Selain itu kita juga bisa membaca berita tentang kesehatan mental dan hasil wawancara dengan figur publik tentang kesehatan mental mereka. 

Harga Konseling Riliv

 

Beranda Riliv

 

Langganan meditasi Riliv

 

Nah, kalau kalian mau tahu tentang informasi kesehatan mental, sudah banyak lho organisasi atau komunitas di media sosial yang selalu update. Seperti Instagram @pijarpsikologi, @intothelightid, dan @alpas.id. Melalui organisasi atau komunitas tersebut, kalian bisa mendapat info tentang kesehatan mental, info layanan medis dan pertolongan, hingga kelas online untuk menambah pengetahuan kita tentang kesehatan mental.

 

Instagram @intothelight

 

Instagram @pijarpsikologi

 

Instagram @alpas.id

 Ingat, jangan pernah malu untuk mencari pertolongan terhadap kesehatan mental ya! Kita sebagai manusia gak cuma bisa sakit fisik, tapi mental kita juga bisa sakit. Hal ini wajar banget dan gak ada yang salah dari diri kita!

Related Articles
Current Issues
Kepanikan Massal Akibat Corona Bisa Picu Gangguan Kecemasan

Current Issues
10 Cara Mengurangi Stres Gara-gara Coronavirus dari Pakar Kesehatan Mental

Current Issues
5 Tips Agar Mental Tetap Sehat Selama Karantina Corona dan Social Distancing